Home / Rilis

Kamis, 30 September 2021 - 20:39 WIB

Sub Satgas Prokes Merauke Pastikan Prosedur Aman Covid-19 Jelang PON XX

Ollie Wijaya - Penulis

MERAUKE – Sub Satuan Tugas Protokol Kesehatan wilayah Kabupaten Merauke memastikan setiap tempat penyelenggaraan PON XX memenuhi prosedur aman Covid-19. Prosedur tersebut juga dilakukan dengan pendistribusian masker kepada warga yang antusias mengikuti pesta olah raga yang digelar setiap empat tahun sekali ini.

Sub Satuan Tugas Protokol Kesehatan atau Subsatgas Prokes telah menyusun prosedur untuk penguatan prokes selama Pekan Olahrga Nasional (PON) XX ini berlangsung pada 2 – 15 Oktober 2021. Pada GOR Futsal Dispora, Subsatgas Prokes menyusun prosedur akses masuk ke tempat pertandingan, seperti pengaturan akses masuk bagi para atlet, panitia maupun penonton. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Subsatgas Prokes Agus Riyanto, S.T., M.M. di Kabupaten Merauke pada hari ini, Kamis (30/9).Ia menyampaikan giat harian di wilayahnya mencakup beberapa aktivitas, seperti pengecekan kesiapan prokes di tempat penyelenggaraan atau venue wushu di GOR Futsal Dispora. Ia bersama dengan tim memberikan dukungan pada tempat penyelenggaraan tersebut, berupa asistensi prokes selama pertandingan, sosialisasi dan edukasi prokes, gelar gerai masker dan distribusi masker gratis.

Kemudian saat berlangsungnya kirab api PON di lapangan Kapsul Waktu yang juga berlangsung pada hari ini, Subsatgas Prokes menyiapkan prosedur untuk warga yang ingin memasuki lapangan, misalnya dengan menunjukkan sertifikat vaksin, penggunaan masker dan pengecekan suhu.

Baca Juga :  Penguatan Prokes Jelang PON XX, BNPB Dorong 350 Ribu Masker Kabupaten Mimika

“Kami menggelar atribut prokes berupa standing banner di pintu masuk dan spanduk di pagar luar dan dalam arena, serta sosialisasi dan edukasi prokes kepada generasi muda,” ujar Agus di lapangan Kapsul Waktu, Kamis (30/9).

Ia menambahkan, para relawan membagikan masker di sepanjang rute kirab hingga ke titik akhir kirab.

“Selain itu, kami menggelar gerai masker dan membagikan masker gratis kepada para pedagang, penampil dan penonton pentas seni di lapangan Kapsul Waktu,” ujarnya.

Di samping itu, panitia juga telah menyediakan beberapa titik tempat cuci tangan di semua tempat penyelenggaraan pertandingan. Para relawan turut memantau warga yang ada di sekitar tempat pertandingan atau pun saat kirab obor yang berlangsung hingga pentas seni yang digelar di lapangan Kapsul Waktu. Mereka bertugas untuk memastikan prokes dengan memberikan masker dan mengimbau warga untuk selalu menggunakannya.Strategi lain untuk mengedukasi warga yang mengikuti setiap event PON XX, Subsatgas Prokes menyiapkan narasi dengan bahasa setempat serta jingle. Subsatgas Prokes telah meminta pihak penyelenggara PON XX untuk menyampaikan dan memutar jingle sebagai langkah edukasi terus menerus kepada warga.

Baca Juga :  BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19 Siapkan 123 Relawan Protokol Kesehatan Jelang PON XX

Subsatgas Prokes mengerahkan 102 relawan untuk penguatan disiplin prokes di wilayah Kabupaten Merauke serta didukung 15 petugas dari BNPB maupun Satgas Penanganan Covid-19 Nasional. Salah satu indikator penguatan disiplin prokes dengan pendistribusian masker kepada masyarakat melalui bantuan para relawan.

Masker terdistribusi pada hari ini, Kamis (30/9) sebanyak 70.330 buah melalui bantuan para relawan yang bersiaga di gerai masker maupun penjangkauan dengan dua mobil masker. Total masker yang dibagikan sejak hari pertama hingga sore tadi sebanyak 90.060 buah.

Pendistribusian masker pada Kamis ini meliputi beberapa titik yaitu Gelanggang Olahraga (GOR) Archelaus Sai dan lapangan Kapsul Waktu, GOR Hiad Sai, Stadion Katapal, Sirkuit, Pam Rute, Swiss-bell dan tempat-tempat umum lain di wilayah Merauke.

Berita ini 8 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Parpol

KONSOLIDASI DPD PARTAI DI JATIM, HANURA SOLID

Eksekutif

Sumbar Helat Rakor Geopark Nasional, Gubernur Mahyeldi Berkomitmen Mewujudkan Geopark Silokek yang Mendunia

Rilis

Muzani: Prabowo Siap Sediakan Pupuk Subsidi untuk Jamin Ketersediaan Pangan Nasional

Eksekutif

Ngaji Kebangsaan Bersama Gus Muwafiq Di Mesjid Al Akbar Surabaya

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Pembentukan Lembaga Khusus Tangani Sengketa Kesehatan

Rilis

Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan CEO Forum Dengan Beberapa Investor Inggris

Eksekutif

Pemprov Sumbar dan FIELD Jalin Kerja Sama, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Pentingnya Pertanian Ramah Lingkungan

Rilis

Persen DAU Dan DBH Tak Lagi Digunakan Tangani Covid-19