Home / Komunitas

Senin, 3 Juli 2023 - 23:23 WIB

Pilpres Tak Lama Lagi, Cerita Di Akar rumput Mulai Ramai Di warung Kopi

Hasan Habibu - Penulis

PoliticNews.id – Bantaeng : Tidak lama lagi Pesta demokrasi lima tahunan akan di tabuh, sebaran banner dan baliho menjadi pemandangan unik di sudut-sudut jalan dan di pepohonan menghiasi perkampungan, obrolan warung kopi mulai ramai memperbincangkan, dari masyarakat awam hingga ke tingkat elit, mula menjagokan dukungannya. di akar rumput, anak-anak hingga ke orang dewasa tak ketinggalan pula mengamati pergerakan para bacapres lewat media sosial kepunyaannya. Ada Prabowo, ganjar Pranowo dan Anis yang telah mendapatkan rekomendasi partai untuk maju berkompetisi mulai mendapatkan perhatian dan pendukung di khalayak ramai. Di Daerah-daerah hingga kepelosok Desa perbincangan seupa marak kita jumpai sebagai mana yang awak media saksikan.

Layar android yang di hiasi  grup-grup whatsapp dan akun facebook menjadi media informasi yang mudah di akses oleh masyarakat menjadi teman saat ngopi di bilik rumah, berbagai keunggulan dan kekurangan capres mereka baca sesuai postingan facebook ataupun di sebuah artikel online. Sebagai negara demokrasi di mana seluruh rakyat berhak di pilih dan memilih, mereka bebas menentukan dukungan dan pilihannya, namun harapan kita agar menghindari fitnah dan hoax yang bisa menimbulkan koflik dan pelanggaran ITE dalam bermedsos. Dukung mendukung tidaklah salah namun mengedepankan etika dalam bermedia sosial itu yang utama. Jadikan pesta demokrasi sebagai hiburan yang menyejukkan bukan sebaliknya menjadi tawuran yang menyedihkan. 

Baca Juga :  Bamsoet Jadi Penguji Sidang Tertutup Promosi Dokter Ilmu Hukum Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni di Universitas Borobudur Jakarta

Pilpres yang akan di gelar pebruari 2024 mendatang, dengan bacapres Ganjar Pranowo, Anis Baswedan dan Prabowo subianto merupakan putra terbaik bangsa. rakyat menaruh harapan besar bagi yang terpilih pasca lengsernya  Jokowidodo untuk memberikan pelayanan terbaiknya demi bangsa dan negara yang kita cintai, ungkap salah seorang warga yang tak mau di sebutkan namanya. Perlahan tapi pasti masyarakat sudah mulai paham bahwa dengan partisipasi memilih ada harapan kepada jagoan yang di dukungnya yakni bisa menciptakan keadilan dan kesejahteraan bagi rakyat banyak dan tidak mementingkan kelompok dan golongannya usai terpilih

Jauh dari metro politan melihat dan mendengar serunya gegap gempita perpolitikan, obrolan bernuansa politik di pelosok Desapun tak kalah riuhnya menjadi perbincangan, bedanya di Desa di jadikan sebagai hiburan santai tapi serius bagi  komunitas masyarakat, Sebagian dari mereka mendapatkan informasi  hanyalewat media sosial dan televisi yang di saksikan dan merasa cukup baginya untuk menjadi sarana penilaian dalam mengklaim jagoannya, sehingga mudah salah kaprah  dan terprovokasi di sebabkan tidak semua informasi yang mereka dengar benar adanya, masyarakat butuh pendampingan dalam menerima info-info yang di dapatkan untuk memilah dan menyaring  agar terhindar  dari berita yang menyesatkan khususnya dari KPU dan Bawaslu yang memiliki otoritas sebagai penyelenggara.

Baca Juga :  Abdul Rachman Taha: Malu-malu Terbuka soal Perpanjang Masa Jabatan Presiden

Perbincangan di warung-warung kopi ataupun di teras-teras rumah menjadi pemandangan tersendiri. Selain mengobrol tentang bacaleg dan bacapres, pilkades di 25 titik secara serentak akan di gelar pula 3 bulan kedepan di Kabupaten Bantaeng ikut menghiasi obrolan mereka, menambah serunya suasana malam menariknya walaupun berbeda pandangan dan dukungan senyum dan tawa senantiasa menghias wajah Sambil menyeruput kopi panas tanpa gula. dari ke 3 capres selain Anis, ganjar dan Prabowo, juga ada Muhaimin Iskandar yang biasa di sapa cak Imin, Yusuf Kalla serta beberapa tokoh lainnya menjadi topik pembahasan akar rumput, pengaruh media sosial sedikitnya masyarakat sudah mulai bisa mencerna. Selain Pemilihan presiden, pemilihan bupati dan gubernur akan di gelar pula beberapa bulan setelahnya di tahun yang sama membuat obrolan semakin ramai, hal ini marak kita jumpai di Desa setiap menjelang musim politik seperti saat sekarang ini. Obrolan masyarakat Jauh dari sebuah tendensi atau tujuan tertentu, namun berharap pemilihan presiden ataupun pemilihan lainnya bisa membawa sebuah solusi untuk bangsa ini, menekan kesenjangan dan menghadikan kesejahteraan.

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 15 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Komunitas

Magang Mahasiswa STEI Ar Risalah Sumbar Di Tutup

Komunitas

Gelar MPAB, IMAPI Kupang Lantik 35 Orang

Komunitas

Ketua BEM PNK Apresiasi Kebijakan Pengembalian Biaya UKT

Komunitas

Malik Purnama Berikan Penguatan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa di KMI EXPO XIII

Komunitas

Sebut Anggota GMNI “Babi”, DPD GMNI NTT Kecam Oknum Wakil Ketua DPRD Sikka

Komunitas

GERAKAN KEADILAN RAKYAT DUKUNG SEPENUHNYA RANGKAIAN AKSI MAHASISWA BERSAMA RAKYAT CINTA DEMOKRASI

Komunitas

Pengiat Sosial Hadiri Reses Bersama Senator Asal Sumsel

Komunitas

GMNI Ngada Desak Pemerintah Daerah Selesaikan Nasib 43 Orang PPPK Nakes