Home / Komunitas

Senin, 17 Juli 2023 - 13:35 WIB

Wujudkan Keluarga Berkualitas, BPKK PKS Kota Ternate Gelar Seminar Parenting

Syafridhani Smaradhana - Penulis

PoliticNews.ID – Ternate: Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga DPD PKS Kota Ternate bekerjasama dengan Rumah Keluarga Indonesia menggelar Seminar Parenting, Sabtu (15/07/2023) di Auditorium RRI Ternate.

Hadir sebagai pembicara, Masni Bin Syech Abubakar dan Rusmiati yang masing-masing mempresentasikan materi Peran Majelis Taklim Dalam Meningkatkan Kualitas Keluarga dan Pentingnya Mengenal Anak Secara Dini.

Dalam paparannya, Ustadzah Masni BSA menyatakan bahwa Majelis Taklim dapat menjadi tempat bagi anggota keluarga untuk memperoleh pendidikan agama yang baik. Melalui kajian-kajian agama yang diadakan di majelis taklim, anggota keluarga dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang ajaran agama dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Masni BSA, S.H., MM: “Majelis taklim dapat mengadakan kajian tentang hak dan kewajiban suami istri, cara mendidik anak, dan pemahaman agama yang dapat membentuk pola pikir yang sehat dalam keluarga.”

Lebih lanjut Ustadzah Masni mengatakan bahwa meskipun bersifat non formal, fungsi dan peranan Majelis Taklim sangat diperlukan. Majelis Taklim bisa menjadi wadah dan wahana da’wah yang murni institusional keagamaan. Selain tidak diikat dengan peraturan-peraturan ketat, Majelis Taklim dinilai efektif dan efisien untuk menghasilkan dan mengembangkan potensi ummat.

Baca Juga :  DPD GMNI NTT Desak Kapolres TTU Segera Usut Tuntas Aksi Premanisme Terhadap Kadernya

Sementara Rusmiati dalam paparannya mengatakan, keluarga adalah lingkungan pertama bagi anak dan pertamakali anak mendapatkan pengaruh sadar. Karenanya, keluarga merupakan lembaga pendidikan tertua yang bersifat informal dan kodrati.

Rusmiati, M.Si: “Sebagai perempuan sekaligus ibu, kita harus tahu kebutuhan dasar anak. Kebutuhan itu mencakup mengenal Rabb-nya, kebutuhan fisik dan kasih sayang, dan kebutuhan eksplorasi.”

Kepada PoliticNews.ID, Ketua BPKK Kota Ternate Yuli Apriani mengatakan, dengan seminar Parenting ini diharapkan perempuan di Kota Ternate menjadi lebih luas pemahamannya tentang anak-anak.

Yulli Apriani, S.Pd – Ketua BPKK PKS Kota Ternate.

Yulli Apriani, S.Pd: “Perkembangan hari ini berbeda dengan jamannya kita dimasa muda. Sebagai perempuan, kita harus bisa memahami karakter anak-anak di rumah dan bagaimana menyiapkan mereka untuk nantinya kedepan.”

 

Baca Juga :  UPK Eks PNPM Mandiri Pedesaan Kecamatan Batu Brak sukses bertransformasi menjadi BUMDESMA.

 

Seminar Parenting RKI ini dihadiri peserta dari 10 Rumah Keluarga Indonesia Kota Ternate yang dibentuk oleh DPD PKS Kota Ternate dan Majelis-Majelis Taklim.(*)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 61 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Komunitas

Relawan Projo Ganjar Deklarasikan Dukungan Untuk Ganjar Pranowo

Komunitas

Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin dan DPW PPMI Sumsel Siap Memperjuangkan Hak Pekerja Muslim

Komunitas

Gotong Royong Pondasi Utama RW 003 Perumahan Darusalam Kelurahan Air Lintang

Komunitas

Bamsoet Bersama GERAK BS dan IMI Berikan Santunan Anak Yatim Lintas Agama

Komunitas

Harapkan Kehadiran Senior dan Alumni, Begini Kata Ketua Umum HMI Komisariat KIP Unila

Komunitas

Rapimnas Golkar Putuskan Usung Prabowo-Gibran Capres-Cawapres 2024, Ketua MPR RI dan Waketum Partai Golkar Bamsoet Harap Utamakan Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Komunitas

Kinerja Buruk, Ketua Umum Pengurus Provinsi FORKI Malut Didesak Mundur

Komunitas

Buka Puasa Bersama Anak Yatim, Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi ‘Jakarta With Love’ (JWL) Santuni 500 Anak Yatim