Home / Rilis

Kamis, 4 November 2021 - 15:05 WIB

Panglima Hadi Buka Suara soal Calon Penggantinya di Pimpinan TNI

Ollie Wijaya - Penulis

JAKARTA : Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun dalam waktu dekat. Setidaknya sejauh ini ada dua nama muncul yang kemungkinan bakal menggantikannya sebagai panglima TNI seperti KSAD Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Laksamana Yudo Margono.

Ditanya soal sosok seperti apa yang tepat untuk menggantikannya, Marsekal Hadi enggan menyebutkan secara spesifik. Ia mengatakan, nama penggantinya masih belum diajukan.

“Kan masih belum diajukan masih, tar lagi lah,” kata Hadi usai rapat tertutup soal vaksinasi dengan Kapolri dan Forkopimda Aceh di Anjong Mon Mata Komplek Pendopo Gubernur Aceh, Selasa (2/11).

Sebelumnya, DPR mengaku belum menerima Surat Presiden (Surpres) soal nama calon pengganti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun dalam waktu dekat.

Baca Juga :  PNS Golongan Ini Dapat Tunjangan Dari Jokowi

“Sampai detik ini, saya belum cek ya, setahu saya belum (terima Surpres Panglima),” kata Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Cak Imin memperkirakan Presiden Joko Widodo bakal mengirimkan Surpres Panglima dalam waktu dekat. “Kalau lihat pensiunnya, November ya, mungkin satu dua hari ini saya kira ada keputusan,” tuturnya.

Politikus PKB itu mengatakan, DPR tidak mempersoalkan sosok pengganti Hadi. Menurutnya, siapapun yang diusulkan oleh Presiden pastinya memiliki kapabilitas sebagai Panglima TNI.

Hingga saat ini, sejumlah nama dalam bursa pergantian Panglima TNI banyak berhembus. Dua orang yang digadang jadi panglima mencuat ke publik. Mereka adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono.

Baca Juga :  Gantikan Marsdya Gustaf Brugman, Marsda Kusworo Resmi Jabat Aspers Panglima TNI

Yudo dianggap punya potensi besar menjadi Panglima TNI selanjutnya jika Jokowi dan DPR menggunakan pendekatan normatif regulatif.

Pendekatan itu mengacu pada Pasal 13 ayat (4) Undang-Undang TNI, yang mengamanatkan jabatan panglima dijabat secara bergantian antarmatra.

Namun demikian, peluang Andika juga dinilai besar. Ia banyak didukung oleh anggota Komisi I DPR RI. Misalnya, dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon, Fraksi Gerindra Fadli Zon, hingga Fraksi Demokrat Syarief Hasan.

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 13 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Politic

Datang Dari Berbagai Pelosok, Peserta Dialog Koalisi Rakyat Poros Tengah, Membludak

Legislator

Ketum PBNU Gus Yahya dan Dubes Fadjroel Menghadiri Kongres Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional di Kazakhstan

Legislator

Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2024, Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi Ditandatanganinya Perpres Hak Cipta Penerbit

Rilis

Kontak Tembak Terjadi Lagi di Kiwirok, 1 Prajurit TNI Gugur

Rilis

Sultan Paser XVIII Foundation Angkat dan Undang Investor dengan Konsep Pengawalan Nusantara City dalam Program IKN

Rilis

Presiden Jokowi Bahas Situasi Dunia dengan Presiden Dewan Eropa

Eksekutif

Penyandang Disabilitas Sumbar Juara Nasional dan Diutus ke Korsel, Gubernur Mahyeldi : Sangat Inspiratif dan Membanggakan

Komunitas

Situasi Memanas Jelang RUA IMAPI, Verry Mutis Harap Anggota Jaga Soliditas dan Rasa Persaudaraan