Home / Politic / Rilis

Minggu, 21 April 2024 - 22:05 WIB

Pendaftaran Balon Bupati/Wakil Bupati Bantaeng Dimulai, “Koalisi Rakyat Poros Tengah” Mendadak Rapat

Hasan Habibu - Penulis

Politic News (Butta Toa Bantaeng) : Genderang pilkada telah mulai di tabuh, Dunia nyata maupun dunia maya seakan berlomba memperkenalkan calon masing-masing, masyarakat mulai ramai berbicara dan berdiskusi baik di warkop-warkop ataupun di tempat kerja, siapa yang paling layak memimpin Bantaeng yang berjuluk Butta Toa ini untuk lima tahun kedepan.

Informasi yang sempat di himpun awak media bahwa sudah ada calon kandidat yang mendaftarkan diri di sekretariat partai yang telah membuka pendaftaran lebih awal, baik nama-nama yang sudah terendus sebelumnya maupun nama baru muncul mendaftarkan diri sebagai bakal calon yang di prediksi akan ikut bertarung pada pemilihan perebutan suara rakyat 27 November mendatang. Sebutlah ada Ilham Azikin Mantan Bupati periode sebelumnya yang berpasangan dengan H. Sahabuddin namun kini di kabarkan berpisah, Fatul Fauzi Nurdin anak mantan bupati dua periode, sekaligus mantan gubernur Sulsel Prof. Nurdin Abdullah, Andi Nurhayati yang akrab di sapa Karaeng nano dan Jabal Rahmat (Politisi muda).

Seiring dengan ramainya kandidat yang muncul mendaftarkan diri yang di buka Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada sabtu 20/4/2024 sebagaimana yang di katakan inisiator Koalisi Rakyat Poros Tengah, Bung Nas mengundang personil yang tergabung dalam koalisi untuk melakukan pertemuan. ia mengaku telah banyak permintaan dari beberapa bakal calon dengan koalisi poros tengah yang dipimpinnya, namun selaku penggagas Koalisi, Nasrun Jamal tidak semena-mena menerima permintaan tersebut sebelum duduk bersama untuk mengambil langkah-langkah terbaik selanjutnya. Maka pada hari minggu 21/4/2024 sekitar Jam 14.00 wita Koalisi poros tengah melakukan rapat internal yang di hadiri 21 aktor dan tokoh bertempat diwarkop di Dapoer Lamalaka Bantaeng.

Rapat yang di pandu oleh ketua koalisi menyampaikan komitmen dengan apa yang menjadi tujuan awal yakni mendengarkan aspirasi masyarakat sebagai penyeimbang atau civil society menjelang pelaksanaan pilkada, mengedepankan interaksi dengan berbagai kelompok masyarakat dengan semangat toleransi dan partisipasi dalam proses mengambil kebijakan, sehingga dari beberapa partai yang menyampaikan harapannya kepada poros tengah untuk segera melakukan pendaftaran memerlukan kesepakatan internal terlebih dahulu sebelum lebih jauh mengambil tindakan, apalagi tim yang dia bentuk sesuai dengan adat Butta Toa, Yakni adat sampulo anrua ( Adat 12) berjumlah 12 orang yang mana belum sepenuhnya hadir untuk di mintai pendapatnya tentang adanya kriteria tersendiri yang harus di ikuti untuk memberikan peenilaian seorang calon yang bakal di dorong nantinya sebagaimana hasil kesepakatan bersama, tandasnya.

Merespon Dinamika Politik Terbaru, Koalisi Rakyat Poros Tengah Duduk Bersama

Dari beberapa bakal calon Bupati dan wakil bupati, Koalisi Poros Tengah baru satu orang yang intens berkomunikasi yaitu Dr. AKP. Syahiruddin Latif, SH.,MH (ketua Peradi SulTra) hingga hari ini, hadir sebagai bakal calon poros tengah yang di gadang-gadang akan ikut meramaikan pilkada di Butta Toa Bantaeng. Bahkan menyinggung nama Kr Imran Maswalle sebagai salah satu bakal calon wakilnya, namun nama lain yang ikut tergabung sebagai balon wakil ada pula H. Ramli yang saat ini menjabat sebagai kepala Desa Bonto Maccini Kecamata Sinoa, ujar Rahmat Saleh salah seorang anggota tim yang tergabung. Namun dari kedua nama tersebut hanya kr Imran yang terlihat hadir di tengah-tengah peserta rapat. Nama bakal calon wakil selain yg di sebutkan, bisa saja berkembang seiring berprosesnya waktu, sama halnya balon bupati yang telah di sebutkan bisa pula berubah tergantung dinamika yang ada, dalam sebuah politik apapun bisa terjadi, baik yang kita persiapkan ataupun dengan alasan lain ujar salah seorang tim poros tengah. Namun hingga kini nama Dr. Syahiruddin masih tetap bertenggerb dan menunggu kepastian dari beliau dalam waktu dekat mengingat proses pendaftaran telah di mulai dan semakin mepet tuturnya menambahkan.

Usai sholat ashar, rapat kembali di lanjutkan, berbagai tanggapan lahir dari para aktor yang terlibat menanggapi narasi yang sempat tertunda karena harus melaksanakan ibadah sholat, menanggapi calon yang di usung kedepan lewat jalur partai atau independen dalam, opsi kedua akan kemana KRPT memberikan dukungan jika komunikasi awal batal untuk maju, beragam reaksipun hadir dari gabungan poros tengah merespon hal-hal tersebut, Diskusi muncul karena Adanya issu yang mengatakan bahwa Dr. Syahiruddin gagal untuk maju karena menjadi salah satu tim pemenangan pilkada di kendari, tetapi di bantah oleh Rahmat Saleh dan menyatakan bahwa Doktor Syahiruddin tetap konsisten untuk ikut meramaikan bursa pencalonan dan di pastikan ikut mendaftar di KPU, baik lewat Partai ataupun melalui jalur independen pangkasnya meyakinkan.

Baca Juga :  Bertolak ke Roma,Presiden Jokowi Akan Hadiri KTT G20

Ketua Poros tengah yang memimpin rapat tetap konsisten melalui KRPT ini bahwa posisinya sebagai lembaga pencerah, edukasi dan penyeimbang dalam pilkada kedepan atau civil society, mendengarkan arus suara dari bawah meminta saran dari para Tokoh dan intelektual yang ada, untuk bersama mewujudkan harapan besar bersama mereka yang menghendaki adanya perubahan, karena poros tengah merupakan perwakilan masyarakat yang personilnya dari berbagai unsur. adanya suara masyarakat menginginkan Akp Syahiruddin yang berhembus kuat sehingga menunggu kepastian dari beliau sebelum mengambil jalan lain yang akan di tempu, berhubung saat ini Dr. Syahiruddin masih ada di kendari. Iapun melanjutkan bahwa adanya komunikasi terdahulu dengan Dr Syahiruddin sehingga harus menunggu kepastian dari yang bersangkutan siap atau tidak, batal atau lanjut, yang jelasnya KRPT konsisten untuk itu, lebih jauh Bung Nas mengatakan jika berkacamata dalam pilpres siapa yang sangka Prabowo dengan Muhaimin Iskandar akan berpisah mereka bersama mendaftarkan Partai ke KPU dan sudah bersama kurang lebih setahun, siapa yang menduga Anis Baswedan akan bercerai dengan AHY yang sudah cair dalam komitmen bersama dan siapa yang tidak kaget dengan situasi Jokowidodo dan megawati semuanya bisa terjadi secara mendadak dan tiba-tiba, demikian pula di poros tengah ini apapun bisa terjadi, bedanya hanya mengembalikan ke suara masyarakat yang sebelumnya menitipkan pesan itu, terangnya. 

Informasi lain datang dari Ir, Juslan yang menyatakan bahwa Dr. Syahiruddin meminta ijin ke Jakarta dengan suatu keperluan namun sehari setelahnya tiba-tiba menyampaikan untuk tidak maju, iapun berharap kepastian dari info tersebut benar atau tidak karena jika mengacu dari awal dan kita dengar bersama secara lisan di sampaikan kesiapannya, sehingga jika memang kabar pembatalannya benar maka harus pula di sampaikan secara lisan dihadapan KRPT agar informasinya valid dan bisa di pahami ujarnya. Menurutnya apapun yang terjadi kedepan kita harus tetap hadir sebagai penyeimbang dan memberikan edukasi serta pencerahan kepada masyarakat yang terlanjur cinta terhadap KRPT ini, tambahnya.

Baca Juga :  9 Orang Mahasiswa/Mahasiswi UIN Imam Bonjol Magang di PKS TV Sumbar

Karaeng Imran Maswalle yang hadir dalm forum tersebut menyampaikan bahwa Poros Tengah lahir bukan mencari Dendam tetapi mencari kesamaan kriteria, kehadirannya dalam rapat ini berniat untuk menang siapapun yang di usung koalisi poros tengah menjadi salah satu tanggung jawab bersama dan kami ikut dengan keputusan yang secara resmi di sepakati, jika memang di harapkan berpasangan dengan Dr, Syahiruddin Latif kami siap demi sebuah amanah, tetapi beliau akui bahwa bukan satu-satunya yang ada dan siap, tetapi inti hadirnya poros tengah harus ada calon yang di usung bersama untuk di menangkan, iapun menjelaskan bahwa kita harus memahami apa yang di butuhkan oleh masyarakat Bantaeng dan itu menjadi salah satu poin menurut hemat beliau, tuturnya kepada media Politic News.

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 115 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Legislator

Terima CEO Aspen Medical Group Indonesia, Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Kerjasama Pembangunan Rumah Sakit Internasional di Indonesia

Rilis

Ingatkan Para Pelajar !! Satlantas Polresta Pati Berikan Edukasi Terkait Berlalu Lintas

Eksekutif

Pemprov Sumbar Distribusikan 83 Hewan Kurban untuk Daerah Terpencil

Rilis

Bea Cukai Kembali Ungkap Penyelundupan Setengah Kilogram Sabu Lewat Barang Kiriman

Rilis

Bertemu PM Modi, Presiden Jokowi Bahas Kerja Sama Kesehatan Hingga Pemulihan Ekonomi

Eksekutif

Efriedi Dilewakan sebagai Rajo Dubalang Pucuk Adat Simpang Tonang, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Soal Pembinaan Anak dan Kamanakan

Eksekutif

Rakerda KONI Sumbar Digelar, Kadispora: Pemprov Akan Mendukung Penuh

Rilis

Operasi Pekat Polres Kudus,Guna Menjaga Kondusifitas Wilayah Kudus