Home / Eksekutif / Rilis / Tokoh

Senin, 20 November 2023 - 19:53 WIB

Rektor Unand 2023-2028 Dilantik, Wagub Audy Berharap Kolaborasi Pemprov Sumbar dan Unand Semakin Meningkat

Wawan - Penulis

PADANG,  Politicnews.id – Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar), Audy Joinaldy serta Sekda Sumbar Hansastri, turut menghadiri Pelantikan Dr. Efa Yonnedi sebagai Rektor Universitas Andalas (Unand) periode 2023-2028, menggantikan Prof. Yuliandri. Wagub Audy berharap, kepemimpinan rektor baru semakin meningkatkan kolaborasi Unand dengan Pemprov Sumbar.

“Selamat kepada Dr. Efa Yonnedi. Semoga dapat melaksanakan amanah yang telah diterima dengan sebaik-baiknya. Untuk memimpin, menginspirasi, dan mengarahkan universitas ini menuju puncak prestasi,” ucap Wagub Audy dalam pelantikan yang dipimpin Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unand, Sakti Wahyu Trenggono, di Convention Hall Unand, Senin (20/11/2023) tersebut.

Wagub melanjutkan, Pemprov Sumbar turut menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Rektor Unand sebelumnya, Prof. Dr. Yuliandri beserta jajaran, yang telah penuh dedikasi dalam pelaksanaan amanah sebagai pemimpin di kampus tertua di luar Pulau Jawa tersebut.

“Unand memiliki sejarah panjang sebagai lembaga pendidikan yang unggul. Tentu kami berharap kepemimpinan rektor yang baru, akan membuat Unand lebih berkembang, berinovasi, dan memberikan kontribusi yang besar dalam memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya,” ucapnya lagi.

Baca Juga :  Pemprov Sumbar Distribusikan Bantuan dan Dirikan Dapur Umum di Masjid Raya Sumbar

Wagub menyatakan, Unand memiliki potensi yang sangat besar di berbagai aspek. Mulai dari keunggulan akademik, sumber daya manusia, fasilitas dan infrastruktur, riset dan inovasi, kerja sama internasional, keterlibatan masyarakat, program kewirausahaan, pendidikan dan pelatihan berbasis industri, kebudayaan dan seni, serta pemberdayaan masyarakat.

“Dengan memaksimalkan potensi tersebut, Unand akan terus memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di Indonesia, bahkan secara global,” tuturnya lagi.

Wagub Audy juga berharap, agar seluruh sivitas akademika Unand terus mendukung dan bekerja sama dengan Pemprov Sumbar. Sebab, kolaborasi dan semangat kebersamaan adalah kunci dalam mencapai visi dan misi universitas serta visi dan misi pemerintah daerah.

“Sinergi dan kolaborasi yang telah terjalin antara Pemprov Sumbar dengan Universitas Andalas, mari lebih kita tingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnya, sehingga visi dan misi Provinsi Sumatera Barat dan Universitas Andalas, setahap demi setahap terus meningkat,” ucapnya lagi.

Baca Juga :  Bupati Askolani Kunjungi Lokasi Kebakaran Pesantren di Desa Kenten Laut

Dalam kesempatan itu, Ketua MWA Unand, Sakti Wahyu Trenggono yang juga Menteri Kelautan dan Perikanan RI mengatakan, dalam menjalankan jabatan, rektor terpilih wajib menjunjung tinggi etika jabatan, serta bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh dengan rasa tanggung jawab.

Sementara itu, Rektor Unand 2019-2023, Prof. Yuliandri, turut mendoakan agar rektor baru Unand sukses menjalankan amanah yang diemban. “Kami yakin, Rektor periode 2023-2028 mendapat dukungan penuh. Sebab, tentunya tugas ini akan menyita waktu yang cukup banyak,” ujarnya.

Di lain sisi, Rektor Unand terpilih, Dr. Efa Yonnedi mengatakan, dirinya menyadari telah menerima amanah yang berat sebagai Rektor Unand. Saat ini, katanya, Unand merupakan produk sejarah yang telah berkontribusi banyak kepada negara dan mewarisi banyak prestasi. “Saya bersama tim berjanji mempertahankan dan meningkatkan warisan prestasi tersebut,” katanya. (adpsb/**/H)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 36 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Rilis

Mantap, Pemuda Pancasila Banyuasin Gelar RPP

Eksekutif

Presiden Jokowi Resmikan Rumkital Dr. dr. Tarmizi Taher dan 24 RS TNI Lainnya, Gubernur Mahyeldi Turut Hadir secara Daring

Eksekutif

Gubernur Sumatra Barat Terima Lencana Serta Piagam Satya Bakti Inovasi Dari Kemendes .

Eksekutif

Gubernur Lepas Pendistribusian Beras SPHP dan GPM untuk Jaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan di Sumbar

Eksekutif

Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Buka Pelatihan Kewirausahawan Bagi Pemuda Angkatan IV

Tokoh

Survey LKPI, Muhammad Nasir Dapat Nomor Urutan Ke Tujuh

Opini

STEI Ar Risalah Sumatra Barat Adakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru 2023 / 2024

Eksekutif

Direktur LKAK Viktus Murin: “Sama-sama Konyol, Sikap MKD DPR dan Pengadu Ketua MPR RI”