Home / Eksekutif

Kamis, 9 Mei 2024 - 08:16 WIB

Tinjau Dampak Bencana di Sijunjung, Gubernur Mahyeldi Salurkan Bantuan Provinsi dan Pusat Senilai Rp400 Juta Lebih

Wawan - Penulis

SIJUNJUNG, – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, meninjau dampak bencana banjir dan longsor di Padang Sibusuak dan Kampuang Baru, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung, Rabu (08/05/2024). Dalam kesempatan itu, Gubernur juga menyalurkan bantuan senilai Rp400 juta lebih, yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi, Baznas, dan para perantau.

“Hari ini kita datang ke Sijunjuang untuk melihat langsung dampak bencana banjir dan longsor yang terjadi beberapa hari lalu. Sebelumnya, Pemprov Sumbar melalui Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi juga telah datang menyalurkan bantuan beberaoa jam setelah kejadian bencana yang menimpa saudara-saudara kita di sini,” ucap Gubernur.

Dari peninjauan tersebut, sambung Gubernur, diketahui jumlah warga terdampak oleh bencana banjir setidaknya mencapai 147 Kepala Keluarga (KK). Bahkan, sebanyak lima unit rumah mengalami kerusakan berat, sehingga perlu penanganan segera karena untuk sementara keluarga yang menghuni rumah-rumah tersebut menumpang tinggal di rumah sanak famili masing-masing.

Baca Juga :  Pemprov Sumbar Kembali Gelar Car Free Day Mulai 21 Januari 2024, Peluncuran Iven Dimeriahkan Agenda Balanjuang Bersama Gubernur

“Tentu ini yang kita carikan solusinya sesegera mungkin. Hari ini, Baznas Provinsi Sumbar dan Baznas Kabupaten Sijunjung juga hadir bersama kita, dan menyalurkan bantuan perbaikan rumah senilai Rp100 juta. Tentu belum cukup, dan itu yang kita cari jalan penyelesaiannya. Terpenting, warga kita sabar, tetap tawakkal, dan tenang. InsyaAllah ada jalan keluarnya,” ujar Gubernur lagi.

Dalam kesempatan itu, Gubernur menyalurkan bantuan yang disiapkan oleh Dinsos Sumbar, yang terdiri dari beras reguler sebanyak 1,3 ton dengan nilai Rp14.258.156, serta bantuan logistik senilai Rp10.696.000. Selain itu, Gubernur juga menyalurkan bantuan dari para perantau Padang Sibusuak di Kota Padang senilai Rp15 juta.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Gubernur juga menyalurkan secara simbolis bantuan logistik dari Kemensos RI, berupa kebutuhan perlengkapan keluarga senilai total Rp352.582.000. Sehingga, nilai bantuan yang disalurkan tersebut, ditambah dengan bantuan dari Baznas Sumbar dan Sijunjung, bernilai total Rp400 juta lebih.

Baca Juga :  Pendirian Rumah Tahfizh, Gubernur Mahyeldi Puji Komitmen Membumikan Qur'an di Kelurahan Jalan Kereta Api

“Semoga kehadiran kita di Sijunjuang hari ini, sekaligus penyaluran bantuan yang kita lakukan, dapat menjadi sitawa sidingin bagi saudara kita yang terdampak bencana. Kita tentu berdoa agar kejadian bencana ini tak terulang lagi di masa yang akan datang. Namun, kita juga patut untuk mawas diri, dan berupaya menghindarkan diri dari potensi kejadian bencana,” ucap Gubernur lagi.

Turut hadir mendampingi Gubernur dalam peninjauan tersebut, Kepala Dinsos Sumbar, Syaifullah; Kepala Dispora Sumbar, Maifrizon; Kepala Biro Umum Setdaprov Sumbar, Edi Dharma; Kepala Biro Adpim Setdaprov Sumbar, Mursalim; Wali Nagari Padang Sibusuak, Aprizaldi; serta pimpinan Baznas Sumbar dan pimpinan Baznas Kabupaten Sijunjung. (adpsb/h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 10 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Hadiri Dies Natalis ke-69 UNP, Gubernur Mahyeldi Sebut Universitas dan Pemda sebagai Garda Terdepan dalam Melahirkan Inovasi dan Merespons Perkembangan Zaman

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi, Danrem 032/Wbr, dan Kepala Instansi Tinjau Progres Tol Padang-Sicincin Gunakan Trabas

Eksekutif

Tim Sepakbola Sumbar Melaju ke Final Porwil XI dan Segel Tiket Lolos Otomatis ke PON XXI, Bonus dari Gubernur dan Wagub Langsung Mengalir

Eksekutif

Perumda Air Minum Kota Padang Imbau Masyarakat Hemat Air

Eksekutif

Berkat Komitmen dalam Pengelolaan Sampah Laut di Sumbar, Gubernur Mahyeldi Terima Penghargaan dari KKP RI

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Imbau Stakeholder Terus Berkolaborasi dalam Menjaga Lingkungan

Eksekutif

Tanam Bibit Cemara di Pantai Purus Padang, Ini ALasan Sumbar Ditunjuk Jadi Tuan Rumah HKBN 2024

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Sebut WIES Harus Jadi Momentum bagi UMKM Sumbar untuk Kuasai Pasar Produk Halal