Home / Parpol

Minggu, 11 Februari 2024 - 07:27 WIB

Pengamat: PKS Diakui Menjadi Partai yang Konsisten Sebagai Oposisi di Sumbar

Wawan - Penulis

Padang- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Sumatera Barat mengalami momentum baru menjelang pemilihan tahun 2024. Hal tersebut disampaikan oleh Pengamat Politik Universitas PGRI Sumbar, Asril.

“PKS masih menjadi partai pemenang di daerah Sumbar. Dengan 17 partai, termasuk partai pendatang baru, PKS diakui menjadi partai yang konsisten sebagai oposisi di tengah masyarakat, terutama di kalangan generasi muda,”ungkapnya dalam podcast PKSTV Sumbar dikutip, Sabtu (10/2/2024).

Analisis tersebut menurutnya berdasarkan terkait kekecewaan masyarakat terhadap perubahan arah politik Prabowo yang merapat ke pemerintahan, membuat PKS sebagai pilihan yang menonjol.

“Komitmen dan konsistensi PKS sebagai partai di luar pemerintahan menjadikan mereka berada di tingkat atas di Sumatera Barat. Masyarakat, terutama generasi muda, dianggap memahami dan membaca perkembangan media sosial, yang menjadi faktor penentu dalam politik modern,” jelasnya.

Baca Juga :  Perbaikan Berkas BCAD PKS Sumbar telah diterima KPU

Selain itu, penilaian terhadap keberhasilan PKS di Sumatera Barat juga berkaitan dengan perubahan dinamika politik nasional. Kedatangan tokoh seperti Anies Rasyid Baswedan, yang didukung oleh PKS, memberikan angin segar bagi partai tersebut.

“Sumatera Barat akan menyaksikan perubahan signifikan pada tahun 2024, terutama dengan pergeseran suara dari partai lain ke PKS. Meski pada tahun 2019, PKS masih berada di bawah Gerindra di Sumatera Barat,”jelasnya.

Baca Juga :  Partai Buruh Resmi Hadir di Kabupaten TTU

Pandangan optimis muncul seiring dengan adanya keinginan baru dari masyarakat untuk perubahan. Kedatangan tokoh-tokoh baru dan dukungan partai-partai strategis seperti Nasdem menciptakan suasana politik yang baru di Sumatera Barat.

Dengan kekecewaan terhadap pemerintahan sebelumnya dan dorongan untuk perubahan, masyarakat Sumbar memiliki peluang besar untuk memilih partai yang dianggap konsisten sebagai oposisi.

PKS diharapkan dapat memanfaatkan momentum ini dengan menyampaikan program-program yang bertahan dan berpihak kepada masyarakat.

“Tantangan terbesar mungkin adalah merangkul seluruh lapisan masyarakat, termasuk mereka yang belum merasa terwakili dalam struktur partai politik,”pungkasnya. ** / H )

Berita ini 57 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Legislator

Ini Cerita Irsyad Syafar Wakil Ketua DPRD Sumbar Tentang Suka Duka Jadi Aleg

Opini

Perilaku Caleg: Kondang Atau Kondangan

Opini

Abdur Rosyid “Ujang TB Rendy” Merupakan Salah Satu Bacaleg Terbaik Milik Gerindra.

Parpol

PKS Sumbar Luar Biasa, Apresiasi Guru Mengaji Yang Mengajar Lebih 30 Tahun

Parpol

PKS Kota Ambon Target Rebut Kursi Dari Dapil Nusaniwe

Eksekutif

Cegah Kekerasan Perempuan dan Anak, Harneli Mahyeldi : Saat Ini Banyak yang Jauh Dari Agama dan Lupo Alua Jo Patuik

Parpol

Baliho Dirobek, Fatan Lapor ke Bawaslu*

Parpol

Relawan Sahabat Masyon Beserta Kader Pengusung Capres-cawapres Sambut Kehadiran AMIN di Jombang
Hubungi Redaksi Disini