Home / Komunitas

Jumat, 21 Juli 2023 - 19:49 WIB

Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah, Kota Ternate Laksanakan Pawai Ta’aruf

Syafridhani Smaradhana - Penulis

TVDesaNews.ID – Ternate: Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah diperingati oleh warga Kota Ternate, Rabu (19/07/2023). Peringatan ini ditandai dengan dilaksanakannya Pawai Ta’aruf oleh Pemerintah Kota Ternate bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama dan PHBI Kota Ternate.

Puluhan ormas Islam, Majelis Taklim, para siswa SD/MI, SMP/MTs hingga SMA/MI ikut berpartisipasi dalam pawai Ta’aruf tersebut, dan telah memenuhi halaman Kedaton Kesultanan Ternate sejak pagi buta.

Dalam sambutannya sesaat sebelum melepas para peserta Pawai Ta’aruf, Walikota Ternate M. Tauhid Soleman mengatakan bahwa Peringatan Tahun Baru Islam sebagai Peringatan Hijrah Rasulullah SAW. tidak dimaknai sekadar perjalanan fisik dari Makkah ke Madinah, tetapi juga menandai perubahan menuju kepada sesuatu yang lebih baik.

M. Tauhid Soleman: “Jadi Pawai Ta’aruf pada pagi hari ini tidak sekadar sebuah kegiatan di hari libur kemudian kita show of force atau unjuk kekuatan ormas Islam semata, tetapi yang terpenting ini adalah bagian dari syiar Islam. Jadi kita harus merasa bangga hari ini kita datang di pawai Ta’aruf karena bagian kita napak tilas perjalanan Rasulullah SAW., sekaligus menandai tahun Hijriyah.”

Baca Juga :  Lando Tahoni Resmi Dilantik Sebagai Ketua BEM Politeknik Negeri Kupang

Hadir juga dalam Pawai Ta’aruf tersebut, Majelis Taklim Imam Bonjol Ternate. Majelis Taklim dari ibu-ibu Ikatan Keluarga Minangkabau Ternate ini terlihat antusias mengikuti pawai Ta’aruf ini.

Kepada TvDesaNews.ID, Ketua MT Imam Bonjol Ternate, Nyonya Hj . Enizarti  menyatakan, kehadiran Majelis Taklim Imam Bonjol tidak semata meramaikan peringatan Tahun Baru Islam, namun juga menunjukkan eksistensi MT dari Warga Minang di Kota Ternate.

Ny. Hj . Enizarti: “Kita MT Imam Bonjol tak pernah absen dalam setiap kegiatan keagamaan, termasuk peringatan hari-hari besar Islam seperti ini. Meski banyak anggota kami yang sudah sepuh, namun antusiasme kami tak pernah luntur, terutama untuk memotivasi generasi muda Minang di Kota Majang ini.”

Baca Juga :  Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin dan DPW PPMI Sumsel Siap Memperjuangkan Hak Pekerja Muslim

Pawai Ta’aruf memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram ini dimulai dari Halaman Kedaton Kesultanan Ternate, menyusuri jalan protokol dan berakhir di depan masjid Raya Al-Munawwar. Meski sempat diguyur hujan, semua peserta tetap bertahan hingga finish.

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 65 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Sembilan Tahun di DPRD Sumbar, Ini Perjuangan yang Dilakukan Irsyad untuk Dapilnya

Komunitas

Langgar AD/ART dan Kode Etik, Ketum dan Sekum Pengprov FORKI Malut Di-SP Satu KONI Malut

Eksekutif

Ribuan Masyarakat Ikuti Salat Idul Adha 1444 H di Halaman Kantor Gubernur

Komunitas

Komunitas Pecinta Kopi Lokal Semarang Dukung Gus Muhaimin Balon Presiden 2024

Komunitas

Gelar Musda Ke II, Kahmi Pringsewu Tetapkan 5 Presidium Terpilih.

Komunitas

Pelantikan Pengurus Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Provinsi Maluku,Bamsoet Ingatkan Pentingnya Menjaga dan Merawat Ikatan Kebangsaan

Komunitas

Pemprov Sumbar Serius dalam Kembangkan Sepak Bola

Komunitas

258 Siswa/Siswi SMAK Padang Diwisuda