Home / Rilis

Senin, 18 Oktober 2021 - 11:50 WIB

Kejaksaan Negeri Kudus Tangani 3 Kasus Pelanggaran Rokok Ilegal

Ollie Wijaya - Penulis

KUDUS : Kejaksaan Negeri Kudus, Jawa Tengah, selama tahun 2021 menangani tiga kasus pelanggaran rokok ilegal karena tidak dilengkapi pita cukai rokok, dua kasus di antaranya berkekuatan hukum tetap (inkrah) dan satu kasus masih dalam penuntutan.

“Dua kasus cukai yang sudah inkrah tersebut, terdapat dua pelaku yang merupakan warga Pekanbaru karena kedapatan membeli rokok di Kudus yang tidak dilengkapi pita cukai rokoknya atau ilegal,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Kudus Ardian di Kudus.

Ia mengungkapkan rokok ilegal tersebut berasal dari warga Dukuh Pulutan, Desa Jekulo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Dari hasil penyelidikan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Kudus, rokok ilegalnya memang dikemas di sebuah tempat tinggal warga di Desa Jekulo, sedangkan produksinya sendiri dari Jawa Timur.

Baca Juga :  Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi Kerjasama ORARI dengan Rescue Otomotif Indonesia

Sementara itu, satu kasus yang sedang dalam tuntutan. Produsen rokok ilegalnya adalah warga Desa Jekulo. Dua pelaku yang membeli rokok ilegal melanggar Pasal 54 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai dengan ancaman pidana penjara 1 tahun.

Kasus ketiga adalah pelaku melanggar Pasal 50 UU Cukai dengan ancaman pidana minimal 1,5 tahun dan maksimal 5 tahun. Agar kasus rokok ilegal tidak marak, dia mengingatkan masyarakat agar jangan beli rokok ilegal.

“Kami hanya sebatas menyidangkan karena penyidikan dari pihak Bea dan Cukai,” ujarnya.

Baca Juga :  Uji Sidang Terbuka Promosi Doktor Ketua MKDKI, Ketua MPR RI Bamsoet Dokter Tegaskan Dokter Harus Mampu Mempertanggungjawabkan Setiap Tindakan Kedokteran

Berdasarkan data dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Kudus, selama triwulan ketiga 2021 tercatat menindak 75 kali kasus pelanggaran pita cukai rokok.

Disebutkan pula bahwa sebanyak 10,8 juta batang rokok ilegal yang diamankan sehingga potensi kerugian negara yang terselamatkan sebesar Rp7,3 miliar. Dari puluhan kasus pelanggaran pita cukai rokok tersebut, terbanyak dari Kabupaten Jepara yang hampir setiap tahun mendominasi temuan kasus.

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 31 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Komunitas

Institut Sarinah: Ketua DPR harus menghapus pingitan para PRT.

Rilis

Cegah Kejahatan Harus Di Utamakan, Rumah PPAI Dan Dandim 0718/Pati Sepakat

Rilis

Gantikan Marsdya Gustaf Brugman, Marsda Kusworo Resmi Jabat Aspers Panglima TNI

Eksekutif

Pengurus KORMI Kota Pariaman Dikukuhkan, Gubernur Sumbar : Mari Giatkan Berolahraga

Rilis

Menjelang Masa Politik, PH DPC PPP Pati Ajangsana Dan Silahturahmi Ke KH. Aniq Muhammadun

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Kunjungi Dubes Penny Williams, Bicarakan Rencana Kerja Sama Sumbar dan Australia

Rilis

DPC GmnI Ambon apresiasi kinerja Timsel Bawaslu Maluku

Rilis

Presiden Jokowi Menghadiri Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2021