Home / Eksekutif

Senin, 27 Mei 2024 - 18:34 WIB

Pemprov Sumbar Gelar Parade Seni Budaya Minangkabau di Jakarta untuk Promosikan Keelokan Budaya Lokal

Wawan - Penulis

JAKARTA – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) menggelar parade seni budaya Minangkabau di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Jakarta. Minggu (26/5/2024). Secara bergilir, pakaian adat, tarian, dan musik tradisional khas Minangkabau dipertontonkan dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan yang merupakan bagian dari buah kerjasama antara PT Angkasa pura II dengan Forum Komunikasi Penghubung Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (FORKAPSI) tersebut, dibuka langsung oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah dengan didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Prov. Sumbar, Ny. Harneli Mahyeldi.

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi menegaskan pemerintah perlu menfasilitasi promosi dan pelestarian adat budaya nusantara. Sebab, hal itulah yang menjadi salah satu perekat persatuan dan kesatuan bangsa hingga sekarang.

Baca Juga :  Jubir Timnas AMIN Konsolidasikan Relawan di Belanda

“Ini adalah wujud dari tanggung jawab kami selaku pemerintah dalam rangka mendukung kelestarian adat dan budaya bangsa,” tegas Mahyeldi.

Gubernur berharap, kegiatan parade tersebut tidak hanya sebatas kegiatan seremonial tapi bisa berdampak positif untuk sektor pariwisata daerah.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Penghubung Sumbar, Aschari Cahyaditama mengungkapkan salah satu tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut disamping untuk memperkenalkan Budaya Minangkabau, juga sekaligus untuk mempromosikan sektor pariwisata Sumbar kepada masyarakat luas.

Menurutnya itu sesuai dengan semangat Pemerintah Provinsi yang dituangkan kedalam program unggulan daerah, yakni meningkatkan angka kunjungan wisata ke Sumbar.

Baca Juga :  Gubernur Mahyeldi : Selasa Besok Presiden Akan Meninjau Korban Bencana ke Sumbar

“Targetnya, tidak hanya domestik, tapi juga mancanegara,” tegas Aschari Cahyaditama.

Menurutnya, selama ini masyarakat luas mengenal Pariwisata Sumbar karena keindahan alam dan kulinernya. Kedepan, pihaknya berupaya agar Sumbar juga dikenal karena keelokan budayanya.

Pelaksanaan parade seni budaya Minangkabau, diawali dengan kegiatan kirab budaya di kawasan bundaran Hotel Indonesia yang diikuti oleh seratusan peserta yang berasal dari Bundo Kanduang di Provinsi DKI Jakarta dan beberapa orang perwakilan dari Badan Penghubung Se-Indonesia. (adpsb/h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 11 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Direktur LKAK Viktus Murin: “Sama-sama Konyol, Sikap MKD DPR dan Pengadu Ketua MPR RI”

Eksekutif

Buka Rakerda Apersi, Gubernur Mahyeldi Ingin Kuantitas dan Kualitas Perumahan bagi Warga Sumbar Terus Ditingkatkan

Eksekutif

Nikmati Liburan Keluarga di Pantai Air Manis, Gubernur Mahyeldi Ajak Imbau Pentingnya Menjaga Kebersihan dan Kenyamanan

Eksekutif

Buka Kejora Smanla Cup I, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Membangun Jiwa dan Raga Pelajar Sumbar

Eksekutif

Peletakan Batu Pertama TPQ/MDA Masjid Nurul Istiqlal, Gubernur Mahyeldi : Wadah Membentuk Generasi Qurani

Eksekutif

Anggaran Tanggap Darurat Bencana, Ini Kata Kepala Bappeda Sumbar

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Salurkan Bantuan Ribuan Ekor Ternak dan Alat Pertanian untuk Masyarakat Payakumbuh dan Lima Puluh Kota

Eksekutif

Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Sumbar Berharap Kinerja Biro Adpim Meningkat Pasca Kegiatan Capacity Building