Home / Rilis

Sabtu, 2 Oktober 2021 - 16:23 WIB

Presiden Ingin Papua Youth Creative Hub Jadi Pusat Pengembangan Talenta Papua

Ollie Wijaya - Penulis

JAYAPURA – Presiden Joko Widodo melakukan ground breaking Papua Youth Creative Hub di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua, pada Sabtu, 2 Oktober 2021. Presiden berharap kehadiran Papua Youth Creative Hub dapat menjadi motor penggerak sekaligus pusat pengembangan talenta di Papua.

“Ini sangat bagus, sehingga kita harapkan nanti Papua Youth Creative Hub ini bisa menjadi motor penggerak, bisa menjadi pusat pengembangan talenta-talenta hebat di Tanah Papua, menjadi pusat kreatif anak-anak muda Papua dalam memperkuat ekosistem inovasi yang ada,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Rencana pembangunan Papua Youth Creative Hub ini merupakan tindak lanjut pertemuan Presiden Joko Widodo dengan sejumlah anak muda Papua pada September 2019 lalu. Kemudian, saat meresmikan Jembatan Youtefa di Kota Jayapura pada 28 Oktober 2019 lalu, Presiden juga mengapresiasi pencanangan Papua Muda Inspiratif, termasuk pembangunan Papua Youth Creative Hub.

Kepala Negara meyakini bahwa masih banyak potensi yang belum tergali dan belum dikembangkan di Papua maupun Papua Barat. Menurutnya, banyak bibit unggul maupun talenta Papua yang sangat baik di berbagai bidang.

Baca Juga :  Presiden Apresiasi Kecepatan Vaksinasi di Provinsi Banten

“Banyak bibit-bibit unggul maupun talenta-talenta yang sangat baik di bidang sains, seni budaya, maupun di bidang olahraga dan ini menjadi tugas besar kita semuanya untuk menyiapkan manajemen yang baik, manajemen talenta yang baik, yang tertata, dan tadi sudah disampaikan bahwa yang berkumpul di Papua Muda Inspiratif ini bukan hanya ratusan tapi sudah ribuan,” jelasnya.

Dalam rencana pembangunannya, Papua Youth Creative Hub akan mewadahi berbagai talenta seperti petani-petani milenial, ekosistem digital, hingga pengembangan riset dan inovasi. Presiden meyakini, masa depan Papua dan masa depan Indonesia ada di Papua Youth Creative Hub.

“Kita harapkan nanti di akhir 2022 sudah selesai langsung lembaganya siap dan kita harapkan dalam waktu yang sangat cepat betul-betul melakukan pengembangan SDM di Tanah Papua yang kita cintai,” imbuhnya.

Sejumlah fasilitas yang direncanakan dibangun di Papua Youth Creative Hub antara lain coworking space , ruang untuk teknologi pembelajaran, teknologi digital, ruang konser, ruang untuk inovasi-inovasi produk, serta asrama dan fasilitas olahraga.

“Saya kira ini sudah sangat integrated dan kita harapkan untuk betul-betul nanti tempat ini menjadi sebuah pondasi bagi masa depan Papua dan masa depan Indonesia di masa-masa yang akan datang, serta dalam memulai membangun perusahaan-perusahaan start-up dari Tanah Papua yang hebat,” tandasnya.

Baca Juga :  Kapolres Kudus Himbau Hati - Hati Terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang

Selain melakukan groundbreaking, pada kesempatan tersebut Presiden juga meninjau sejumlah stan pameran yang dihadirkan. Stan-stan tersebut berisi berbagai inovasi, komunitas, hingga produk karya anak-anak muda Papua, yaitu stan industri kreatif, stan teknologi digital, stan sosial budaya dan literasi, stan usaha mikro, kecil, dan menengah, serta stan pertanian, peternakan, dan perikanan.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, dan Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

Berita ini 24 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Rilis

Ganip Warsito Lepas Gerakan Mobil Masker Untuk Masyarakat di Kota Makassar

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Hadiri Upacara Adat Batagak Gala Suku Sikumbang Datuak Putiah Kepada Suhatri Bur Bupati Padang Pariaman

Eksekutif

Sowan ke Istri Gus Dur, Atikoh Ganjar; Ngalap Berkah

Rilis

Sat Reskrim Polsek Mejobo Polres Kudus Berhasil Menangkap Penjual Obat Mercon

Rilis

Anniversary Ke 6 Linduaji Kolocokro Kudus Berikan Santunan Anak Yatim Piatu Dan Penyerahan Sepeda

Komunitas

GANJAR JAWAB PERTANYAAN DPD FRONT KEBANGSAAN KALIMANTAN BARAT TENTANG IKN

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Apresiasi Inisiatif Pengusaha Tambang Perbaiki Jalan Penghubung Payakumbuh-Sitangkai dan Minta Seluruh Perusahaan Patuhi Tonase Sesuai Kelas Jalan

Rilis

Wacana Luhut: PeduliLindungi Jadi Alat Pembayaran Digital
Hubungi Redaksi Disini