Home / Eksekutif / Opini

Kamis, 17 Agustus 2023 - 18:02 WIB

Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib Pembina Upacara di KPID

Wawan - Penulis

PADANG, Politicnews.id – Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Suwirpen Suib, didaulat sebagai pembina upacara bendera HUT Kemerdekaan Indonesia Ke-78 di Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar, Kamis (17/8).

Pada kesempatan tersebut Suwirpen menyinggung sejumlah isu strategis dalam lingkup kinerja KPID jelang Pemilu 2024.

” Kita telah memasuki tahun politik, KPI sebagai induk dari KPID sangat berperan penting dalam menjaga netralitas penyiaran dimana banyaknya politisi memiliki bisnis televisi ,” katanya.

Dia mengatakan, Undang-Undang telah mengatur bahwa penyiaran merupakan unsur yang harus berada pada posisi netral, tidak boleh memihak kepada golongan tertentu. Tidak bisa dipungkiri bisnis industri televisi masih terkontaminasi terhadap unsur politik karena berkaitan dengan pemilik, sehingga

Baca Juga :  Persoalan Tambang Air Dingin, Pemprov Sumbar Tegas Keputusan yang Sudah Diambil Tak Perlu Ada Rapat Lagi

menyiarkan kepentingan pemilik masing-masing.

” Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi KPID, nantinya harus tercipta pola pembagian porsi yang sama untuk peserta Pemilu. Dengan keberadaan KPID, maka terciptalah Pemilu yang sehat dan berintegritas,” katanya.

Dia berharap dalam waktu dekat, KPID harus mengoptimalkan kinerja untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilu jelang pergantian pemimpin Indonesia.

Tidak hanya itu KPID juga berkepentingan untuk menyuguhkan penyiaran cerdas dan berimbang di tengah masyarakat, apalagi sebentar lagi pemilihan presiden, legislatif hingga kepada daerah.

“Untuk itu KPID mesti berkoordinasi dengan unsur terkait, untuk menunjang kinerja,” katanya.

Disisi lain Suwirpen juga menyinggung terkait program pemerintah pusat terkait alih televisi analog ke digital yang diharapkan berjalan sukses. Program pengalihan itu disebut dengan Analog Swit Off (ASO). Dengan adanya oeralaiham ini maka penggunaan frekuensi televisi lebih efisien, sehingga masyarakat bisa menikmati tayangan yang lebih jernih.

Baca Juga :  KPK Puji Komitmen Pemprov Sumbar dalam Pelaporan LHKPN

Sementara itu, ketua KPID sumbar robert cennedy menambahkan kegiatan peringatan HUT RI ini sudah menjadi agendan rutin tahunan di KPID sumbar , dirinnya berharap dengan adanya kegiatan ini rasa nasionalisme masih tertanam dalam diri warga negara khususnya di KPID sumbar.

Hadir dalam upacara peringatan HUT RI ke 78 ini komisioner KPID sumbar, ketua KI sumbar noval wiska, ketua komnas Ham sumatera barat sultanul arifin,Ketua IJTI sumbar defri mulyadi dan perwakilan dari lembaga penyiaran yang ada di sumbar. ( ** / H )

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 26 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Antar Bantuan Kebencanaan untuk Warga Mapat Tunggul Selatan dan Diskusikan Upaya Pembangunan Daerah

Eksekutif

Kerjasama Tengah Berproses, Dispora Sumbar Bantah Anggapan Pihaknya Menghalangi

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Akan Gelar Turnamen Sepak Bola Piala Gubernur untuk Pelajar SMK dan SMA di Sumbar Tahun 2024

Opini

Film Soenting Melajoe Diluncurkan, Gubernur Mahyeldi : Sarat Nilai Sekaligus Menggairahkan Ekonomi Kreatif

Eksekutif

Muhammad Iqbal di Lantik menjadi Rektor SWINS

Eksekutif

Pemprov Sumbar Melesat ke Jajaran 6 Besar Provinsi dengan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kulitas Tertinggi

Eksekutif

Gubernur Sumatra Barat Serahkan Bantuan , Mensin Tempel , Bibit ikan , Serta BPJS Di kabpaten Pesisir Selatan dan Kota Painan

Eksekutif

Ikut Vaksin Di Taman Kota Betung, Berhadiah Sembako