Home / Opini / Rilis / Tokoh

Rabu, 27 September 2023 - 12:54 WIB

Temui Wapres, Gubernur Mahyeldi Usulkan Pengembangan RSAM Bukittinggi

Wawan - Penulis

JAKARTA – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah bersama Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Ganefri dan Direktur Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi, Drg. Busril menemui Wakil Presiden (Wapres) RI, K. H. Ma’ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Selasa (26/09/2023). Menurut Mahyeldi, pertemuan itu untuk melaporkan sekaligus meminta dukungan untuk rencana penyelesaian pembangunan IGD TERPADU di RSAM Bukittinggi.

Gubernur Sumbar mengungkapkan beberapa alasan yang mendorong pihaknya mengusulkan rencana pengembangan RSAM Bukittinggi kepada Pemerintah Pusat. Pertama, Saat ini rumah sakit tersebut berstatus sebagai rumah sakit penyelenggara layanan prioritas di Sumbar untuk penanganan kasus penyakit tertentu seperti, kanker, stroke, jantung, uronefro, diabetes, tuberkolosis, dan lain-lain.

Kemudian yang kedua, RSAM juga ditunjuk sebagai rumah sakit pendidikan utama bagi Fakultas Kedokteran UNP sehingga perlu dilakukan pengembangan di beberapa bidang, khususnya terkait peningkatan sarana prasarana. Tujuannya, agar kualitas layanan RSAM menjadi lebih optimal.

Baca Juga :  KBRI Astana Melaksanakan Buka Puasa Bersama dan Sosialisasi Pemilu 2024

“Ada 2 alasan utama, kenapa usulan pengembangan ini kita sampaikan kepada Pak Wapres, pertama karena saat ini RSAM telah berstatus sebagai rumah sakit penyelenggara layanan prioritas di Sumbar, kemudian yang kedua, RSAM juga ditunjuk sebagai rumah sakit pendidikan utama bagi Fakultas Kedokteran UNP. Agar bisa menjadi lebih optimal dalam mendukung pelaksanaan fungsi tersebut, maka pengembangan sarana prasarana menjadi penting,” Ungkap Gubernur Mahyeldi.

Sementara itu saat dikonfirmasi terkait bagaimana tanggapan Wapres atas usulan tersebut, Direktur RSAM Bukittinggi, Drg Busril mengatakan bahwa Wapres mendukung usulan yang disampaikan Gubernur Sumbar tersebut dan ia juga berencana akan membicarakan usulan tersebut dengan Menteri Kesehatan dalam waktu dekat.

Baca Juga :  Pidato Presiden Jokowi Pada Summit For Democracy 2021

“Wapres menyambut baik apa yang kita usulkan terkait rencana pengembangan RSAM Bukittinggi. Bahkan usulan tersebut, akan dibicarakan Wapres dengan Menteri Kesehatan dalam waktu dekat. Proposal terkait usulan tersebut juga telah kita serahkan kepada Wapres,” Ucap Busril.

Busril merinci, kebutuhan IGD TERPADU RSAM tidak hanya terkait dengan fisik bangunan ruang diagnostik terpadu tapi juga memerlukan sistem ruangan operasi yang terintegrasi dalam satu control panel atau biasa disebut Modular Operating Theatre (MOT) dengan kapasitas 16 kamar.

Diharapkan, jika kebutuhan tersebut dapat segera terpenuhi akan mampu meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan di RSAM Bukittinggi. (adpsb / H )

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 46 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Politic

Peringati Hari Koperasi ke-77, Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Koperasi Kembali Menjadi ‘Soko Guru’ Perekonomian Nasional

Rilis

Irjen Pol Ahmad Luthfi Kapolda Jateng; Sosok pimpinan Yang Menginspirasi Dalam Pelayanan Masyarakat

Eksekutif

Ummi Harneli Bekali Kunci Sukses Kepemimpinan Bagi Seribuan Siswa SMAN 4 Padang

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Terima Penghargaan Dharma Pertahanan Utama dari Kemenhan

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Pacu Pengembangan Kawasan Air Bangis Lewat Pembangunan SMK Perkapalan dan Pertambangan
Porwil Sumatera

Rilis

Rafika Putra Optimis Dulang Medali Lontar Martil

Komunitas

Halal Center Ar Risalah Gelar Pelatihan Pendamping PPH Sunday, 17 September 2023Kategori : Berita

Rilis

Mantap, Pemuda Pancasila Banyuasin Gelar RPP