Home / Eksekutif

Selasa, 14 Mei 2024 - 21:36 WIB

Wagub Sumbar Berharap, Besarnya Perhatian Pusat Berdampak Positif untuk Percepatan Penanganan Bencana di Daerahnya

Wawan - Penulis

PADANG – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla berkunjung ke Sumatera Barat (Sumbar) untuk meninjau sejumlah lokasi yang yang terdampak bencana banjir bandang di daerah tersebut.

Kedatangannya ke Sumbar, disambut langsung oleh Wakil Gubernur, Audy Joinaldy dan Sekda Prov. Sumbar, Hansastri di VIP Bandara Internasional Minangkabau.

Wagub menyebut, besarnya dampak yang ditimbulkan bencana tersebut, telah membuat sejumlah pejabat tinggi di tingkat nasional datang melakukan peninjauan langsung. Menurutnya, itu merupakan bentuk perhatian Pemerintah Pusat terhadap Sumbar.

Diantaranya, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto.

Ia berharap, besarnya perhatian itu akan berdampak positif terhadap percepatan penanganan dan pemulihan berbagai sektor yang terdampak bencana di Sumbar.

Baca Juga :  Direktur Air Minum Kementerian PUPR Tinjau Instalasi Pengolahan Air Minum Gunung Pangilun

“Kita bersyukur, perhatian Pemerintah Pusat terkait musibah ini cukup tinggi. Hingga hari ini saja, sudah 2 pejabat tingkat nasional yang datang. Semoga itu berdampak positif untuk percepatan penanganan dan pemulihan dampak bencana di Sumbar,” ungkap Wagub Audy Joinaldy, di Padang, Selasa (14/5/2024).

Wagub menyebut, Ketua Umum PMI yang juga mantan Wakil Presiden 2 periode tersebut direncanakan akan melakukan peninjauan dan penyerahan bantuan ke dua daerah yang terdampak parah di Sumbar.

“Direncanakan, Pak JK nanti akan meninjau dan menyerahkan bantuan di Kabupaten Agam dan Tanah Datar,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla mengatakan pihaknya berkomitmen penuh untuk membantu penanganan bencana di Sumbar.

Ketika disinggung terkait bentuk bantuan yang akan diberikan PMI untuk korban bencana di Sumbar, Jusuf Kalla menyebut pihaknya akan membantu pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat terdampak. Seperti air bersih, kebutuhan perlengkapan perempuan dan anak, alat dan kebutuhan kesehatan serta makanan.

Baca Juga :  Gubernur Mahyeldi Tegaskan Pentingnya Keselamatan bagi Para Pekerja dan Terus Memantau Perusahaan yang Pekerjakan Anak

“Tak hanya itu, PMI juga siap bekerja untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat baik darurat atau rehabilitasi di lokasi bencana,” tegas Jusuf Kalla.

Ia juga menegaskan, PMI telah berpengalaman dibanyak daerah dalam penanganan kondisi kebencanaan, baik secara nasional maupun internasional. Bahkan hadirnya PMI di lokasi bencana bisa berbulan-bulan.

“Bahkan kita terlibat dalam proses rekonstruksi dan rehabilitasi. Selain itu, kita juga siap untuk membantu sanitasi,” ungkapnya.

Ia menyebut, untuk mendukung upaya tersebut. Jika seandainya sukarelawannya kurang di Sumbar, maka pihaknya akan mendatangkan tambahan tenaga dari provinsi lain. Karena menurutnya PMI itu bekerjanya secara nasional. (adpsb/h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 9 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Meriahkan HUT RI ke-78, Ratusan Pemotor Jelajahi Wisata Sumbar dalam Tour Merdeka Explore Sumatera

Eksekutif

Lepas Peserta Sepeda Sehat di Jalur Tol, Gubernur Mahyeldi Sebut Ruas Padang-Sicincin Ditarget Rampung Sebelum Ramadan

Eksekutif

Masjid ikonik Sumbar resmi dinamai Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi

Eksekutif

Sitinjau Lauik Longsor, Gubernur Mahyeldi Turun Langsung untuk Mengevakuasi Korban ke Dasar Jurang

Eksekutif

Peringati HUT ke 49, Perumda Air Minum Kota Padang Gelar Donor Darah

Eksekutif

Dinas BMCKTR Sumbar, Mulai Perbaiki Jalan Padang Luar – Simpang Malalak

Eksekutif

Masuk Jajaran WBTbI, Gubernur Mahyeldi Sebut Serak Gulo sebagai Simbol Kerukunan Masyarakat Sumbar

Eksekutif

Terima Audiensi GPIB Jemaat Efrata Padang, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Pentingnya Menebar Semangat Kebersamaan