Home / Eksekutif

Selasa, 6 Februari 2024 - 08:53 WIB

Puncak peringatan HUT Satpol PP Ke-74 dan Satlinmas Ke-62 Tingkat Nasional akan dilangsungkan di Padang tanggal 2-3 Maret 2024

Wawan - Penulis

JAKARTA – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP Ke-74 dan Satlinmas Ke-62 Tingkat Nasional dipastikan akan dilangsungkan pada tanggal 2-3 Maret 2024 di Padang. Kepastian tersebut didapat usai panitia pusat dan daerah menggelar rapat bersama di Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (5/2/2024).

Direncanakan, nantinya kegiatan akan diawali dengan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada hari Sabtu (2/3) di Hotel Truntum, Kota Padang dan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan jamuan makan malam “makan bajamba” di Auditorium Gubernuran dengan total peserta sebanyak 600 orang. Pada keesokan harinya, Minggu (3/3) kegiatan akan dilanjutkan dengan apel gelar pasukan di Halaman Istana Gubernur Sumbar.

Selain memutuskan tanggal dan titik lokasi pelaksanaan acara, dalam rapat yang dipimpin oleh Plh. Direktur Satpol PP dan Satlinmas, Edi Nasution tersebut juga telah disepakati tema acara yang nantinya akan diangkat dalam kegiatan puncak peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas Tingkat Nasional tersebut.

“Melalui rapat tadi kita telah menyepakati puncak acara akan dilaksanakan tanggal 2-3 Maret mendatang dengan dihadiri langsung oleh Bapak Mendagri,” ungkap Plh. Direktur Satpol PP dan Satlinmas, Edi Nasution.

Baca Juga :  Harapan Petahana, Dahlan Matly Maju Pilkades Wayamiga Sirna Setelah Ditetapkan Sebagai Tersangka Penganiayaan

Dijelaskannya, tema yang akan diangkat dalam penyelenggaraan Rakornas nantinya adalah “Pengokohan Tugas dan Fungsi Satpol PP dan Satlinmas dalam Rangka Mendukung Pembangunan Daerah di Bidang Ketertiban Umum”.

Sementara itu, Kasatpol PP Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Irwan menyebut secara umum selaku tuan rumah pihaknya sangat siap untuk mensukseskan puncak peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas Tingkat Nasional di Sumbar.

Ia mengaku, guna mematang sejumlah persiapan, pihaknya telah beberapa kali menggelar rapat internal di lingkup Pemprov Sumbar. Bahkan menurutnya, saat ini persiapan di daerah sudah mencapai 80 persen.

“Persiapan kita di daerah lebih kurang sudah 80 persen dan itu sudah kita laporkan kepada panitia pusat dalam rapat tadi. Alhamdulillah, tadi kita juga sudah mendapat gambaran pasti dari panitia pusat tentang gambaran detil acara,” ujar Kasar Pol PP Provinsi Sumbar, Irwan.

Ia juga menyebut, hasil keputusan rapat ini nantinya akan dilaporkannya kepada Gubernur untuk kemudian dibahas dalam rapat lanjutan di tingkat daerah guna mematangkan sejumlah persiapan.

Baca Juga :  DPM Poltekpel Sumbar Digelar, Gubernur Mahyeldi Pastikan Sumbar Terus Berupaya Mengembangkan Transportasi Publik

“Tentunya setelah ini, kami akan menggelar rapat lanjutan di daerah untuk matangkan persiapan acara,” tukuk Irwan.

Sebelumnya, penunjukan Provinsi Sumbar sebagai tuan rumah penyelenggaraan puncak peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas Tingkat Nasional Tahun 2024 ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Mendagri tertanggal 15 November 2023 lalu.

Adapun panitia pusat yang hadir dalam rapat pematangan persiapan dengan panitia daerah antara lain, Plh. Direktur Satpol PP dan Satlinmas Kemendagri, Edi Nasution; Pejabat dan staf Kemendagri, Beni M. Pakpahan, Yusri, Agustin, dan Heri.

Sementara itu, panitia daerah yang hadir dalam rapat tersebut diantaranya Kasatpol PP Provinsi Sumatera Barat, Irwan; Kabiro Adpim, Mursalim; Plh. Kabiro Umum, Noli; Kasatpol PP Kota Bukittinggi, Joni Feri; Kasatpol PP dan Damkar Kota Pariaman, Alfian; Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Padang Pariaman, Syafrion; Kasatpol PP dan Damkar Kota Padang Panjang, Beni; Kabag Protokol Biro Adpim dan staf, Ade dan Weri; Kasubag Rumah Tangga Biro Umum, Nanda; Kasi Satpol PP Provinsi dan Staf, Denai. (adpsb/h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 90 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

FKG Unand Edukasi Kesehatan Gigi Ribuan Santri, Gubernur Mahyeldi Apresiasi Iven Senyum Sehat Ramadhan

Eksekutif

Tindak Lanjut Arahan Mendagri, Gubernur Mahyeldi dan Jajaran Rapat Tengah Malam Terkait Kesiapan Daerah Menyambut Ramadan

Eksekutif

Ketua MPR RI Bamsoet Minta Kasus Pembunuhan Letkol Inf (Purn) Muhammad Mubin Diusut Tuntas

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Tinjau Kondisi Masyarakat Terdampak Banjir di Kota Padang

Eksekutif

KBM Sumbar Buktikan Kepedulian Kepada Korban Banjir di Pessel

Eksekutif

Hadiri Perayaan HUT Polri ke-78, Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi Peningkatan Kinerja Polri

Eksekutif

Gubernur Sumbar Pimpin Rapat Persiapan WIES 2023, Matangkan Persiapan dan Pastikan Dampak Positif untuk Industri Halal Lokal

Eksekutif

TANTANGAN IMPLEMENTASI UU DESA: PERAN PENTING PEMERINTAH PUSAT