Home / Eksekutif

Kamis, 2 September 2021 - 23:41 WIB

Kades dan Perangkat Desa Di Musi Rawas Didaftarkan Sebagai Peserta BPJS Kesehatan

Joni Karbot - Penulis

PoliticNews.ID-Musi Rawas: Tahun ini, Kepala Desa (Kades) beserta perangkatnya se Kabupaten Musi Rawas (Mura) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) didaftarkan menjadi peserta Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dimana, untuk iurannya hanya 1 persen dan 4 persen ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas.

Demikian dikatakan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mura, Ahmadi Zulkarnain melalui Kepala Bidang (Kabid) Fasilitasi dan Perencanaan Keuangan Desa DPMD Mura, Andrianto Aditama saat dibincangi awak media, di ruang kerjanya, Kamis (2/9/2021).

Baca Juga :  Sekda Hansastri Minta Skenario Penyelenggaraan Angkutan Nataru 2023/2024 di Sumbar Disiapkan dengan Matang

Menurutnya, saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan bagi Kades dan perangkatnya. Tujuannya, yakni untuk didaftarkan sebagai peserta BPJS kesehatan.

Disamping Kades dan Perangkat, sambungnya, pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan juga untuk anggota keluarga terdiri dari istri dan dua orang anak. Sedangkan, untuk fasilitas kesehatannya (Faskes) untuk kelas 2.

“Jadi nanti Kades atau perangkat beserta anak dan istrinya juga didaftarkan,”jelas Andre sapaan akrabnya Andrianto Aditama.

Mengenai untuk tagihannya sendiri, Andre menjelaskan, dari 5 persen iuran 4 persen ditanggung oleh Pemkab Mura dan 1 persen dibebankan ke peserta (Kades dan perangkat desa) berdasarkan UMK atau sebesar Rp 33ribu dan secara otomatis dipotong melalui penghasilan tetap (siltap).

Baca Juga :  Dua Cakades Kalah Gugat Hasil Pilkades ke PTUN

“Sesuai instruksi Perpres nomor 75 tahun 2017 pasal 30 tentang jaminan kesehatan bahwa pendaftaran BPJS kesehatan ini baru sebatas Kades dan perangkat desa saja dan kartu pesertanya akan dibagikan bila telah selesai. Sedangkan, untuk BPJS Ketenagakerjaan sudah daftarkan sejak Januari lalu,” pungkasnya.

Berita ini 29 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Ngaji Kebangsaan Bersama Gus Muwafiq Di Mesjid Al Akbar Surabaya

Eksekutif

Tekan Stunting Siapkan Generasi Indonesia Emas, Gubernur Mahyeldi Bagikan Tablet Penambah Darah bagi Pelajar di Piaman

Eksekutif

HUT Perumda Air Minum Kota Padang ke 49 Tahun

Eksekutif

KPID Sumbar Sabet Penghargaan KPI Inovatif dan Kolaboratif

Eksekutif

Muhammad Iqbal di Lantik menjadi Rektor SWINS

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Pastikan Penanganan Sampah Segera Ditindaklanjuti Pascakerusakan TPA Payakumbuh

Eksekutif

Turnamen Sepak Bola Gubernur Cup 2023 Resmi Dibuka Mahyeldi

Eksekutif

Sekda Sumbar Sorot Arti Penting Perguruan Tinggi dalam Rakornas AST-PTMA 2023
Hubungi Redaksi Disini