Home / Parpol / Pemilihan / Politic / Rilis

Senin, 24 Juni 2024 - 23:37 WIB

PPS Desa Gajah Lantik 14 Pantarlih Pada Pilkada 2024

iys - Penulis

PoliticNews.id-Ponorogo :Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) Desa Gajah adakan Pelantikan serta Bimbingan Teknis Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Sebanyak 14 orang Petugas Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih) Pilkada Serentak Tahun 2024 Desa Gajah Kecamatan Sambit dilantik.


Kegiatan pelantikan serta bimbingan teknis Pantarlih tersebut dihadiri oleh beberapa elemen, diantaranya: Kepala Desa yang diwakili oleh Sekretaris Desa, PPS, PPK kecamatan Sambit, PD,Bhabinkamtibmas,Bhabinsa serta sejumlah Pantarlih yang dilantik bertempat di Balai Desa Gajah,Senin,24/06/2024.

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih yang selanjutnya disebut Pantarlih merupakan petugas yang dibentuk oleh PPS untuk melakukan pencocokan dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan Pemilu yang disebut “COKLIT”.

Adapun tugas Pantarlih dalam Pemilu menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum yakni: Membantu KPU kabupaten/kota, panitia pemilihan kecamatan (PPK), dan PPS dalam melakukan penyusunan daftar pemilih dan pemutakhiran data pemilih; Melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih; Memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih.

Rezja F.T Ketua PPS Desa Gajah dalam mewakili sambutan KPU Jawa timur mengatakan Salah satu prinsip dan prasyarat terselenggaranya Pemilihan yang demokratis adalah warga negara terdaftar sebagai Pemilih tanpa diskriminasi ” kinerja Pantarlih akan berpengaruh pada akurasi, kemutakhiran dan kualitas Daftar Pemilih Sementara, jadi jangan sampai melakukan diskriminasi terhadap pemilih karena daftar Pemilih yang berkualitas dan mutakhir menjadi kunci penting kualitas semua tahapan dalam penyelenggaraan Pilkada 2024″.

Baca Juga :  Gubernur Mahyeldi Sebut Kerja Sama dengan Badan Usaha Perlu untuk Memacu Pembangunan Infrastruktur Sumbar

“Dalam melaksanakan tugasnya harus mengikuti regulasi serta Pantarlih harus berpedoman pada prinsip komprehensif, inklusif, akurat, mutakhir, terbuka, responsif, partisipatif, akuntabel, perlindungan data pribadi, dan aksesibel”imbuhnya


Wiyoso Sekretaris Desa Gajah mewakili Mas Kades (sapaan akrab Kepala Desa Gajah), dalam sambutannya beliau berpesan kepada seluruh Pantarlih untuk senantiasa menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

“Kalian adalah orang-orang terbaik diantara yang paling baik, jadi kami mohon lakukan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya, kami berharap Pantarlih dapat bekerja sama antara satu sama lainnya pada saat pemutakhiran data dilaksanakan”, ucap di sela-sela sambutannya.

Johan E , PPK Sambit dalam sambutanya berpesan  anggota Pantarlih harus profesional dengan mempelajari regulasi serta berkoordinasi dengan PPS dan pihak terkait.

Baca Juga :  Demokrat kota Prabumulih Nyatakan Siap, Deni Victoria lakukan Verifikasi Faktual Partai

“Dalam proses pemutakhiran yang paling utama adalah data dan fakta harus jelas sesuai dengan kenyataan agar kedepannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan harus berpegang pada regulasi Pilkada”,

Eko S. Bhabinkamtibmas Desa Gajah dalam sambutanya menyampaikan pesan agar menjalin kerjasama dalam menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif segera informasi apabila terjadi gangguan Kamtibmas dilapangan atau di tengah-tengah masyarakat.”ucapnya”

Seperti yang diketahui bersama, Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) secara serentak untuk memilih anggota Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati dilaksanakan pada 27 Nopember 2024 nanti. Maka dari itu, Pantarlih memiliki merupakan ujung tombak dalam mensukseskan Pelkada 2024 dengan melakukan pemutakhiran data pemilih.

Pasca pelantikan dilanjutkan dengan apel siaga Pantarlih diawali dengan pemberian rompi dan alat kelengkapan coklit oleh PPS. dilanjutkan Bimtek pantarlih sekaligus diadakan coklit serentak.**

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 88 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Opini

Menakar Arah Putusan MKMK Atas Pelanggaran Kode etik dan Prilaku Hakim MK RI.

Komunitas

Bamsoet: Bersama Seniman Nusantara, MPR Siapkan Lagu ‘Pilar Bangsa’

Komunitas

PA GMNI Ajak Perkuat Gotong Royong Wujudkan Transformasi Bangsa

Parpol

Partai Gelora DKI Tanam 100 Pohon di Waduk Rawa Lindung

Eksekutif

Lomba Pacuan Kuda Memperebutkan Piala Gubernur Sumbar, Akan Diselenggarakan Oktober Mendatang

Rilis

Ayo Tertib Pajak !! Kepala UPPD Kabupaten Pati Buat Terobosan Baru

Komunitas

Lando Tahoni Resmi Dilantik Sebagai Ketua BEM Politeknik Negeri Kupang

Eksekutif

Pemprov Sumbar Gelar Acara Pelepasan untuk Lima Mantan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang Purna Tugas