Home / Eksekutif / Rilis

Jumat, 1 Desember 2023 - 21:12 WIB

Kadisdik : 60 peserta kursus Bahasa Korea lulus dengan nilai baik

Wawan - Penulis

PADANG, – Sebanyak 60 orang peserta Kursus Bahasa dan Budaya Korea kerjasama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dengan Provinsi Jeollabuk-do, Korea Selatan dinyatakan lulus dengan nilai baik setelah mengikuti pembelajaran selama 3 bulan sejak Agustus 2023.

“Peserta kursus ini berdasarkan evaluasi dari Jeonbuk International Cooperation Agency (JBICA), lulus dengan nilai baik karena telah memiliki kemampuan dasar berbahasa Korea,” katanya di Padang, Kamis.

Ia mengatakan itu saat Closing Ceremony Saemangeum Hangeul Hakdang Indonesia di SMKN 2 Padang.

Ia mengatakan kursus yang dilaksanakan itu merupakan bagian dari kerjasama Sister Province antara Provinsi Sumbar dengan Provinsi Jeollabuk-do.

Kegiatan kursus bahasa Korea itu dibiayai sepenuhnya oleh otoritas pendidikan Korea, yakni Jeonbuk International Cooperation Agency (JBICA) dengan nilai sekitar Rp400 juta.

Peserta kursus merupakan masyarakat Sumbar yang sebelumnya telah lolos seleksi dari 138 pendaftar. Mereka terdiri dari 15 orang pencari kerja, 15 guru (ASN), 15 mahasiswa dan 15 siswa.

Baca Juga :  Sumbar Juara Umum III di Pentas Porwil XI, Gubernur Mahyeldi Ucap Syukur dan Alihkan Fokus ke PON XXI

Sementara itu Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumbar, Doni Rahmat Samulo mengatakan kursus Bahasa Korea itu merupakan salah satu poin dalam Letter Of Intent (LOI) kerjasama Sister Province antara Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Jeollabuk-Do, Korea Selatan yang ditandatangani Gubernur Mahyeldi 17 Februari 2023.

“Dalam LoI itu sebenarnya ada beberapa kerjasama yang akan dilaksanakan. Selain kursus Bahasa Korea juga ada magang ASN di Korea serta magang lulusan SMK di Korea. Juga ada rencana kerjasama terkait pariwisata. Namun tahun ini baru bisa kita laksanakan Kursus Bahasa Korea,” katanya.

Meskipun baru satu poin kerjasama yang bisa terealisasi, namun ia optimistis poin kerjasama lain akan bisa terealisasi karena “modal” dasar bisa berbahasa Korea telah dimiliki oleh peserta yang lulus kursus kali ini.

Dalam kesempatan yang sama, President of Jeonbuk International Cooperation Agency, Daesik Kim secara virtual menyabut positif terlaksananya kursus bahasa Korea di Sumbar yang melahirkan lulusan pertama.

Baca Juga :  Mulyadi Muslim Serahkan Doorprez Pemenang Komentar Podcast Dengan Tema " Bugar Pasti Sehat "

Ia berharap ke depan kerjasama bisa dipererat untuk memperluas minat dan pemahaman tentang Jeallobuk-do.

Upacara penutupan pembelajaran bahasa dan budaya Korea ini juga disemarakkan dengan penampilan budaya dari Sumbar. Sementara dari Jeollabuk-do, Korea dimeriahkan penampilan tari tradisional oleh tiga orang artis yaitu Hong Hwa Young, Kim Tae Rin, Jung Arong Darong

Salah satu penampilan yang paling manarik minat para tamu terutama kaum hawa adalah tutorial make up K-Beauty yang langsung diperagakan oleh make up artist dari Korea, Oh Yunbin.

Suasana Korea juga terasa kental di Aula SMKN 2 Padang karena sebagian peserta kursus dan tamu menggenakan Hanbok atau baju tradisional Korea.*

Perwakilan JBICA, Program specialist/International Promotion Team, Baek Cheongha bertukar cinderamata dengan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumbar, Doni Rahmat Samulo. ( ** / H )

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 36 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Rilis

Penguatan Protokol Kesehatan Antisipasi Lonjakan Covid-19, 108 Relawan Disiapkan di Merauke

Rilis

KPK Periksa Anies Baswedan Terkait Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan Di Munjul

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Tegaskan PPHN Dibutuhkan Guna Menjamin Kesinambungan Pembangunan

Komunitas

Pemprov Sumbar Serius dalam Kembangkan Sepak Bola

Eksekutif

Ditutup Iven Jalan Santai, Gubernur Mahyeldi Apresiasi Suksesnya Peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas Tingkat Nasional di Sumbar

Rilis

Laskar Merah Putih Audiensi Dengan Bupati Banyuasin

Legislator

Kuliah Umum dan Sosialisasi Empat Pilar di Universitas Negeri Sebelas Maret Solo, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045

Eksekutif

Tampilkan Khazanah Budaya Minangkabau dalam Pawai Ta’aruf STQH XXVII Jambi, Kafilah Sumbar Mendapat Sambutan Meriah Penonton