Home / Eksekutif

Jumat, 31 Mei 2024 - 09:51 WIB

Status Gunung Marapi Naik Menjadi Siaga, Gubernur Sumbar Himbau Masyarakatnya Agar Meningkatkan Kewaspadaan

Wawan - Penulis

PADANG – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah menghimbau seluruh masyarakatnya yang berada di sekitar kawasan Gunung Marapi untuk senantiasa waspada. Sebab, saat ini status Gunung Marapi naik menjadi level tiga (siaga).

Dikatakannya, ketika sudah berada pada status siaga. Aktivitas Gunung Marapi semakin sulit untuk diprediksi, oleh sebab itu, masyarakat dilarang melakukan kegiatan dalam wilayah radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi (kawah Verbeek) Gunung Marapi.

“Kita sengaja memberikan himbauan lebih dini, sebab status Marapi sudah siaga. Masyarakat mesti senantiasa waspada,” ungkap Gubernur Mahyeldi di Padang, Kamis (30/5/2024).

Baca Juga :  Gubernur Mahyeldi Jamu Keturunan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi, Berbagai Peluang Kerja Sama Dibahas

Menurutnya, himbauan ini perlu diindahkan, sebab naik status Gunung Marapi beriringan dengan curah hujan yang masih tinggi di sekitar kawasan tersebut.

Menyikapi hal itu, Mahyeldi juga meminta masyarakatnya untuk menjauhi daerah aliran sungai yang bermuara dari Gunung Marapi untuk meminimalisir resiko jika seandainya banjir lahar dingin kembali terjadi.

“Kita juga minta masyarakat agar menjauhi daerah aliran sungai yang berhulu dari Gunung Marapi, karena potensi banjir lahar dingin itu masih ada” ucapnya.

Baca Juga :  Pemprov Sumbar Gelar Nobar Indonesia U23 vs Irak U23 Bertabur Doorprize, Delapan Videotrone dengan Soundsystem Juga Disiapkan

Masyarakat juga ia sarankan, untuk menggunakan masker jika hendak beraktivitas di luar rumah, untuk mencegah terhirupnya abu erupsi yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Seluruh pihak dimintanya agar menjaga suasana kondusif di tengah masyarakat, jangan menyebarkan informasi bohong (hoaks), dan tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari pemerintah daerah. (adpsb/h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 10 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Perayaan ASEAN Day di Kazakhstan, Dubes Fadjroel: Mari Wujudkan Komunitas ASEAN yang lebih kuat dan lebih baik

Eksekutif

KPK Puji Komitmen Pemprov Sumbar dalam Pelaporan LHKPN

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Serahkan  Bantuan RTLH senilai Rp 25 Juta, Kepada Jalizal Warga Taluak Ampek Suku, Banuhampu

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Harap Hubungan Prov Sumbar dan Riau Semakin Erat, Pasca Resminya Gubernur Riau Menjadi Keluarga Suku Chaniago

Eksekutif

Tutup Program Magang Dalam Negeri, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Investasi Penting agar Anak-Kemenakan Terserap oleh Dunia Kerja

Eksekutif

Luncurkan Genius dan GPM di Hari Pangan Dunia, Gubernur Mahyeldi Serukan Gerakan Makan Jangan Bersisa

Eksekutif

Didampingi Gubernur Mahyeldi, Presiden Cek Stok Bulog Sumbar dan Salurkan BLT bagi Warga Terdampak El Nino

Eksekutif

Gubernur Sumbar Sebut Solusi Kemacetan dengan Kembangkan Transportasi Umum