Home / Rilis

Rabu, 29 September 2021 - 15:28 WIB

Pangkostrad Jawab Tudingan Gatot Nurmantyo soal Hilangnya 3 Patung di Museum Kostrad

Ollie Wijaya - Penulis

JAKARTA – Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman angkat bicara ihwal pernyataan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo yang menyebut pihaknya menghilangkan patung sejumlah tokoh negara di Museum Darma Bhakti Kostrad.

Dudung mengakui sebelumnya terdapat tiga patung di dalam museum tersebut. Patung-patung tersebut dibuat pada masa Pangkostrad Letjen TNI (Purn) AY Nasution (2011-2012).

“Kini patung tersebut, diambil oleh penggagasnya, Letjen TNI (Purn) AY Nasution yang meminta izin kepada saya selaku Panglima Kostrad saat ini,” ujar Dudung.

Dudung pun mengaku menghargai permintaan tersebut. Menurut dia, AY Nasution merasa amat berdosa lantaran telah membuat patung. “Jadi, saya tidak bisa menolak permintaan yang bersangkutan,” katanya.

Baca Juga :  Sambut Tuanku Raja Besar Negeri Sembilan, Gubernur Mahyeldi Yakin Hubungan Sumbar-Malaysia akan Semakin Kokoh

Dudung menolak jika penarikan patung tersebut dikatakan sebagai upaya melupakan sejarah pemberontakan G30S/PKI. Dudung menegaskan, baik dirinya dan AY Nasution memiliki komitmen yang sama untuk tidak sama sekali melupakan sejarah.

“Itu sama sekali tidak benar. Saya dan Letjen TNI (Purn) AY Nasution mempunyai komitmen yang sama tidak akan melupakan peristiwa terbunuhnya para jenderal senior TNI AD dan perwira pertama Kapten Piere Tendean dalam peristiwa itu,” jelasnya.

Baca Juga :  Ramlan Holdan´╝ÜKetua Harus Memiliki Logistik Kalau Tidak Memiliki Logistik Bagaimana Kita Berperang

Dia mengatakan, foto-foto yang berkaitan peristiwa serta barang-barang milik eks Panglima Kostrad Soeharto saat peristiwa 1965 itu masih tersimpan dengan baik di museum tersebut.

“Hal ini sebagai pembelajaran agar bangsa ini tidak melupakan peristiwa pemberontakan PKI dan terbunuhnya pimpinan TNI AD serta Kapten Piere Tendean,” pungkasnya.

Berita ini 23 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Legislator

Buka Musyawarah Wilayah II Pemuda Pancasila Provinsi Maluku, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Bangun Narasi Kebangsaan

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Usulan Gubernur Lemhannas Dibentuknya Angkatan Ke-4 Siber

Parpol

Partai Buruh Resmi Hadir di Kabupaten TTU

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet: Rapim Pimpinan MPR RI Bahas Sidang Paripurna MPR RI, Gempa Cianjur hingga Forum MPR Dunia

Rilis

Diduga Lecehkan Sesama Profesi, Puluhan Wartawan Geruduk Kantor Media Harian Banyuasin

Eksekutif

Cerita Inspiratif Pemuda Berprestasi Sumbar Tahun 2023

Rilis

Ketua KONI Sumbar Apresiasi Perjuangan Cabor Sepakbola

Eksekutif

Curhatan Masyarakat Air Bangis Saat Bertemu Gubernur : Takut Pulang Jiwa Akan Terancam Kalau Belum Ada Hasil
Hubungi Redaksi Disini