Home / Eksekutif

Sabtu, 18 Mei 2024 - 08:38 WIB

Temui Komisi V DPR RI, Gubernur Mahyeldi Mohon Dukungan Percepatan Penanganan Bencana di Sumbar

Wawan - Penulis

JAKARTA, – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah bersama jajarannya di lingkup Pemprov Sumbar menemui Komisi V DPR RI di Jakarta, Kamis (16/05/2024). Dalam pertemuan tersebut, Gubernur menyampaikan rentetan kejadian bencana dan kerugian yang ditimbulkan selama dua bulan terakhir, serta memohon dukungan atas upaya percepatan mitigasi dan penanganan dampak bencana di Sumbar.

“Alhamdulillah, setelah kita mengajukan permohonan audiensi, Komisi V DPR RI langsung menyetujui dan kita langsur hadir. Kita memaparkan berbagai kejadian bencana yang menimpa Sumbar sejak Maret 2024 lalu, serta berbagai kerusakan yang timbul karenanya, mulai dari kejadian di Pessel. Kita juga paparkan upaya-upaya yang dilakukan, serta dukungan dari berbagai pihak yang telah membantu,” ucap Gubernur di Gedung DPR RI.

Selain itu, hal terpenting yang disampaikan Gubernur dalam pertemuan tersebut adalah, memohon dukungan Komisi V DPR RI dalam percepatan penanganan dampak bencana sekaligus percepatan peningkatan kualitas mitigasi bencana di Sumbar. Seperti dukungan untuk pembangunan sobodam atau cekdam, normalisasi sungai, pembangunan flyover, serta percepatan pembangunan jalur tol Padang-Pekanbaru.

Baca Juga :  Pemprov Sumbar Raih Juara Umum Anugerah Adinata Syariah 2024

“Pertama, kita sampaikan bahwa sungai yang berhulu ke Gunung Marapi ada 15 sungai, dan hanya ada dua cekdam untuk pengamanan lahar dinginnya. Bandingkan dengan Gunung Marapi Jogja, di mana ada 10 sungai tapi punya 250 sobodam. Oleh karena itu, kami memohon dukungan Komisi V untuk pembangunan sobodam senilai Rp750 miliar di Sumbar,” ujar Gubernur.

Di samping itu, Gubernur juga menyampaikan permohonan untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur utama yang berada di bawah kewenangan provinsi dan kabupaten/kota di Sumbar. Infrastruktur terdampak bencana itu meliputi jalan, jembatan, dan sumber daya air, dengan total kebutuhan anggaran Rp589 miliar. Selain itu, Komisi V DPR juga diminta mendukung percepatan perbaikan infrastruktur utama nasional yang berada di bawah kewenangan pemerintah pusat.

“Kita juga bermohon pembangunan flyover dari Air Terjun Lembah Anai sampai ke Silaiang, sebagai bagian dari rekonstruksi jalan nasional yang terban dan saat ini putus total di kawasan itu. Jalan ini sangat penting bagi masyarakat dan perekonomian Sumbar dan provinsi-provinsi tetangga,” ujar Gubernur lagi.

Baca Juga :  Ketua LKKS Sumatra Barat Kunjungi Korban Banjir Bandang dan Tanah Longsor Pesisir selatan

Selain perbaikan atas infrastruktur utama yang rusak, Gubernur Mahyeldi juga memohon dukungan Komisi V DPR RI untuk percepatan penyelesaian jalur tol Padang-Pekanbaru seksi Padang-Sicincin-Bukittinggi-Lima Puluh Kota. Keberadaan jalur ini menjadi sangat penting sebagai jalur alternatif utama, saat sewaktu-waktu terjadi bencana yang merusak jalan nasional, seperti kejadian bencana saat ini.

“Begitu pun dengan pembangunan Flyover Sitinjau Lauik yang sudah direncanakan melalui skema KPBU. Ini juga kita sangat mohonkan dukungannya agar dipercepat, karena jalur ini sangat ekstrem dan sangat rawan longsor jika curah hujan kembali tinggi,” ucap Gubernur mengakhiri.

Kedatangan Gubernur Sumbar bersama rombongan di ruang rapat Komisi V sendiri diterima langsung oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal; Anggota Komisi V Syahrul; dan Staf Ahli Komisi V, Sherly Wattimena. Sementara itu, Turut mendampingi Gubernur Mahyeldi, Asisten II Setdaprov Sumbar, Arry Yuswandi; Kepala Bappeda, Medi Iswandi; Kepala BMCKTR, Era Sukma; Kepala BPBD, Rudy Rinaldi; Kabiro Adpim Setdaprov, Mursalim; dan Kaban Penghubung Sumbar, Aschari. (adv/h)

Berita ini 7 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Lepas Tiga Ribu Peserta Fun Walk Kadin, Gubernur Mahyeldi Minta Kegiatan Olahraga Bersama Masyarakat Digelar Sesering Mungkin

Eksekutif

Perubahan Fungsi BBPPKS Langkah Kemensos Dipuji Gubernur Sumbar

Eksekutif

Meriahkan HUT RI ke-78, Ratusan Pemotor Jelajahi Wisata Sumbar dalam Tour Merdeka Explore Sumatera

Eksekutif

Wagub Audy Motivasi Lulusan Politeknik LP3I Padang untuk Terus Pacu Kompetensi diri

Eksekutif

Sumbar untuk Pertama Kalinya Ditunjuk Jadi Tuan Rumah HUT Satpol PP dan Satlinmas Nasional, Gubernur Mahyeldi : Kita Persiapkan dengan Maksimal

Eksekutif

Besuk Mantan Wawako Padang Emzalmi, Gubernur Mahyeldi : Alhamdulillah, Kondisi Orang Tua Kita Makin Membaik

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Berencana akan Perkuat Kerjasama antara Pemprov Sumbar dengan Kerajaan Arab Saudi Dalam Waktu Dekat

Eksekutif

Pemprov Sumbar Berhasil Meraih Penghargaan Proklim Tahun 2023