Home / Rilis

Senin, 1 November 2021 - 20:52 WIB

Panglima TNI Meminta KSAD Lepas Presiden, Pertimbangan Senioritas

Ollie Wijaya - Penulis

JAKARTA : Momen Kepala Staf Angkatan Udara (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa melepas kepergian Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Italia mengundang beragam tafsiran, mengingat saat ini publik tengah menantikan sosok pengganti Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, yang akan pensiun.

Hadi menjelaskan kehadiran Andika saat Presiden Jokowi hendak di bertolak ke Eropa adalah permintaannya. Hadi saat itu tak dapat mengantarkan Presiden Jokowi lantaran harus terbang ke Singapura untuk menerima penghargaan dari Presiden Singapura, YM Halimah Yacob.

“Saat itu, ketiga kepala staf ada di tempat, KSAD, KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) dan KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara),” ucap Hadi, Senin (1/11/2021).

Baca Juga :  Hadir Dalam Peringatan Hari Jadi Mentawai, Wagub Sumbar Ingatkan Pentingnya Pembangunan SDM

Hadi menjelaskan Andika merupakan yang paling senior di antara KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Andika merupakan alumnus Akabri 1987, Yudo alumnus Akabri 1988-A dan Fadjar alumnus Akabri 1988-B.

“Untuk senioritas, KSAD paling senior, Angkatan 87. Sedangkan KSAL 88 A dan KSAU 88B. Agar tidak ada ketersinggungan, saya minta yang paling senior yang mewakili,” terang Hadi.

Baca Juga :  Bupati H. Askolani Lantik 47 Kades Zona II di Kecamatan Suak Tapeh

Hadi menyampaikan hal yang sama juga dilakukan panglima-panglima TNI sebelum dirinya. “Hal ini dilakukan sama seperti yang dilakukan pendahulu-pendahulu saya,” terang Hadi.

Seperti diketahui, Jokowi tengah mencari calon panglima TNI baru menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang pensiun bulan depan. Saat ini, belum ada keputusan dari Jokowi, bahkan surat presiden (surpres) calon panglima TNI baru belum dikirimkan ke DPR RI.

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 14 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Rilis

Hanya 5 Hari, Perampokan Bersenpi Di Cilacap Diungkap Polda Jateng dan Jajaran

Eksekutif

PNS Berprestasi Ditetapkan, Gubernur Mahyeldi Imbau Pelayan Publik Terus Berinovasi

Legislator

Terima Ketua Parlemen Korea Selatan, Bamsoet Dorong Optimalisasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Korea

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Dukung 10 Persen APBN untuk Dana Desa

Rilis

Ketua KPU Banyuasin : SMSI Mitra Kerja Informasi Publik

Rilis

Provinsi Sumbar Bakal Punya Perda Penyelenggaraan Penyiaran

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Tegaskan Perhutanan Sosial Harus Maksimal Meningkatkan Pendapatan Petani

Eksekutif

Wagub Sumbar nilai perantau punya peran penting kembangkan industri kerajinan