Home / Rilis

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:22 WIB

Laksanakan Instruksi Korlantas Polri Dan Menhub, Satlantas Polres Kudus Giat Ramp Chek Bus – Bus Pariwisata

Ollie Wijaya - Penulis

Politicnews.id – KUDUS : Menjelang libur sekolah, Satlantas Polres Kudus, Polda Jateng bersama Dinas Perhubungan Kabupaten setempat melakukan pemeriksaan Ramp Check, Sabtu (18/5/2024).

Ramp check adalah melakukan inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum guna meningkatkan dan mewujudkan keselamatan lalu lintas angkutan jalan.

Kegiatan inspeksi Ramp Check sendiri dipimpin KBO Satlantas Polres Kudus, Iptu Noor Alifi dengan metode “jemput bola” atau mendatangi langsung sejumlah garasi Bus Pariwisata di wilayah Kudus.

Nampak petugas melakukan pengecekan mulai dari kondisi kendaraan, kelayakan fungsi, hingga kelengkapan surat-surat kendaraan. Selain itu, para sopir dan kru bus juga dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Kapolres Kudus, AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasatlantas, AKP I Putu Asti Hermawan Santosa mengatakan, inspeksi ini dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas akibat kerusakan, kelayakan fungsi atau bus yang menyalahi aturan.

“Pengecekan kendaraan bus pariwisata maupun antar kota sebagai persiapan menghadapi libur sekolah. Tujuannya adalah memastikan bahwa bus dalam kondisi prima dan siap digunakan,” kata AKP I Putu Asti Hermawan Santosa.

Baca Juga :  Kapolda Jateng Ikuti Trabas Kamtibmas Yang Digelar Di Kudus

Tujuan dari kegiatan tersebut, menurut Kasatlantas, agar setiap kendaraan angkutan (Bus) dikala beroperasional sudah laik jalan, sehingga meminimalisir resiko yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas saat libur panjang sekolah.

“Kami juga menghimbau kepada pengemudi bus agar selalu tertib berlalu lintas dan saling menghargai sesama pengguna jalan. Sehingga dengan harapan selama perjalanan bisa selamat sampai tujuan,” jelasnya.

Seperti diketahui, buntut tragedi bus di Ciater beberapa waktu lalu direspon langsung Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dengan mengintruksikan jajaran
melaksakanan ramp check terhadap bus pariwisata.

Yaitu baik pool bus (tempat penyimpanan) yang ada di kota, kabupaten sampai dengan hilir. Salah satunya, menegakkan law enforacement atau penegakan hukum apabila ada bus yang menyalahi aturan.

“Ini sebagai bentuk keprihatinan kita terhadap sering terjadinya kecelakaan, ini kolaborasi yang akan kita lakukan nanti. Mudah-mudahan bisa memperbaiki masalah transportasi bus pariwisata terutama dan angkutan bus umum,” kata Kepala Korlantas (Kakorlantas), Irjen Pol Aan Suhanan dalam keterangannya usai rapat perihal bus pariwisata Bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di gedung NTMC Polri, Jakarta Selatan pada Rabu (15/5/2024) lalu.

Baca Juga :  Polres Kudus Lakukan Himbauan Ke Sekolah - Sekolah Jelang Kelulusan Siswa - Siswi

Ia menambahkan, pengawasan terhadap pengemudi kedepannya juga menggunakan teknologi yang bisa membaca aktivitas pengemudi. Baik dari waktu, kecepatan, hingga sistem yang di bangun.

“Saya kira untuk pengawasan pengemudi tadi juga disampaikan oleh ahli bahwa pengawasan ini nanti akan menggunakan teknologi. Seperti tahu berapa jam dia melaksanakan aktivitasnya, nyupirnya, kemudian kecepatannya berapa, itu akan ada sistem yang akan dibangun,” ucapnya.

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 12 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Rilis

Pemerintah: Vaksin Booster Hanya untuk Tenaga Kesehatan

Komunitas

Alumni SMA Jaringan Bersama Indonesia(ASJBI)Siap Terbangkan Ganjar Mahfud di Pilpres 2024

Rilis

DPR Hari Ini Putuskan Tanggal Pencoblosan Pemilu 2024

Rilis

Stafsus Erick Thohir Bicara Opsi Penyelamatan Garuda

Rilis

BNPB Siapkan Relawan untuk Penguatan Disiplin Protokol Kesehatan Jelang PON XX Papua

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Menhan Prabowo Subianto Memperkuat Tiga Matra Militer

Komunitas

Relawan GPGP: Konsep Blue Economy Ganjar Bangun Sektor Maritim untuk Kesejahteraan Rakyat

Rilis

Dilantik Jadi Kepala BNPB, Mayor Jenderal Suharyanto: BNPB Akan Hadir Sesingkat-Singkatnya Saat Terjadi Bencana Untuk Membantu Masyarakat