Home / Eksekutif / Rilis

Minggu, 5 Maret 2023 - 19:22 WIB

Ketua MPR RI Bamsoet Serahkan Trophy Juara World Superbike Mandalika 2023, Bautista Juara, Toprak Urutan Kedua

KM - Penulis

LOMBOK – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Chief Marketing Officer Motul Asia Pasific Mr. Carlo Savoca, menyerahkan trophy kepada para juara race 2 World Superbike Mandalika 2023, di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Juara pertama berhasil diraih Alvaro Bautista dari Aruba.it Ducati. Juara kedua diraih Toprak Razgatlioglu dari TUR Pata Yamaha Prometeon. Sedangkan juara ketiga diraih Xavi Vierge dari SPA Team HRC.

“Tahun ini merupakan ketiga kalinya Indonesia diberikan kepercayaan menyelenggarakan World Superbike. Diikuti 22 pembalap dari 14 tim. Lima puluh ribu lebih penonton selama tiga hari menyaksikan secara langsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Terlihat dari 60 ribu lebih tiket menonton yang terjual, serta 25 ribu lembar tiket menonton yang disediakan khusus pelajar. Seperti halnya World Superbike Mandalika 2022, pada tahun ini diperkirakan sekitar 500 juta penoton turut menyaksikan melalui televisi, kanal Youtube, Instagram, Facebook dan berbagai sosial media lainnya,” ujar Bamsoet usai menyerahkan trophy Juara World Superbike Mandalika 2023, di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB, Minggu (5/3/23).

Baca Juga :  Polsek Bae Amankan Empat Pelaku Pengeroyokan

Turut hadir antara lain, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo, Wakapolda NTB Brigjen Pol Ruslan Aspan, Direktur Utama ITDC Ari Respati, Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, serta Ketua IMI NTB dr. Lalu Herman Mahaputra.

Hadir pula pengurus IMI Pusat, antara lain Wakil Ketua Umum Olahraga Motor Sadikin Aksa, Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil Ananda Mikola, Deputy Hubungan Antar Lembaga Erwin MP, Direktur Off the Road Olahraga Sepeda Motor Eddy Saputra, Komisi Balap Motor Agus Hadsoe, serta Komunikasi dan Media Hasby Zamri.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan keamanan ini menjelaskan, World Superbike 2023 kembali menjadi country branding yang luar biasa bagi Indonesia. Tidak kurang wartawan dari 100 negara meliput event internasional ini, dan semakin menduniakan Indonesia dan Lombok, NTB pada khususnya. World Superbike juga memberikan dampak besar bagi kemajuan industri olahraga Indonesia, khususnya untuk balap motor.

“Sumber daya manusia kita semakin terlatih untuk memiliki dedikasi tinggi terhadap penyelenggaraan kejuaraan balap level internasional, dari mulai marshal, medical, hingga pengelola race control. Karena World Superbike, kapasitas sumber daya manusia kita untuk menunjang industri balap telah tumbuh pesat. Terbukti tahun ini, kita hanya memakai 1 marshal asing. Sisanya, 350 lebih merupakan marshall dalam negeri. Meningkat pesat dibanding tahun 2022 lalu, yang pada saat itu menggunakan 11 marshal luar negeri,” jelas Bamsoet.

Baca Juga :  Masjid Raya Sumbar Ditetapkan Jadi Pilot Project Kawasan Halal Lifestyle di Indonesia, Sekda Hansastri : Pemprov Telah Siapkan Langkah Strategis untuk Pengembangan lanjutan

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, World Superbike 2023 menjadi event internasional pembuka di tahun 2023 yang diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Setelah itu akan ada event bergengsi dunia lainnya, antara lain Shell Eco Marathon pada 1-10 Juli 2023, Asia Road Racing Championship pada 11-13 Agustus 2023, serta puncaknya MotoGP pada 13-15 Oktober 2023.

“Berbagai event internasional tersebut semakin mendorong berkembangnya ekosistem motorsport di Indonesia, membangun perekonomian NTB pada khususnya serta menjadi country branding yang positif bagi Indonesia kepada dunia. Meneguhkan Indonesia sebagai pusat motorsport dunia,” pungkas Bamsoet. (*)

Berita ini 57 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Rilis

Setelah Diperingatkan, Bawaslu Lahat Copot Paksa Baliho Bernada Kampanye

Eksekutif

Pimpin Apel Hari Santri, Gubernur Mahyeldi Ingin Santri Turut Berperan Wujudkan Indonesia Emas

Komunitas

Mahasiswa ILMU HUKUM UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA INDONESIA laporkan wamendes ke BAWASLU

Eksekutif

Tingkatkan Layanan ke Masyarakat, Perumda Air Minum Kota Padang Ganti Pipa Lama dengan Baru

Komunitas

Halal Center Ar Risalah Gelar Pelatihan Pendamping PPH Sunday, 17 September 2023Kategori : Berita

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Gerak Cepat Atasi Masalah Kesehatan Sejumlah Warga Kapujan Koto Berapak Pessel

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Peningkatan Status Siaga Tempur di Nduga Papua

Eksekutif

Wagub Audy dan Gapopin Sumbar Buka Pemeriksaan Mata dan Bagikan 300 Kacamata Gratis untuk Masyarakat Mentawai
Hubungi Redaksi Disini