Home / Rilis

Jumat, 8 September 2023 - 18:55 WIB

Jelang Pilkades Serentak Besok, Ini Himbauan Kapolres Banyuasin

Joni Karbot - Penulis

PoliticNews.ID-Banyuasin: Besok, Sabtu 9 September 2023, di Bumi Sedulang Setudung (Banyuasin) bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 48 desa. Pesta demokrasi tingkat desa tersebut.

Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra, SIk menghimbau baik kepada para kandidat maupun masyarakat agar mensukseskan Pilkades aman, tertib dan damai. “Pada Pilkades ini dilarang hoax, money politik, hate speech dan isu sara,”ujar Kapolres.

Kamudian jangan juga dijadikan ajang permusuhan karena Pilkades ini merupakan pemersatu perbedaan dan kita semua ini bersaudara, kata Kapolres kepada media, Kamis 7 September lalu.

Terpenting sambung Perwira Polisi Sepasang Melati tersebut, kepada para Calon Kades dan pendukungnya agar menjaga situasi Kamtibmas selama proses jalannya Pilkades yang kondusif dan tidak ada yang melanggar aturan tentang Pilkades serta calon harus siap menang dan siap juga untuk kalah, tegasnya.

“Ayo kita bersama sama seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga Kamtibmas tetap kondusif dan terus berkoordinasi dengan pihak desa dan Bhabinkamtibmas apabila ada gangguan di desa nya masing-masing serta jangan terpengaruh dengan provokasi atau hasutan serta berita bohong (hoax) yang ditebarkan orang yang tidak bertanggungjawab, menginginkan perpecahan ditengah-tengan masyarakat,”ujar Kapolres berpangkat AKBP tersebut.

Baca Juga :  Jusuf Kalla Hadiri Konsolidasi Akbar Anies - Muhaimin ( AMIN ) di Surabaya

Saya meminta agar masyarakat terutama di desa nya besok bakal digelar Pilkades tetap menjaga kekompakan dan bersinergi menciptakan Kamtibmas yang aman dan nyaman, demi kebaikan masyarakat di desa.

Kami dari pihak Polres Banyuasin untuk mengamankan Pilkades di 48 desa didalam Kabupaten Banyuasin ini, melibatkan seluruh personil baik organik maupun Polsek jajaran,” Pilkades di sini saya lihat cukup menyedot antusias masyarakat seiring tingginya animo masing-masing kandidat untuk memperebutkan orang nomor satu di desa tersebut,” ungkap mantan Kapolres Muratara¬† tersebut.

Selain itu kami juga tak ingin kecolongan terhadap potensi gangguan keamanan yang mungkin timbul akibat kontestasi Politik di level paling bawah itu. “Deteksi jauh-jauh hari telah dilakukan jajaran Polres Banyuasin agar segala riak-riak bisa diredam termasuk akan melaksanakan deklarasi damai semua kandidat Calon Kades,”tegas Kapolres.

Tak lepas bersinergi dengan TNI dan Lintas Sektoral terus dibangun sehingga kolaborasi tiga Pilar bisa mewujudkan Pilkades damai tanpa perselisihan di Kabupaten Banyuasin, siapapun yang terpilih nantinya mari kita dukung karena itulah pilihan mayoritas masyarakat desa dan kembali membaur bersatu membangun desa lebih baik lagi, harap AKBP Ferly Rosa Putra, SIk.

Baca Juga :  Pemerintah: Vaksin Booster Hanya untuk Tenaga Kesehatan

Sebelumnya, Kamis 7 September 2023 Jajaran Polres Banyuasin, Polda Sumsel ikut melaksanakan pendistribusian dan pengamanan kotak suara Pilkades serentak untuk memastikan kotak aman hingga ketempat tujuan.

Pendistribusian Kotak Suara Personil Polres Banyuasin akan bertanggung jawab untuk mengangkut kotak suara ke lokasi-lokasi pemilihan di seluruh Kabupaten Banyuasin. Hal ini dilakukan dengan ketat dan terkontrol untuk mencegah manipulasi atau kecurangan selama proses distribusi.

Tidak hanya disitu saja, Personil Polres Banyuasin juga akan melakukan pengamanan di sekitar lokasi-lokasi pemilihan untuk memastikan ketertiban dan keamanan selama proses pemungutan suara. Ini melibatkan pemantauan ketat terhadap keadaan di sekitar tempat pemungutan suara, serta tindakan pencegahan terhadap potensi gangguan atau kerusuhan.

Pengawasan Selain pengamanan fisik, personil Polres juga dapat melakukan pengawasan terhadap jalannya proses pemilihan. Mereka akan bekerja sama dengan penyelenggara pemilihan dan pihak terkait untuk memastikan bahwa pemungutan suara berjalan dengan transparan dan sesuai dengan aturan yang berlaku. (SMSI Banyuasin)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 27 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Legislator

Dampingi Presiden Jokowi Luncurkan RPJPN 2025-2045, Ketua MPR RI Bamsoet Tegaskan Pentingnya PPHN untuk Kesinambungan Pembangunan

Rilis

Perindo Sumsel Targetkan 10 Kursi di DPRD, Febuar Rahman: Kader Terbaik Minimal Setiap Dapil, 1 Kursi 

Rilis

Terkait Kalender Pemkab Lahat 2024 Bergambar Mantan Bupati Cik Ujang, AMPD Laporkan Setda Lahat ke Kejari

Opini

Film Soenting Melajoe Diluncurkan, Gubernur Mahyeldi : Sarat Nilai Sekaligus Menggairahkan Ekonomi Kreatif

Eksekutif

Serahkan Hibah untuk Panti Asuhan di Mentawai, Gubernur : Anak Kita di Dalam dan Luar Panti Punya Hak yang Sama

Rilis

Pelaksana Pekerjaan, Akan Perbaiki Kerusakan Jalan Q1 Tambah Asri-Semambang

Rilis

Kapolri : Pintu Masuk WNA Dibuka Bukti RI Lebih Siap Soal Covid

Rilis

Presiden Joko Widodo Resmikan Terminal Baru Bandara Mopah di Kabupaten Merauke