Home / Rilis

Selasa, 11 Januari 2022 - 17:26 WIB

Petani Tempirai Keluhkan KUR di BSB Cabang Pendopo.

Joni Karbot - Penulis

PoliticNews.ID-PALI: Ketua Kelompok Tani Tunas Harapan Desa Tempiral Timur kecamatan Penukal Utara, Ikhsan Suharto keluhkan sulitnya untuk mendapatkan kredit usaha rakyat (KUR) masyarakat petani di Bank Sumselbabel (BSB) Cabang Pendopo, Selasa (11/01/2022).

Menurutnya, pihaknya telah berulang kali mengajukan usulan ke BSB Cabang Pembantu Tanah Abang. petani dikelompoknya yang ingin manfaatkan KUR menjadi isapan jempol belaka.

“Kami sangat kecewa karena para petani kesulitan membeli bibit, pupuk dan juga biaya lainnya,” katanya.

Tak hanya itu, kejengkelannya bertambah saat syarat yang sulit dari BSB yang meminta agunan sertifikat kepada calon nasabah.

“Proses seleksi ketat akibatnya anggota saya semua tidak di setujui pinjaman,” jelasnya.

Dia mengatakan keputusan BSB yang memberlakukan para nasabah KUR tidak selaras dengan program Gubernur Sumatera Selatan Sumsel Mandiri Pangan (SMP) yang memprioritas usaha pertanian.

Baca Juga :  Gubernur Mahyeldi dan Forkopimda Sumbar Menjamu Panglima Koarmada I, Tegaskan Pentingnya Sinergitas dalam Menjaga Kedaulatan NKRI

Kemudian menurut dia, sikap BSB tersebut mengangkangi instruksi presiden yang mengeluarkan kebijakan baru terkait plafon KUR tanpa agunan.

Dilansir dari CNN Indonesia, Senin (05/04/21), Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar plafon kredit usaha rakyat (KUR) tanpa jaminan naik menjadi Rp100 juta dari sebelumnya yang sebesar Rp50 juta. Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat terbatas (ratas) di Kompleks Istana Kepresidenan.

“Arahan Pak Presiden (Jokowi) KUR tanpa jaminan yang selama ini angkanya di bawah Rp50 juta untuk ditingkatkan plafonnya menjadi Rp100 juta, yang tanpa jaminan dari Rp50 juta naik jadi Rp100 juta,” ungkap Airlangga, Senin (5/4).

Hal tersebut dikemukakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers usai rapat terbatas di Kantor Presiden, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Baca Juga :  Elemen Masyarakat Tak Terbendung Dukung Ratu Dewa Jadi Walikota Palembang 2024

“Presiden memberikan arahan bahwa kredit UMKM ini ditargetkan di tahun 2024 adalah lebih dari 30%. Jadi dari rata-rata 20% diangkat menjadi lebih dari 30%,” kata Airlangga, Senin (5/4/2021).

Pemerintah juga memutuskan untuk mengerek plafon KUR tanpa jaminan menjadi Rp 100 juta dari yang sebelumnya Rp 50 juta. Pemerintah juga memperbesar kredit UMKM menjadi 20 miliar dari sebelumnya berkisar Rp 500 juta – Rp 10 miliar.

Sementara itu, saat disambangi awak media, Kepala BSB Cabang Pendopo Darmiansyah, SH belum bisa memberikan tanggapannya.

“Kepala Cabang saat ini belum bisa ditemui karena lagi Zoom Meeting laporan akhir tahun,” jawaban Bagian Umum BSB Cabang Pendopo.

Berita ini 115 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Komunitas

Gelar MPAB, IMAPI Kupang Lantik 35 Orang

Rilis

Kunci Pemulihan Ekonomi Melalui Penguatan Kerja Sama BIMP-EAGA

Eksekutif

Pengurus KORMI Kota Pariaman Dikukuhkan, Gubernur Sumbar : Mari Giatkan Berolahraga

Eksekutif

Sambut Tuanku Raja Besar Negeri Sembilan, Gubernur Mahyeldi Yakin Hubungan Sumbar-Malaysia akan Semakin Kokoh

Eksekutif

Lepas Tiga Ribu Peserta Fun Walk Kadin, Gubernur Mahyeldi Minta Kegiatan Olahraga Bersama Masyarakat Digelar Sesering Mungkin

Rilis

Hasiman, Kades Bulu Sema Ketuai Muscab Apdesi Aceh Singkil Ke II

Rilis

Jenderal TNI Dudung Abdurahman Ditunjuk Erick Thohir Jadi Komut PT. Pindad

Legislator

Bamsoet Apresiasi Pelaksanaan Vaksin Booster oleh P3AU, TNI AU dan FKPPI
Hubungi Redaksi Disini