Home / Eksekutif / Rilis

Jumat, 10 Juni 2022 - 19:09 WIB

Menteri Basuki dan Dubes Fadjroel Hadiri International High-Level Conference on the International Decade for Action “Water for Sustainable Development”, 2018-2028

KM - Penulis

 

DUSHANBE–Pemerintah Tajikistan menjadi tuan rumah kegiatan International High-Level Conference on the International Decade for Action “Water for Sustainable Development”, 2018-2028 yang adakan pada tanggal 6-9 Juni 2022.

Konferensi ini akan menghasilkan tiga dokumen: Ringkasan Bersama Tingkat Pimpinan (Co-chairs’ Summary), Deklarasi Akhir (a Final Declaration) yang akan diadopsi oleh perwakilan negara dan organisasi yang berpartisipasi, dan Agenda Aksi dan Kemitraan (a Call for Action and Partnership) yang disiapkan oleh Sekretariat Konferensi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan Keynote Speech pada acara K-Water’s Side Event Global Water Leaders Seminar: Water, Climate Change and Capacity Building di Dushanbe, Tajikistan pada Selasa (7/6/2022).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kebutuhan air meningkat secara signifikan karena urbanisasi yang cepat, populasi yang terus bertambah, dan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Di sisi lain, ketersediaan air semakin terbatas.

Baca Juga :  Kepala dinas DPMD Sumatra Barat , Menyerahkan Penghargaan LPM Award

“Isu perubahan iklim, sumber air tanah yang terkuras, serta kondisi sungai dan danau yang tercemar juga menambah tekanan lebih lanjut pada masalah krisis air. Kita akan mampu bertahan dari tantangan tersebut apabila kita dapat mengoptimalkan air yang tersedia serta mengoptimalkan adaptasi terhadap perubahan iklim,” ungkap Menteri Basuki.

Selain itu, Menteri Basuki mengajak setiap negara di dunia agar mempersiapkan pengembangan kompetensi insinyur-insinyur muda agar mampu menjawab tantangan-tantangan bidang sumber daya air global.

“Perlu dipikirkan bagaimana kita dapat merancang pengembangan kapasitas dan pendidikan yang dibuat khusus untuk mempersiapkan insinyur muda dan memungkinkan berjalannya regenerasi yang lebih baik,” terang Menteri Basuki.

Baca Juga :  Beri Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Alumni ITB di Lemhannas, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Seluruh Elemen Bangsa Perkuat Wawasan Kebangsaan

Menteri Basuki juga mengundang seluruh peserta untuk menghadiri World Water Forum 2024 di Bali. “Selain menghadiri World Water Forum 2024, kami juga mengajak seluruh keluarga peserta untuk menikmati keindahan alam dan budaya Indonesia”, ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Kazakhstan dan Republik Tajikistan, Dr. M. Fadjroel Rachman mengatakan bahwa air adalah sumber kehidupan oleh karena itu semua pihak di dunia harus memikirkan dan melakukan aksi untuk tata kelola air yang lebih baik. “Air adalah sumber kehidupan. Melupakan masa depan air berarti melupakan masa depan umat manusia,” tutur Dubes Fadjroel. (*)

 

Berita ini 23 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Rilis

Paripurna DPRD Banyuasin Kembali Tak Kourum, 7 Bulan Tunjangan Transportasi dan Perumahan Belum Dibayarkan

Rilis

Pemerintah: Vaksin Booster Hanya untuk Tenaga Kesehatan

Eksekutif

Hadiri Sosialisasi Pemilu 2024, Sekda Hansastri Imbau Masyarakat Sumbar Manfaatkan Hak Pilih

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Bakar Semangat Masyarakat Kota Dumai Melalui Kisah Inspiratif Dirinya

Komunitas

GANJAR JAWAB PERTANYAAN DPD FRONT KEBANGSAAN KALIMANTAN BARAT TENTANG IKN

Eksekutif

Wagub Sumbar nilai perantau punya peran penting kembangkan industri kerajinan

Rilis

GmnI, PMII dan GMKI Kota Ambon ada untuk Perdamaian di Maluku

Rilis

Putra Mahkota M Syarif Hidayatullah Askolani  Hadiri Pelantikan Pengurus Karang Taruna