Home / Eksekutif / Pemilihan / Tokoh

Senin, 30 Oktober 2023 - 17:03 WIB

Lantik Taruna-Taruni SMK 1 Koto Baru Dharmasraya, Gubernur Mahyeldi Sebut Pentingnya Pelajar Berkarakter Disiplin dan Berjiwa Nasionalis

Wawan - Penulis

DHARMASRAYA, Politicnews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi pola pendidikan karakter berbasis taruna yang diterapkan di SMK Negeri 1 Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya. Menurut Gubernur, pola tersebut bakal menghasilkan lulusan yang berkarakter, disiplin, dan penuh semangat nasionalisme.

Hal itu disampaikan Gubernur saat menjadi Inspektur Upacara pada Pelantikan Taruna-Taruni Angkatan VI di Lapangan Bhineka Tunggal Ika SMK Negeri 1 Koto Baru, Senin (30/10/2023). Kegiatan itu juga dibarengi dengan pelaksanaan job fair serta Pagelaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kearifan Lokal Minangkabau.

“Saya sangat bangga dengan pelaksanaan pendidikan karakter berbasis ketarunan di SMK kita ini. Sebab kerapian dan kedisiplinan adalah salah dua syarat untuk mencapai keberhasilan. Tanamkan hal demikian dengan optimis, sehingga SMK ini akan menjadi contoh bagi SMK dan SMA lain di Sumbar,” kata Gubernur.

Baca Juga :  Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi Indonesia

Menurut Gubernur, pendidikan karakter sangat dibutuhkan di sekolah. Sebagaimana SMKN 1 Koto Baru telah menerapkan pendidikan karakter dengan pola ketarunaan, yang menerapkan prinsip kemiliteran.

“Tentu ini bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik kita. Khususnya terkait dengan kedisiplinan serta mental yang lebih baik. Pemprov Sumbar sangat mendukung terselenggaranya pendidikan karakter berbasis ketarunaan di SMK 1 Koto Baru,” ujarnya lagi.

Gubernur juga mengapresiasi status SMK N 1 Koto Baru sebagai salah satu sekolah unggulan di bidang agribisnis, khususnya untuk pengembangan tanaman perkebunan kelapa sawit, yang juga memprakarsai penyelenggaraan job fair dengan menjalin kerja sama dengan dunia kerja dan dunia industri.

Baca Juga :  Pemprov Sumbar Terus Kebut Penyaluran Bantuan bagi Warga Terdampak Banjir di Sejumlah Kabupaten/Kota

Selain itu, Gubernur juga menyampaikan upaya implementasi program pemerintah dalam bidang pendidikan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) tentang Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang bertujuan untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter pelajar.

“Agar ke depan pelajar kita memiliki profil pelajar Pancasila. Saya sangat bangga dan berterimakasih kepada Kepala Sekolah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, serta masyarakat yang telah mendukung berjalannya program-program pendidikan di sekolah ini,” ujarnya lagi.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut, Gubernur juga menyematkan tanda pelantikan bagi para taruna-taruni, didampingi oleh Kepala Dinas Provinsi Sumatera Barat, Bupati, Danramil, Kapolres, Kepala SMK Negeri 1 Koto Baru, orang tua pelajar, serta Perwakilan Taruna-Taruni. (adpsb/**/ H)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 61 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Fokus Tekan Stunting di Mentawai, Gubernur Mahyeldi : Kesehatan Anak  Investasi Tak Ternilai bagi Bangsa

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Jamu Keturunan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi, Berbagai Peluang Kerja Sama Dibahas

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Sambut Baik Pengembangan Pabrik Pengolahan CPO PT PRC di Kota Padang

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Salurkan Bantuan BPJS Ketenagakerjaan dan Bibit Ikan untuk Ratusan Nelayan di Padang Pariaman

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Sinkronisasi Pembangunan Nagari agar Berdampak Maksimal bagi Masyarakat

Eksekutif

Sitinjau Lauik Longsor, Gubernur Mahyeldi Turun Langsung untuk Mengevakuasi Korban ke Dasar Jurang

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Tegaskan Pentingnya Keselamatan bagi Para Pekerja dan Terus Memantau Perusahaan yang Pekerjakan Anak

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Raih Lencana Abdi Inovasi Desa dari Kemendes PDTT Berkat Kegigihan Membina Teknologi Tepat Guna