Home / Rilis

Sabtu, 25 September 2021 - 18:17 WIB

Penguatan Protokol Kesehatan Antisipasi Lonjakan Covid-19, 108 Relawan Disiapkan di Merauke

Ollie Wijaya - Penulis

JAKARTA – BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional kali ini memberikan pembekalan kepada 108 relawan di Kabupaten Merauke jelang PON XX Papua. Peningkatan kapasitas relawan ini untuk mendukung penguatan protokol kesehatan (prokes) selama pesta olahraga di tengah pandemi Covid-19.Sebanyak 108 relawan mengikuti materi prokes dan pemanfaatan inaRISK yang diberikan oleh BNPB, Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional, BKR dan Satpol PP setempat. Para relawan akan bertugas untuk melakukan sosialisasi penerapan prokes kepada masyarakat. Ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 maupun mengcegah penyebaran virus, khususnya selama penyelenggaraan Pekan Olah Raga (PON) XX di Papua pada 2 – 15 Oktober 2021.

Baca Juga :  PON XX: BNPB Bagikan 5.000 Masker di Bandar Udara Internasional Sentani

Selain itu, mereka yang berasal dari berbagai organisasi ini bertugas untuk membagikan masker kepada masyarakat umum, termasuk warga yang akan menyaksikan pertandingan olahraga. Pembagian masker dilakukan dengan proaktif yaitu mengoperasikan mobil masker. Di samping itu, relawan akan membuka 5 gerai yang berlokasi di titik-titik yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Pembekalan juga menyasar pada pemanfaatan aplikasi inaRISK. Aplikasi ini akan digunakan untuk menandai secara spasial lokasi-lokasi pendistribusian masker sehingga dapat termonitor pada dashboard inaRISK. Dalam menandai lokasi distribusi, mereka menggunakan telepon selular yang dimiliki dengan memanfaatkan fitur Pelaporan pada aplikasi.

Baca Juga :  Satgas Protokol Kesehatan dan Relawan Perkuat Kedisplinan Masyarakat Jelang PON XX Papua di Mimika

Peningkatan kapasitas yang berlangsung pada hari ini, Sabtu (25/9) di Merauke, diikuti relawan dari organisasi Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdatul Ulama, Muhammadiyah Disaster Management Center, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia, Radio Antar Penduduk Indonesia, Senkom, Organisasi Amatir Radio Indonesia, Badan Amil Zakat Nasional, Palang Merah Indonesia, BPBD Kabupaten Merauke.

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 8 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Sinergi Bank Nagari dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk Pengembangan BUMNAG

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Yakin Kerja Sama KDEKS, BRIN, dan PT XREI akan Memacu Pengembangan Industri Halal di Sumbar

Komunitas

Gerakan Keadilan Rakyat Kembali Menggelar Aksi Di Gedung DPR RI

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Presiden Jokowi Tetapkan 10 Juni Sebagai Hari Kewirausahaan Nasional

Komunitas

Gelar MPAB, IMAPI Kupang Lantik 35 Orang

Rilis

KNPI Sumsel Sebarkan Pesan dan Ajak Turut Jaga Keutuhan Pasca Pemilu

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Tegaskan PPHN Dibutuhkan Guna Menjamin Kesinambungan Pembangunan

Rilis

Presiden Saksikan Pengucapan Sumpah Jabatan Kepala PPATK