Home / Eksekutif

Minggu, 19 Mei 2024 - 12:20 WIB

Tingkatkan Kompetensi, Nazir Wakaf Diberikan Pelatihan dan Sertifikasi di Yayasan Ar Risalah

Wawan - Penulis

PADANG, Politicnews.id – Perguruan Islam Ar Risalah menggelar pelatihan dan sertifikasi kompetensi nazhir wakaf. Pelatihan ini di ikuti nazir wakaf se Sumatera Barat bahkan dari pulau jawa.

Berdasarkan undang undang (UU) wakaf nomor  41 tahun 2024 yakni negara serius dalam mengurusi urusan wakaf. nazhir wakaf adalah kelompok orang atau badan hukum yang bertugas memelihara dan mengurus wakaf.

Perguruan Islam Ar Risalah menggelar pelatihan dan sertifikasi kompetensi Nazhir Wakaf.

Perguruan Islam Ar Risalah menggelar pelatihan dan sertifikasi kompetensi Nazhir Wakaf.

“Kita berharap semoga lulus semua, dan nazir ini mengembangkan pengelolaan wakaf dengan serius,” ujar Plt Ketua Yayasan Ar Risalah Ustaz Mulyadi  Muslim, Minggu (19/05/2024).

Baca Juga :  Dorong Kemandirian Ekonomi Masyarakat, Gubernur Mahyeldi Serahkan Bantuan 10 Ribu Bibit Ikan Nila

Ustaz Mulyadi mengatakan,  pelatihan dan sertifikasi nazhir wakaf digelar bekerja sama dengan BWI dengan peserta berjumlah 34 orang yang berasal dari Sumatera Barat dan Surabaya dan diikuti oleh 8 lembaga. Kegiatan ini digelar oleh BPW Ar Risalah dalam rangka momentum 20 tahun Ar Risalah.

“Kita harapkan, dengan kegiatan ini, pengelola aset-aset wakaf, bisa menjadi nazhir yang berkompeten, sehingga aset-aset wakaf yang dikelola bisa berkembang dengan baik. Kemudian sesama lembaga wakaf bisa bersinergi dan berkolaborasi dalam pengelolaan aset,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua LSP BWI Prof Nurul Huda mengatakan, pelatihan ini penting untuk meningkatkan kompetensi nazhir wakaf. Kata Prof Nurul setelah turunnya SKKNI terkait dengan kriteria kerja untuk nazir wakaf di tahun 2021, maka BWI menginisiasi melahirkan LSP bagi para nazir yang mengelola wakaf disyaratkan SDMnya harus memiliki sertifikasi.

Baca Juga :  Gubernur Mahyeldi Hadiri Upacara Adat Batagak Gala Suku Sikumbang Datuak Putiah Kepada Suhatri Bur Bupati Padang Pariaman

“Sekarang sudah mencapai 4255 orang. Di Ar Risalah ini sudah yang kedua dan manfaatnya ada tambahan plus, peserta bisa melihat contoh projek wakaf yang ada di Ar Risalah,” ujarnya.

Prof Nurul menuturkan, Nazir Wakaf sangat penting memiliki kompetensi. Apalagi di Sumatera Barat saat ini Gubernur Sumbar Mahyeldi telah mencanangkan satu nagari satu nazir wakaf.

“Kalau di Sumbar ini aksesornya sudah banyak tersedia,” ujarnya (H).

Berita ini 28 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Buka Pelatihan Bendahara/Verifikator Keuangan SKPD Pemprov Sumbar

Eksekutif

KPID Sumbar Gelar Refleksi Akhir Tahun, Potret Penyiaran di Tahun 2023

Eksekutif

Dana Pusat Setengah Triliun Terkucur untuk Bangun Jalan, Upaya Pemprov Sumbar dan Kabupaten Kota Berbuah Manis

Eksekutif

Buka KLB PWI Sumbar, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Wartawan sebagai Tonggak Penjaga Demokrasi

Eksekutif

Tinjau Panen Ikan Kerapu 20 Ton di Pessel, Gubernur Mahyeldi : Semoga Banyak Kelompok Pembudidaya di Sumbar untuk Penuhi Kebutuhan Pasar Dunia

Eksekutif

Tinjau Dampak Banjir dan Salurkan Bantuan untuk Warga, Gubernur Mahyeldi Sebut Sungai di Ngarai Sianok akan Dinormalisasi

Eksekutif

Dihuni 70 Orang Lansia Terlantar, Gubernur Sumbar Tinjau Pelayanan Panti Sosial Tresna Werdha KSI Batusangkar

Eksekutif

Rakornas 4 Hari di Bintan Kepri, KPID Sumbar Kagum Pelayanan Tuan Rumah Sangat Memuaskan