Home / Komunitas

Jumat, 21 Juli 2023 - 19:49 WIB

Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah, Kota Ternate Laksanakan Pawai Ta’aruf

Syafridhani Smaradhana - Penulis

TVDesaNews.ID – Ternate: Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah diperingati oleh warga Kota Ternate, Rabu (19/07/2023). Peringatan ini ditandai dengan dilaksanakannya Pawai Ta’aruf oleh Pemerintah Kota Ternate bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama dan PHBI Kota Ternate.

Puluhan ormas Islam, Majelis Taklim, para siswa SD/MI, SMP/MTs hingga SMA/MI ikut berpartisipasi dalam pawai Ta’aruf tersebut, dan telah memenuhi halaman Kedaton Kesultanan Ternate sejak pagi buta.

Dalam sambutannya sesaat sebelum melepas para peserta Pawai Ta’aruf, Walikota Ternate M. Tauhid Soleman mengatakan bahwa Peringatan Tahun Baru Islam sebagai Peringatan Hijrah Rasulullah SAW. tidak dimaknai sekadar perjalanan fisik dari Makkah ke Madinah, tetapi juga menandai perubahan menuju kepada sesuatu yang lebih baik.

M. Tauhid Soleman: “Jadi Pawai Ta’aruf pada pagi hari ini tidak sekadar sebuah kegiatan di hari libur kemudian kita show of force atau unjuk kekuatan ormas Islam semata, tetapi yang terpenting ini adalah bagian dari syiar Islam. Jadi kita harus merasa bangga hari ini kita datang di pawai Ta’aruf karena bagian kita napak tilas perjalanan Rasulullah SAW., sekaligus menandai tahun Hijriyah.”

Baca Juga :  Kader IMAPI Terpilih Jadi Ketua Presma Politeknik Negeri Kupang

Hadir juga dalam Pawai Ta’aruf tersebut, Majelis Taklim Imam Bonjol Ternate. Majelis Taklim dari ibu-ibu Ikatan Keluarga Minangkabau Ternate ini terlihat antusias mengikuti pawai Ta’aruf ini.

Kepada TvDesaNews.ID, Ketua MT Imam Bonjol Ternate, Nyonya Hj . Enizarti  menyatakan, kehadiran Majelis Taklim Imam Bonjol tidak semata meramaikan peringatan Tahun Baru Islam, namun juga menunjukkan eksistensi MT dari Warga Minang di Kota Ternate.

Ny. Hj . Enizarti: “Kita MT Imam Bonjol tak pernah absen dalam setiap kegiatan keagamaan, termasuk peringatan hari-hari besar Islam seperti ini. Meski banyak anggota kami yang sudah sepuh, namun antusiasme kami tak pernah luntur, terutama untuk memotivasi generasi muda Minang di Kota Majang ini.”

Baca Juga :  Ketua MPR RI Bamsoet Gelar Latihan Bersama dan Asah Ketrampilan Menembak Nasional PERIKHSA 2022

Pawai Ta’aruf memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram ini dimulai dari Halaman Kedaton Kesultanan Ternate, menyusuri jalan protokol dan berakhir di depan masjid Raya Al-Munawwar. Meski sempat diguyur hujan, semua peserta tetap bertahan hingga finish.

Berita ini 56 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Komunitas

Anggota Karang Taruna Kabupaten Muara Enim hadiri sosialisasi Bawaslu

Komunitas

GERAK BS Indonesia dan GAKESLAB DKI Jakarta Pasok Air Bersih untuk Korban Semeru

Komunitas

Kesbangpol Kabupaten Muba Laksanakan Verifikasi Sekretariat Ormas Barikade98 DPD Muba

Komunitas

Maju Pilpres 2024, Komunitas Nelayan Situbondo Memberikan Mandat Rakyat Pada Gus Imin

Komunitas

Prosesi Jalan Salib di Gua St. Maria Bitauni- Kefamenanu Dibanjiri Lautan Manusia

Komunitas

Jadi Fans Berat, Anak Futsal Pasang Nama Gus Muhaimin Jadi Nomor Punggung

Komunitas

Pelantikan Pengurus Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Provinsi Maluku,Bamsoet Ingatkan Pentingnya Menjaga dan Merawat Ikatan Kebangsaan

Komunitas

Wow! Ribuan Warga Rela Kehujanan Demi Bertemu Ganjar di Haul Mbah Hisyam
Hubungi Redaksi Disini