Home / Rilis

Jumat, 10 Desember 2021 - 13:04 WIB

Pidato Presiden Jokowi Pada Summit For Democracy 2021

Ollie Wijaya - Penulis

BOGOR : Presiden Joko Widodo menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memajukan demokrasi dan hak asasi manusia (HAM), baik pada level kawasan maupun global. Salah satu wujud konkretnya adalah penyelenggaraan Bali Democracy Forum (BDF) yang tepat hari ini, 9 Desember 2021, diselenggarakan untuk tahun ke-14.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat berbicara pada Summit for Democracy 2021 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor.

“Ini adalah tahun ke-14 pelaksanaan Bali Democracy Forum. Ini adalah bentuk komitmen Indonesia memajukan demokrasi dan HAM di kawasan dan global. Our commitment toward democracy goes beyond our borders,” ujar Presiden.

Baca Juga :  Resmikan Sekolah Politik Perempuan ICMI, Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Peran Perempuan di Panggung Politik Nasional

Lebih lanjut Presiden menjelaskan, BDF adalah forum antar pemerintah untuk berbagi perspektif mengenai demokrasi tanpa saling menyalahkan. BDF juga merupakan forum bertukar praktik terbaik bagaimana memperkokoh demokrasi dan mengelola tantangan yang dihadapi demokrasi.

Di samping itu, bersama negara ASEAN lainnya, Indonesia juga mendorong kemajuan demokrasi di kawasan Asia Tenggara. Indonesia memotori pembentukan ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights dan secara konsisten wakil Indonesia dalam komisi tersebut adalah dari kelompok masyarakat madani.

Indonesia juga menjadi inisiator dari pelaksanaan ASEAN Human Rights Dialogue, sejenis Universal Periodic Review (UPR) di ASEAN. Setelah hampir sembilan tahun terhenti, tahun ini dialog tersebut dihidupkan kembali oleh Indonesia.

Baca Juga :  Presiden Joko Widodo Lantik Mayjen TNI Suharyanto Menjadi Kepala BNPB

Di Myanmar, Indonesia berkomitmen untuk terus berkontribusi agar kesepakatan ASEAN mengenai five points of consensus dapat diimplementasikan. Presiden Jokowi meyakini bahwa demokrasi di Myanmar akan dapat dipulihkan melalui dialog inklusif.

Sementara itu, di Afghanistan, Indonesia akan terus berkontribusi bagi pemberdayaan perempuan demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat Afghanistan.

Berita ini 55 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Sowan ke Istri Gus Dur, Atikoh Ganjar; Ngalap Berkah

Rilis

Penguatan Prokes Jelang PON XX, BNPB Dorong 350 Ribu Masker Kabupaten Mimika

Komunitas

DPD GMNI NTT Desak Kapolda Segera Usut Tuntas Aksi Premanisme di Sumba Timur

Rilis

Gantara Dukung Erick Thohir Jadi Cawapres Ganjar, Ini Alasannya

Rilis

Netralitas ASN, Oknum Camat Dimintai Keterangan Pj Bupati Melaui Sekda Banyuasin

Rilis

Sijago Merah Melalap Beberapa Ruko Milik Yayasan BNKP Kota Gunungsitoli

Rilis

Bea Cukai Kembali Ungkap Penyelundupan Setengah Kilogram Sabu Lewat Barang Kiriman

Rilis

Puluhan Driver Ojek Kota Palembang Deklarasi Gus Muhaimin Presiden
Hubungi Redaksi Disini