Home / Legislator / Rilis

Senin, 17 Juli 2023 - 21:01 WIB

Terima Pengurus Ikatan Mantan Awak Kabin Garuda Indonesia, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Kembangkan Perekonomian Nasional

KM - Penulis

JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung penyelenggaraan HUT ke-22 Ikatan Mantan Awak Kabin Garuda Indonesia (IMAKGI) yang akan diselenggarakan pada 22 Juli 2023. Keberadaan IMAKGI sangat strategis, walaupun tidak lagi bekerja dalam ‘satu atap’, namun mantan awak kabin Garuda Indonesia ini tetap bisa menjalin silaturahmi. Menjadikan IMAKGI sebagai salah satu kekuatan sosial dalam merajut solidaritas bangsa.

“Diresmikan sejak 23 Juni 2001, anggota IMAKGI yang kini sudah berjumlah lebih dari 2 ribu orang ini terdiri dari para mantan pramugara dan pramugari Garuda Indonesia yang berdomisili di dalam dan di luar negeri. Di usianya yang menjelang ke-22 tahun, IMAKGI senantiasa konsisten menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial. Seperti Bincang Sehat dan Bazar Kreativitas, hingga mengumpulkan donasi dari para anggotanya melalui Dompet IMAKGI Peduli,” ujar Bamsoet usai menerima pengurus IMAKGI, di Jakarta, Senin (17/7/23).

Baca Juga :  Ketua MPR RI Bamsoet Resmikan Operasional Pabrik Amunisi Swasta Pertama di Indonesia

Pengurus IMAKGI yang hadir antara lain, Winny Sumantri, Deetje Razna D, Ratri S, Linda R, Yuli Gantina, Fajarini, dan Ernie.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini juga mendorong IMAKGI yang telah menjadi kekuatan sosial bertransformasi menjadi kekuatan ekonomi. Salah satunya dengan membentuk usaha bersama melalui koperasi. Koperasi merupakan representasi perekonomian yang paling nyata dari amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Pasal 33 Ayat (1) yang menegaskan bahwa ‘Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan’.

Merujuk pada rumusan ini, koperasi adalah bangun ekonomi yang diyakini menjadi ‘sokoguru’ atau tulang punggung perekonomian nasional. Serta menjadi bagian integral yang tidak terpisahkan dari sistem perekonomian nasional.

“Salah satu peluang yang bisa diambil IMAKGI dan juga komunitas lainnya, antara lain memanfaatkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM yang telah resmi diundangkan pemerintah pada Februari 2021. PP tersebut merupakan turunan dari UU No. 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja yang telah memberikan banyak keuntungan bagi koperasi dan UMKM,” jelas Bamsoet.

Baca Juga :  Bertemu Persatuan Perangkat Desa RI (PPDRI) Purbalingga, Ketua MPR RI Bamsoet Pastikan Revisi UU Desa Disahkan Setelah Pemilu 2024

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, salah satu hal krusial yang diatur dalam PP tersebut yakni adanya kewajiban penyediaan 30 persen area infrastruktur publik. Seperti bandara, rest area, dan stasiun kereta api, untuk lahan usaha koperasi dan UMKM.

“Melalui PP tersebut, pemerintah bukan hanya regulator, tetapi juga menjadi pendamping, motivator, dan partner bagi calon wirausaha pemula, dengan menekankan pelaksanaan pelatihan kewirausahaan yang lebih mengedepankan sistem inkubasi,” pungkas Bamsoet. (*)

Berita ini 29 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Komunitas

GERAK BS Indonesia dan GAKESLAB DKI Jakarta Pasok Air Bersih untuk Korban Semeru

Rilis

Ketua DPD PAN Banyuasin Hadiri RAKERWIL IIĀ 

Rilis

Satgas Prokes PON Kabupaten Mimika Bergerak Menyasar Pusat Aktifitas Masyarakat dan Sekolah

Eksekutif

Ketua MPR RI Bamsoet Serahkan Trophy Juara World Superbike Mandalika 2023, Bautista Juara, Toprak Urutan Kedua

Rilis

Kegiatan Sosial Calon Kepala Desa Taja Raya 1, Edi Praza Gelar Sunatan Massal Dan Yasinan Bersama.

Legislator

SK PWNU Sudah Habis, Ketua PCNU Landak: Jangan Adakan Program Selain Konferwil

Rilis

BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19 Siapkan 123 Relawan Protokol Kesehatan Jelang PON XX

Rilis

Presiden akan Resmikan Pabrik dan Jembatan hingga Tinjau Vaksinasi di Kalimantan Selatan