Home / Legislator

Sabtu, 18 September 2021 - 20:40 WIB

Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Sektor Perikanan dan Perikanan Budidaya Harus Dapat Perhatian dan Dorongan

Syafridhani Smaradhana - Penulis

PoliticNews.ID – Ambon :Demi meningkatkan kesejahteraan nelayan Maluku, sektor perikanan, termasuk sektor perikanan budidaya harus mendapatkan perhatian dan diberikan dorongan.”

Demikian disampaikan oleh Aleg DPR RI, Saadiah Uluputty, saat melakukan Kunjungan Kerja di Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon, Jumat (10/9/2021).

Didampingi Kepala BPPP Ambon, Abubakar dan Kepala SUPM Ambon, Ahmad Jais Ely, Saadiah Uluputty melakukan panen udang jenis Vaname, yang merupakan hasil budidaya pada tambak budidaya intensive milik BPPP Ambon.

Menurut politisi PKS yang juga Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi Bidang Kelautan dan Perikanan ini, pihaknya ingin mendorong sektor perikanan, termasuk sektor perikanan budidaya. Dorongan ini merupakan upaya mendukung ketahanan pangan nasional melalui sektor budidaya perikanan di Maluku, sekaligus dalam rangka menyambut program “Lumbung Ikan Nasional (LIN)” di akhir Tahun 2021.

Kunker Anggota Komisi IV DPR RI Saadiah Uluputty di BPPP Ambon. 

Melalui program ini, dirinya berharap dapat memperbaiki tingkat kesejahteraan nelayan Maluku, terutama nelayan-nelayan kecil, serta petambak budidaya yang berskala kecil, diantaranya budidaya ikan di Keramba Jaring Apung (KJA) dan pembudidaya udang vaname.

“Kita dorong pembudidaya-pembudidaya berskala kecil agar mandiri, dengan harapan dapat memberikan kesejahteraan kepada mereka. Nantinya, para pembudidaya itu harus dilatih di BPPP Ambon, karena BPPP Ambon memiliki para pelatih yang profesional di bidang budidaya perikanan,” ujarnya.

Baca Juga :  Bamsoet Ajak Masyarakat Tidak Golput dalam Pemilu 2024

Sementara itu, Kepala BPPP Ambon Abubakar mengatakan, tugas utama BPPP Ambon adalah melatih dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat perikanan. Masyarakat yang dilatih nantinya menjadi tenaga teknis bidang perikanan yang terampil melakukan budidaya yang baik. Selanjutnya mereka dapat melakukan usaha budidaya secara mandiri, dibawah bimbingan BPPP Ambon melalui para tenaga penyuluh yang tersebar di wilayah kerja BPPP Ambon, yang meliputi Provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Abubakar berharap, Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS Dapil Maluku ini dapat mendorong penuh budidaya menjadi salah satu sektor unggulan perikanan selain perikanan tangkap, dan berkolaborasi memajukan pembudidaya skala kecil di Maluku, secara khusus dalam rangka menyongsong suksesnya Program Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (M-LIN).

Baca Juga :  Program Pemberdayaan Ekonomi Generasi Muda Jadi Prioritas Aleg Fraksi Gerindra Maluku, Hatta Hehanussa

Menurutnya, program M-LIN tersebut bukan saja berkaitan dengan bidang perikanan tangkap, namun bidang budidaya perikanan juga harus menjadi tumpuan dan harapan utama ke depan dalam meningkatkan produksi perikanan.

“Lahan yang tersedia masih sangat besar,  seluas 183rb ha lahan budidaya laut, 36rb ha lahan budidaya tawar dan 191rb ha lahan air payau. Sementara pemanfaatan lahan-lahan tersebut masih sangat minim, masih dibawah sepuluh persen,” pungkasnya.*

Berita ini 47 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Legislator

Sosialisasi Empat Pilar bagi Keluarga Angkatan Darat, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Perkuat Ideologi Pancasila di Kalangan Generasi Muda Bangsa

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Badan Permusyawaratan Desa Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa

Legislator

Dukung AHY, Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Pemerintah Berantas Mafia Tanah

Eksekutif

Audy Joinaldy: Mentawai Punya Beragam Kekayaan Selain Pantai

Legislator

Terima Pengurus Perkumpulan Pengusaha Disabilitas Indonesia, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Perekonomian Nasional

Legislator

Buka Rakornas II Pemuda Batak Bersatu (PBB), Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Rawat Nilai-Nila Kearifan Lokal

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Peningkatan Iklim Investasi Melalui Bank Tanah

Legislator

Hadiri Soft Launching Tambang Digital Indonesia, Bamsoet Ingatkan Potensi Indonesia Menjadi Pusat Ekonomi Digital Dunia