Home / Rilis

Selasa, 11 Januari 2022 - 16:17 WIB

Presiden Jokowi Menghadiri Acara Peringatan HUT Ke – 49 PDI Perjuangan Secara Virtual

Ollie Wijaya - Penulis

JAKARTA : Presiden Joko Widodo memaparkan keberhasilan pemerintah di sejumlah bidang pada saat mengikuti peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-49 PDI Perjuangan secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 10 Januari 2022. Presiden mengungkapkan bahwa Human Capital Index (HCI) Indonesia telah mengalami peningkatan yang baik.

“Dari upaya peningkatan sisi kesehatan dan sisi pendidikan yang telah dilakukan, alhamdulillah Human Capital Index kita juga mengalami kenaikan yang cukup baik dari 0,52 di tahun 2017 menjadi 0,54 di tahun 2020. Ini akan terus kita tingkatkan,” ujar Presiden.

Di bidang kesehatan, Presiden menyebutkan bahwa pemerintah telah berhasil mengelola permasalahan Covid-19 di Tanah Air. Per Januari 2022, kasus konfirmasi Covid-19 telah mengalami penurunan yang signifikan dari puncak kasus pada Juli 2021.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Lantik 3 Duta Besar RI Untuk Negara Sahabat

“Kasus konfirmasi per 9 Januari kemarin tahun 2022 sebanyak 529 kasus, turun 99 persen dari puncak di bulan Juli yang lalu. Ini patut kita syukuri,” lanjutnya.

Sementara itu, dalam bidang pendidikan, Presiden mengungkapkan keseriusan pemerintah menangani pendidikan di Indonesia guna melahirkan sumber daya manusia yang unggul. Pemerintah menjamin akses pendidikan bagi masyarakat yang kurang mampu mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

“Tahun 2021, Kartu Indonesia Pintar dengan anggaran sebesar Rp11 triliun untuk 21 juta siswa di seluruh Tanah Air. KIP Kuliah yang anggarannya sebesar Rp9,4 triliun juga telah diberikan kepada 1,1 juta mahasiswa di seluruh Tanah Air di tahun 2021,” imbuhnya.

Baca Juga :  Harneli Mahyeldi , Minangkabau Heritage Sebagai Ajang Promosi Produk Unggulan Sumatra Barat

Selain pendidikan formal, Presiden mengingatkan pentingnya untuk memperkokoh pendidikan Pancasila yang terus dibumikan oleh Badan Pembinaan Ideologi dan Pancasila (BPIP). Presiden meyakini nilai-nilai tersebut memperkokoh karakter kebangsaan Indonesia, meskipun dihadapkan pada globalisasi yang tinggi.

“Nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh Bung Karno dan para pendiri bangsa lainnya terus kita perkokoh. Nilai-nilai luhur Pancasila harus terus kita jaga, menjadi pegangan bagi generasi-generasi penerus kita,” tambahnya.

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 45 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Rilis

Mantan Bupati Kudus H.M Hartopo Memenuhi Panggilan Kejari Kudus

Rilis

Syukuran Kemenangan PPP Pati, Muslihan : Kesejahteraan Rakyat Adalah Utama

Komunitas

Situasi Memanas Jelang RUA IMAPI, Verry Mutis Harap Anggota Jaga Soliditas dan Rasa Persaudaraan

Rilis

BNPB Beri Pembekalan Kepada 110 Relawan Protokol Kesehatan di Kabupaten Jayapura

Rilis

Presiden Jokowi Dorong Peningkatan Nilai Tambah Industri di Tanah Air

Rilis

PNS & TNI-Polri Pindah Ke Ibu Kota Baru

Komunitas

Organisasi IMAPELMABES Sukses Selenggarakan NTB Cup Tahun 2021

Komunitas

GMNI Lubuklinggau Nilai Polisi Lamban Tangani Aduan Masyarakat