Home / Eksekutif / Komunitas / Legislator

Rabu, 14 Juni 2023 - 10:48 WIB

Keuntungan bagi warga Berkat Penas KTNA XVI

Wawan - Penulis

PADANG, – Warga sudah merasakan berkah dengan adanya Pekan Nasional Kontak Tani dan Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI 2023 digelar di Lanud Sutan syaril .

Dampak itu sangat disyukuri oleh warga kota padang. Dampak dengan diadakan nya penastani yang meraskan pendapatan lehih dari hari hari biasanya yaitu jasa dan pedagang. Sektor paling merasakan untung dengan dilaksanakannya Penastani yakni jasa dan perdagangan. Seperti pengusaha laundry, makanan, transportasi serta pemilik rumah sebagai tempat pemondokan peserta.

Seperti yang diungkapkan Megawati, pedagang lontong sayur yang berdomisili di Tunggul Hitam. Wanita yang berjualan dengan gerobak dorong itu mengaku mendapatkan omzet melimpah dibanding sebelum Penastani digelar.

Baca Juga :  Pemprov Sumbar Gelar Nobar Semifinal Piala Asia U23 di Auditorium Gubernuran dan di Lima Titik Videotron

“Di hari biasa keuntungan yang didapat sekitar Rp200 ribu, sejak Penastani digelar, keuntungan mencapai tiga kali lipat,” kata Megawati.

Keuntungan tersebut diperoleh dari pesanan warga yang menjadi pemilik rumah pemondokan bagi peserta Penastani. Dalam sehari, Megawati membuat menu lontong sayur, pecal, dan sarapan pagi lainnya dengan porsi lebih banyak.

Pengusaha dibidang loundy disekitar pemondokan peserta juga meraskan keuntungn yg lebih dari hari hari biasanya , sebab banyak peserta penastani mencucikan bajunya . Jadi omsed nya lebih banyak dari hari hari biasanya.

Tidak hanya itu usaha jas transportasi salah satunya ojek pangkalan maupun yg tergabung dalam ojek online juga merasakan pendapatan yg lebih dari hari hari biasanya , semenjak terselenggaranya penas tani pendapatannya lebih , karena banyak peserta maupun pengunjung penastani menggunakan jasa transportasi ini.

Baca Juga :  Bulan Kemerdekaan, Puti Guntur dan Swastoe Gelar Pentas Seni di Sarinah

Sementara itu warga yg rumahnya dipergunakan sebagai pemondokan juga merasakan dapak adanya penastani ini, karena setiap peserta akan membayar 150 rb kepada warga yg rumahnya tempat tinggal perserta. Warga sangat berterima kasih dengan terselenggaranya penastani ini , apalagi setelah usainya covid 19 yg lalu, perekonomian warga turun drastis.

Warga berharap kepada Gubernur sumatra barat harus sering mengadakan iven iven besar , khususnya yang berdapak untuk menaikan ekonomi masyarakat.

Seperti ajang penastani seluruh usaha masyarakat berdapak sangat luas dari segi pendapatan masyarakat . ( H)

Berita ini 29 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Komunitas

DPRD Banyuasin Mengapresiasi Hadirnya Gerakan Cinta Rakyat

Legislator

Terima Dewan Pertimbangan Presiden, Ketua MPR RI Bamsoet Bahas Isu Strategis Dalam dan Luar Negeri

Eksekutif

Kualitas Ketahanan Keluarga di Sumbar Terus Membaik, Pertanda Program dan Kolaborasi Berjalan Efektif

Komunitas

DPC PKB Banyuasin Targetkan Pileg 10 Kursi Dan Pilpres Gus Ami

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi Kerjasama ORARI dengan Rescue Otomotif Indonesia

Eksekutif

Kondisi Kesehatan Ibunda Membaik, Gubernur Mahyeldi Ucapkan Terima Kasih pada Masyarakat dan Paramedis

Eksekutif

Gubernur Lepas Pendistribusian Beras SPHP dan GPM untuk Jaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan di Sumbar

Legislator

Melalui Acara Talk Show Metro TV Q&A, Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi MK Putuskan Sistem Pemilu Proporsional Terbuka