Home / Eksekutif / Legislator / Pemilihan

Rabu, 16 Agustus 2023 - 10:34 WIB

Kukuhkan 54 Orang Anggota Paskibraka, Gubernur Sumbar, Mereka yang Terpilih adalah Sebuah Kehormatan

Wawan - Penulis

Padang, Politicnews.id –  Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengukuhkan 54 siswa dan siswi SMA/SMK yang terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Prov. Sumbar tahun 2023 di Auditorium Gubernuran, Selasa malam (15/8/2023).

Dalam momentum tersebut, Gubernur menegaskan kepada peserta pengukuhan, bahwa terpilih menjadi anggota Paskibraka perlu dimaknai sebagai sebuah kehormatan, disamping karena ketatnya proses seleksi dan beratnya latihan, hal ini juga merupakan tugas negara.

“Ananda telah terpilih dan dilatih untuk menunaikan tugas negara dari sekian banyak kandidat lainnya yang berkeinginan sama. Apa yang ananda capai ini adalah sebuah kehormatan baik bagi pribadi, keluarga ,dan tentu pihak sekolah Ananda berasal,” ucap Gubernur Mahyeldi.

Selanjutnya Gubernur menambahkan, kepada seluruh anggota Paskibraka agar terus menjaga fokus dan kekompakan hingga akhir upacara nantinya.

Baca Juga :  KPID Sumbar Gelar FGD Pemilu Berkualitas Penyiaran Berintegritas

“Sukses atau tidaknya upacara salah satunya indikatornya ada pada kinerja Paskibraka. Jadi jangan ada yang menganggap remeh tugas ini, laksanakanlah dengan penuh semangat dan tanggung jawab,” tutur Mahyeldi.

Prosesi pengukuhan tersebut diawali dengan pengucapan ikrar oleh seluruh Paskibraka yang dipandu kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Maifrizon.

Kemudian dilanjutkan dengan mencium bendera merah putih sebagai bentuk rasa cinta kepada bangsa Indonesia oleh setiap anggota yang dikukuhkan. Setelah itu dilanjutkan dengan pemasangan Kendip atau sabuk berwarna hijau bertuliskan Pancasila oleh Gubernur selaku pembina upacara kepada seluruh anggota Paskibraka.

Adapun pembagian tugas untuk pelaksana upacara, penaikan dan penurunan bendera dalam rangka peringatan HUT RI ke-78 pada 17 Agustus 2023 adalah, penaikan bendera merah putih ditugaskan kepada pasukan 17 Garuda Merah dan pasukan 8 Garuda Putih sedangkan yang bertindak sebagai komandan pasukan dari TNI AU dan cadangan Satbrimob Polda Sumbar.

Baca Juga :  Gubernur Sumbar Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

Kemudian untuk penurunan sang merah putih sore harinya ditugaskan kepada pasukan 17 dari Garuda Putih dan pasukan 8 Garuda Merah sedangkan yang akan bertindak sebagai komandan pasukan TNI AL, kemudian cadangan dari TNI AD.

Turut hadir dalam pengukuhan itu, Forkopimda Sumatera Barat, para Kepala OPD di lingkup Pemprov Sumbar, pimpinan instansi dan lembaga Provinsi Sumatera Barat, para pembina dan pelatih Paskibraka Sumatera Barat, Para Orang tua dari anggota Paskibraka. (adpsb/H)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 28 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Kemkominfo RI Gelar DLA bagi Pejabat Eselon II Pemprov Sumbar, Gubernur Mahyeldi Tekankan Kepala OPD Harus Melek Digital

Eksekutif

Bencana Lahar Dingin Marapi, Gubernur Mahyeldi : Kita Harus Cepat, Jangan Sampai Masyarakat Jadi Korban Dua Kali

Eksekutif

Gubernur Sumbar Lakukan Peletakan Batu Pertama Jembatan Api Api Nagari Simalanggang

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Badan Permusyawaratan Desa Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa

Eksekutif

Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib Pembina Upacara di KPID

Eksekutif

Rakor Pangan Berkelanjutan, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Stok Kebutuhan Pokok di Sumbar Aman untuk Ramadan dan Idul Fitri

Eksekutif

Pemprov Sumbar Alokasikan Anggaran Sebesar Rp137 miliarAtasi Permasalahan Jalan Rusak di Tanah Datar

Legislator

Andi Wijaya Anggota DPRD Kota Padang yang Supel dan Ramah dengan Masyarakat