Home / Rilis

Rabu, 29 Mei 2024 - 16:09 WIB

Satreskrim Polres Kudus Menangkap Spesialis Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor)

Ollie Wijaya - Penulis

KUDUS : Petugas Satreskrim Polres Kudus menangkap pasangan kekasih pelaku spesialis pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Mereka adalah RYS dan IA, keduanya merupakan warga Semarang, Jawa Tengah.

Kapolres Kudus, AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasat Reskrim, AKP R Danang Sri Wiratno mengungkapkan, sepasang kekasih pelaku curanmor ini ditangkap tanpa adanya perlawanan di sebuah kos wilayah Kecamatan Kota Kudus. Mereka telah beraksi di 8 tempat yang berbeda.

“Dari hasil pemeriksaan penyidik diketahui bila tersangka ini melakukan aksi di 8 TKP yang berbeda. Motifnya dengan alasan motif ekonomi. Namun perbuatan keduanya dilakukan secara berulang-ulang kali, sehingga bukan menjadi suatu alasan motif ekonomi,” kata AKP R Danang Sri Wiratno, Rabu (29/5/2024).

Dalam aksinya, Kasatreskrim menjelaskan bila kedua pelaku ini saling berbagi peran. Dimana RYS berperan untuk mengawasi, sedangkan IA berperan sebagai eksekutor. “Jadi pelaku RYS yang laki-laki ini bertugas mengawasi situasi, sedangkan IA sebagai eksekutor,” tuturnya.

Baca Juga :  Uji Mahasiswa Doktor Universitas Terbuka, Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Penerapan Smart City di Indonesia

Untuk modus yang dilakukan, pelaku IA mengecek terlebih dahulu sepeda motor sasarannya yang terparkir tidak terkunci stang. Setelah dirasa aman, pelaku IA langsung mengambil kendaraan tersebut, kemudian didorong RYS dengan menggunakan sepeda motor miliknya.

“Jadi setiap melancarkan aksinya, pelaku tidak menggunakan kunci leter T atau tidak merusak kunci motor, tetapi pelaku ini memanfaatkan kendaraan yang tidak terkunci stang saat parkir,” imbuhnya.

AKP Danang menjelaskan, pengungkapan kasus curanmor merupakan tindak lanjut dari laporan Faza yang melapor kehilangan motor Honda Vario di samping Ruko Barber Shop Desa Prambatan Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kudus pada Jumat 24 Mei 2024. ”Kasus ini dilaporkan oleh korban di Polres Kudus,” jelasnya.

Baca Juga :  Dari Bali, Presiden Bertolak ke Yogyakarta

Berbekal dari laporan tersebut, Tim Resmob yang dipimpin Ipda Ade Awam langsung bergerak melakukan penyelidikan. Tak butuh waktu lama, Tim Resmob berhasil mengetahui identitas pelaku.

“Hanya dalam waktu kurang dari 24 jam setelah menerima laporan, kedua tersangka berhasil ditangkap dan langsung diamankan ke Mapolres Kudus,” katanya.

Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan satu unit kendaraan Honda Vario milik korban Faza. Atas perbuatannya, pelaku curanmor dijerat dengan pasal tindak pidana pencurian dengan pemberatan 363 KUHPidana dengan ancaman pidana selama 7 tahun penjara.

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 12 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Rilis

Sat Reskrim Polsek Mejobo Polres Kudus Berhasil Menangkap Penjual Obat Mercon

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Yakin Kerja Sama KDEKS, BRIN, dan PT XREI akan Memacu Pengembangan Industri Halal di Sumbar

Rilis

Ketua DPC Demokrat Prabumulih, Bantu Persalinan Korban Rudapaksa

Eksekutif

Tim Sepakbola Sumbar Melaju ke Final Porwil XI dan Segel Tiket Lolos Otomatis ke PON XXI, Bonus dari Gubernur dan Wagub Langsung Mengalir

Rilis

Kampanye Akbar Partai Golkar Caleg DPRD Lubuklinggau dan Provinsi Sumsel Berlangsung Semarak 

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Menerima SK TORA dari Presiden RI saat Puncak Acara Festival LIKE KLHK

Rilis

Anggota DPR RI Kunjungi Banyuasin, Ini Harapan Pj Bupati Banyuasin

Rilis

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi Hadiri Gelaran Sedekah Bumi Di Alun – Alun Menara Kudus