Home / Eksekutif

Sabtu, 22 Juni 2024 - 05:20 WIB

Sambut Komisi X DPR RI, Gubernur Mahyeldi Sebut Pariwisata Sumbar Berharap Dapat Banyak Masukan

Wawan - Penulis

PADANG, -Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah menerima kunjungan Anggota DPR RI Komisi X yang tergabung dalam Tim Panitia Kerja (Panja) RUU tentang Kepariwisataan di Aula Rumah Bagonjong Kantor Gubernur Sumbar, Jum’at (21/06/2024). Diharapkan, Pemprov Sumbar dapat menerima banyak masukan untuk terus memacu pengembangan pariwisata Sumbar.

“Kedatangan Bapak/Ibu sangat sesuai dengan harapan kami. Sebab, Sumbar menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu concern dalam pembangunan dan dalam meningkatkan kemampuan fiskal daerah, selain sektor pertanian dan hilirisasinya, serta sektor UMKM,” ujar Gubernur dalam sambutannya.

Gubernur menyebutkan, pada tahun 2023 lalu Pemprov Sumbar bekerja sama dengan Bank Indonesia Perwakilan Sumbar mencanangkan tahun kunjungan wisata Sumbar dengan mengusung slogan Visit Beautiful West Sumatera (VBWS). Walhasil, dari target kunjungan wisatawan yang dipatok sebanyak 8,2 juta orang, pada akhir tahun 2023 lalu berhasil melebihi target hingga 11 juta orang.

Baca Juga :  Masjid Raya Sumbar Ditetapkan Jadi Pilot Project Kawasan Halal Lifestyle di Indonesia, Sekda Hansastri : Pemprov Telah Siapkan Langkah Strategis untuk Pengembangan lanjutan

“Berdasarkan data yang ada, kemampuan fiskal Sumbar berada di level menengah, tetapi menjadi yang tertinggi di level tersebut. Sementara itu berkaca pada Bali dan NTB, kedua provinsi itu berada pada level kemampuan fiskal tinggi, tetapi pada peringkat terbawah di level itu. Kedua provinsi itu sektor andalannya adalah pariwisata,” ujar Gubernur lagi.

Oleh karena itu, sambungnya, Pemprov Sumbar menetapkan sektor kepariwisataan sebagai salah satu fokus demi meningkatkan kemampuan fiskal daerah. Sehingga, kehadiran Tim Panja RUU Kepariwisataan dari Komisi X DPR menjadi salah satu hal yang sangat ditunggu-tunggu.

Baca Juga :  Gubernur minta DKP Sumbar Kembangkan Budi Daya Lobster Laut

“Kami mengucapkan terima kasih banyak atas kesediaan Bapak/Ibuk Tim Panja mengadakan kunjungan kerja di Sumbar. Kami berharap, dapar menerima berbagai masukan yang bermanfaat dan penting dalam upaya kami mengembangkan sektor kepariwisataan. Terutama sekali, kaitannya dengan kebencanaan, karena selain memiliki potensi wisata yang luar biasa, Sumbar juga daerah yang rawan bencana,” ujarnya lagi.

Rombongan Komisi X DPR RI yang tergabung dalam Tim Panja RUU tentang Kepariwisataan sendiri dipimpin oleh Ketua Tim Panja Prof Djohar Arifin Husin. Sementara itu, hadir mendampingi Gubernur dalam kegiatan tersebur, Plt Asisten III Setdaprov Sumbar, Adib Alfikri; Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda; serta Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Sumbar, Mursalim. (adpsb/h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 9 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Gubernur Sumatra Barat Terima Lencana Serta Piagam Satya Bakti Inovasi Dari Kemendes .

Eksekutif

Harneli Mahyeldi Kunjungi Korban Kebakaran Warga Korong Gadang Kecamatan kuranji

Eksekutif

Buka VSGA 2024, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Angkatan Kerja di Sumbar

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Harap Hubungan Prov Sumbar dan Riau Semakin Erat, Pasca Resminya Gubernur Riau Menjadi Keluarga Suku Chaniago

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi, Danrem 032/Wbr, dan Kepala Instansi Tinjau Progres Tol Padang-Sicincin Gunakan Trabas
Gubernur Sumbar lantik pejabat pimpinan tinggi pratama, penjabat administrator dan pejabat pengawas

Eksekutif

Pejabat Pemprov Sumbar Dilantik, Kepala BKIM Digeser ke Bapelkes

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Pondasi Tauhid saat Jadi Khatib Salat Idul Adha di Masjid Raya Sumbar

Eksekutif

2 Kelurahan Kolaborasi Bersihkan Tumpukan Sampah di Jembatan Pulau Aia Nan XX Padang