Home / Eksekutif

Jumat, 24 Mei 2024 - 14:07 WIB

Pemprov Sumbar Gandeng APDI untuk Pemetaan Daerah Rawan Bencana

Wawan - Penulis

PADANG, – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah menyambut baik dukungan Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) untuk membantu pemetaaan daerah rawan bencana di Sumbar menggunakan drone. Menurut Gubernur, itu sangat dibutuhkan untuk mengidentifikasi potensi kebencanaan pada wilayah pegunungan di Sumbar.

“Selama ini untuk pengamatan potensi bencana, kita baru mengandalkan pandangan mata dan citra satelit. Alhamdulillah sekarang teman-teman APDI bersedia membantu dengan drone ,” ungkap Mahyeldi.

Hal tersebut dikatakan Gubernur usai menerima Ketua Regional APDI Sumbar di Istana Gubernuran Sumbar, Kamis (23/5/2024).

Ia berharap dengan adanya dukungan APDI, pemetaan dan analisis kebencanaan di Sumbar bisa menjadi lebih detil dan akurat. Akibatnya kebijakan dan intervensi yang dikeluarkan pun bisa lebih tepat.

Baca Juga :  Provinsi Sumbar Berhasil Terpilih Sebagai Nominasi TPID Berkinerja Terbaik Kawasan Sumatera

“Dengan adanya dukungan foto dan video beresolusi tinggi, kita berharap analisis kebencanaan di Sumbar bisa lebih akurat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Regional APDI Sumbar, Dr. Nofi Yendri Sudiar mengatakan pertemuannya dengan Gubernur untuk menawarkan bantuan pemetaan wilayah yang berpotensi bencana menggunakan dokumentasi drone, merupakan bentuk tanggung jawab moral APDI terhadap daerah.

“Kita ingin membantu pemerintah mendapatkan data visual berupa foto dan video sekaligus titik koordinat daerah rawan atau yang tengah dilanda bencana di Sumbar,” ungkapnya

Diketahui, tidak semua wilayah di Sumbar bisa di akses secara langsung, baik dengan berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan. Sehingga perlu dukungan teknologi agar pemetaannya menjadi lebih akurat.

Baca Juga :  Wagub Sumbar Audy Joinaldy dan Plt Gubernur Lemhanas Berdiskusi Lepas di Sela Jamuan Makan Malam

“Dengan drone, pemerintah bisa mendapatkan hasil pengamatan yang lebih cepat, jelas, dan detail. Untuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan,” tukuknya.

Sebelumnya, APDI juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa instansi pemerintah seperti BPN dalam program pendataan dan pemetaan wilayah.

Tampak hadir mendampingi Gubernur dalam pertemuan tersebut, Kalaksa BPBD Sumbar, Rudi Rinaldi; Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Dedi Diantolani; Kepala Bappeda Sumbar, Medi Iswandi; dan Kepala Biro Adpim Setda Prov Sumbar, Mursalim. (adpsb/h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 10 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Dirut Perumda Air Minum Kota Padang Tinjau Pekerjaan Perbaikan Mercu pada Intake Palukahan

Eksekutif

Bakar Semangat Mahasiswa Baru UBH, Gubernur Mahyeldi : Jadilah Bung Hatta Baru

Eksekutif

Ketum PMI Jusuf Kalla Sematkan Penghargaan Satya Lencana PMI untuk Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah

Eksekutif

Halal Bihalal IKA Tanjung Barulak, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Jembatan Hati Ranah dan Rantau

Eksekutif

Pemdes Taja Mulya dan Taja Raya 1 Giat Gotong Royong Bersama Menuju Batasan Desa

Eksekutif

Persiapan Rampung 100 persen, Penas Tani XVI Tahun 2023 Siap Digelar

Eksekutif

Pemprov Sumbar dan FIELD Jalin Kerja Sama, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Pentingnya Pertanian Ramah Lingkungan

Eksekutif

Rektor Unand 2023-2028 Dilantik, Wagub Audy Berharap Kolaborasi Pemprov Sumbar dan Unand Semakin Meningkat