Home / Legislator / Rilis

Sabtu, 22 Juli 2023 - 18:48 WIB

Seminar Internasional Ikatan Notaris Indonesia, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Wujudkan Cyber Notary

KM - Penulis

JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengingatkan notaris dalam menjalankan profesinya harus senantiasa menyesuaikan dan mengikuti perkembangan di era globalisasi. Utamanya berkaitan dengan hal-hal yang menyangkut urusan perdata, seperti transaksi melalui sarana elektronik dan online atau digital. Digitalisasi keuangan dan ekonomi digital di Indonesia saat ini perkembangannya semakin pesat. Mulai dari sektor teknologi finansial, perdagangan elektronik (e commerce), hingga metaverse.

“Salah satu bentuk adaptasi terhadap perkembangan teknologi adalah transformasi menjadi cyber notary, yakni memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk mempermudah menjalankan tugas dan kewenangan. Sekaligus memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari notaris,” ujar Bamsoet saat mengisi Seminar Internasional Ikatan Notaris Indonesia, secara virtual di Jogyakarta, Sabtu (22/7/23).

Turur hadir antara lain, Ketua Umum Ikatan Notaris Indonesia Yualita Widyadhari, serta Presiden Persatuan Notaris Internsaional (International Union of Notaries) Mr. Lionel Galliez.

Baca Juga :  Curhatan Masyarakat Air Bangis Saat Bertemu Gubernur : Takut Pulang Jiwa Akan Terancam Kalau Belum Ada Hasil

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, cyber notary bukanlah disrupsi terhadap notaris konvensional. Cyber notary justru meningkatkan fungsi dan peran notaris konvensional dalam era digital. Sebab, cyber notary merupakan bagian penting dari keamanan dan ketahanan siber nasional.

“Hal ini berkaitan dengan tingginya transaksi ekonomi digital di Indonesia yang menuntut adanya kepercayaan hukum digital yang dilakukan cyber notary. Selaku pihak ketiga yang dapat mengeliminasi kemungkinan penipuan dan pemalsuan dalam suatu transaksi elektronik,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, notaris merupakan profesi yang mulia. Keberadaannya sangat penting untuk menciptakan kepastian hukum dalam perbuatan hukum yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup bagi semua warga negara. Notaris dapat dikatakan sebagai profesi pejabat publik yang membuat dokumen terkuat dan terpenuh, dalam pemenuhan bukti secara otentik atau sempurna yang dilakukan untuk proses penegakan hukum.

Baca Juga :  GMNI: Bupati dan Wakil Bupati TTU Sudah Mati Nurani

“Kepastian hukum adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat pada saat ini. Kepastian hukum tersebut harus diartikan sebagai suatu ketenangan yang hadir dan dapat dirasakan oleh setiap elemen masyarakat. Segala aspek kehidupan saat ini banyak yang bersentuhan dengan hukum, baik secara langsung ataupun secara tidak langsung, baik itu hukum pidana maupun hukum perdata,” pungkas Bamsoet. (*)

Berita ini 16 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Rilis

Yel-yel Wartawan Polres Banyuasin

Eksekutif

Harneli Mahyeldi Rangkul Sejumlah Organisasi Wanita di Sumbar Donasi untuk Korban Perang Palestina

Rilis

Porwil Sumatera XI, Sumbar Pulang dengan Kepala Tegak

Legislator

Rayakan Imlek Bersama Gerak BS, Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Persatuan dalam Keberagaman

Komunitas

Diduga Kuat Ada Aktor Papan Atas di Kasus DP 0 Persen

Rilis

Kontak Tembak di Distrik Kiwirok Minggu Pagi, 1 Polisi Gugur

Legislator

Diklat Digital Marketing Batch 9 Dibuka di Kabupaten Kebumen oleh Balai Diklat Industri Yogyakarta dan Komisi VII DPR RI

Opini

Barongsai Tradisional Catatkan Medali Emas Kelima Sumatera Barat