Home / Eksekutif

Sabtu, 8 Juni 2024 - 08:17 WIB

Workshop Penilaian Kepatuhan, Gubernur Mahyeldi : Kualitas Pelayanan Publik di Sumbar Mesti Meningkat dari Tahun ke Tahun

Wawan - Penulis

PADANG- Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah berharap kepatuhan penyelenggaraan dan kualitas pelayanan publik di Sumbar mesti meningkat dari tahun ke tahun. Sebab, manfaatnya akan dirasakan langsung oleh masyarakat luas.

“ASN itu harus melayani bukan dilayani, jangan sampai terbalik. Pemerintah itu harus solutif dan adaptif jangan menyulitkan,” tegas Gubernur Mahyeldi

Hal itu disampaikannya saat membuka kegiatan Workshop Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik bagi seluruh instansi pemerintahan di Sumbar, di salah satu hotel di Kota Padang, Kamis (6/6/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Pemprov dan Ombudsman RI perwakilan Sumbar untuk mengawal terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas di Sumbar.

Baca Juga :  Pemprov Sumbar Yakin Ombudsman Dapat Lihat dengan Jernih Masalah Penolakan Sejumlah Warga terhadap PSN Air Bangis

Diketahui, Tahun 2023 lalu Pemprov Sumbar berhasil mendapat nilai kategori A dan masuk 6 besar nasional dalam penilaian kepatuhan pelayanan publik oleh Ombudsman RI.

Sedangkan untuk tingkat kabupaten/kota. Dari total 19 kabupaten kota di Sumbar, 8 di antaranya meraih nilai A, 10 meraih nilai B, dan 1 meraih nilai C.

Pada Tahun 2022, jumlah kabupaten/kota yang berhasil meraih nilai kategori A hanya 5 daerah.

“Itu berarti, capaian Tahun 2023 lebih baik dibandingkan 2022. Semoga di 2024 ini bisa kembali meningkat, atau paling tidak jangan sampai turun,” harap Mahyeldi.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, Yefri Heriani mengatakan peningkatan kualitas pelayanan pada setiap instansi pemerintah itu penting, sebab hal tersebut akan menjadi tolak ukur hadirnya negara ditengah masyarakat.

Baca Juga :  Beri Motivasi Siswa SMA IT Darul Hikmah, Gubernur Mahyeldi ajak Siwa persiapkan diri menjadi pelopor kemajuan Bangsa.

“Salah satu tugas utama dari pemerintah itu adalah melayani masyarakat. Oleh sebab itu, hal tersebut perlu diperkuat dan dikawal agar semakin hari pelaksanaannya semakin baik,” ucapnya.

Ditegaskannya, tujuan utama dari penyelenggaraan workshop ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Meski pun secara umum dalam penilaian tahun lalu pemerintah daerah di Sumbar berhasil meraih nilai cukup bagus, tentu perbaikan dan penyempurnaan diberbagai lini perlu tetap dilakukan. (adpsb/h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 12 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Mulyadi Muslim Tutup Pekan Maulid BKS TPQ Tingkat Koto Tangah

Eksekutif

Dewan Pengawas Perumda Air Minum Kota Padang Di Lantik Walikota Padang

Eksekutif

Gubernur Sumbar Menyebut Berdasarkan Laporan Sementara, Jumlah Korban Meninggal Dunia Akibat Banjir Bandang Bertambah Menjadi 34 Orang

Eksekutif

Laskar Pemuda Bangkunat (LPB) Audiensi dengan Kapolsek.

Eksekutif

Silaturahmi Lebaran, Gubernur, Wagub, dan Sekda Sumbar Kunjungi Para Pejabat unsur Forkopimda

Eksekutif

PKS Sumatra Barat Melahirkan Srikandi Srikandi Muda Yang mempunyai Jiwa Nasionalisme

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Apresiasi Kelompok Kerja Bayang Bungo Indah Ciptakan Usaha Sirup Buah Pala

Eksekutif

Pemprov Sumbar Distribusikan Bantuan dan Dirikan Dapur Umum di Masjid Raya Sumbar