Home / Rilis

Kamis, 21 Oktober 2021 - 17:40 WIB

Presiden Joko Widodo Minta Daerah untuk Fokus Pada Produk Unggulan Sendiri

Ollie Wijaya - Penulis

BOGOR : Presiden Joko Widodo menyambut baik terselenggaranya Otonomi Expo 2021 oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Menurutnya, pameran ini merupakan ajang untuk memperkuat kerja sama perdagangan antar daerah.

Demikian disampaikan Presiden dalam sambutannya saat membuka Apkasi Otonomi Expo 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

“Ini merupakan ajang untuk saling tahu, saling bekerja sama memperkuat kerja sama perdagangan antar daerah dan sekaligus juga memperkuat ekspor kita ke negara-negara lain termasuk perluasan pasar-pasar ekspor baru,” ucap Presiden.

Perdagangan antar daerah penting untuk terus diperkuat dan dikembangkan dalam rangka melengkapi value chain nasional. Untuk itu, Presiden menekankan agar setiap daerah fokus pada produk unggulan masing-masing.

Baca Juga :  Penasehat SMSI Banyuasin H Gusra Pimpin IKM Banyuasin

“Jangan daerah lain, nanam karet kok bagus, ekonominya baik, rakyat kita suruh nanam karet. Ya pas baik iya, tapi pas jatuh itu hati-hati, barengan nanti berbahaya,” tambahnya.

Selain itu, Presiden menuturkan bahwa Indonesia memiliki pasar dalam negeri yang potensial. Hal tersebut harus dijadikan peluang untuk memperkuat industri dalam negeri.

“Jangan sampai pasar yang besar ini diambil oleh produk-produk negara lain,” tuturnya.

Kepala Negara berharap dalam Otonomi Expo 2021, daerah tidak hanya menunjukkan produk dan objek wisata, tetapi juga menunjukkan bahwa iklim investasi, kepastian hukum, kepastian perizinan makin membaik.

“Dengan cara ini, diselenggarakan expo ini juga kita harapkan bisa meningkatkan investasi di daerah dan mempercepat, membuka lapangan-lapangan kerja baru bagi masyarakat kita dan menggerakkan ekonomi daerah,” imbuhnya.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Dorong Peningkatan Nilai Tambah Industri di Tanah Air

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga mengapresiasi inisiatif Apkasi untuk segera menggerakkan perekonomian daerah. Namun, Kepala Negara mengingatkan bahwa sektor kesehatan juga harus terus diperhatikan.

“Perekonomian perlu diaktifkan dengan tetap waspada terhadap masalah kesehatan, disiplin protokol dan juga vaksinasi yang harus cepat dilanjutkan,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Legislator

Ketua Umum IMI Bamsoet: IMI Akan Segera Luncurkan IMI TV

Rilis

Karang Taruna Desa Persiapan Bukit Makmur Gelar Turnamen Sepak Bola Cup 1.

Rilis

Golkar Dipastikan Kembali Jadi Pemenang Pemilu 2024 Dikota Lubuklinggau

Legislator

Datangi Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu Kebumen, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Kukuhkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Sosialisasi 4 Pilar

Legislator

Anggota DPRD Sumbar Muhammad Ridwan Ceritakan Awal Mula Program Bantuan Seragam untuk Siswa

Rilis

Sekjen PBB, 2024 Prioritaskan Kader Partai Untuk Maju Pada Pilkada Kota Lubuklinggau

Eksekutif

Besuk Mantan Wawako Padang Emzalmi, Gubernur Mahyeldi : Alhamdulillah, Kondisi Orang Tua Kita Makin Membaik

Legislator

Terima Presiden Iran, Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Tawaran Peningkatan Hubungan Bilateral Indonesia – Iran di Berbagai Sektor
Hubungi Redaksi Disini