Home / Legislator / Parpol / Pemilihan / Tokoh

Selasa, 4 Juli 2023 - 19:46 WIB

Irsyad Syafar, Kader PKS Sumbar yang Bertabur Prestasi

Wawan - Penulis

PADANG – Irsyad Syafar adalah Kader PKS Sumbar yang kini juga menjadi Wakil Ketua DPRD Sumbar. Tidak hanya dikenal sebagai politikus tapi juga Da’i yang penuh prestasi.

Irsyad merupakan Putra dari H. Syafar Buan dan Hj. Darnis Abdullah. Irsyad menempuh pendidikan di SD Negeri 1 Koto Nan 4, ia selalu menjadi juara kelas dan menyelesaikan sekolahnya sebagai juara umum di sekolah tersebut.

Tidak hanya di SD prestasi terus diukir oleh Irsyad saat bersekolah di MTsN Koto Nan 4 yang membawanya masuk ke Madrasah Aliyah Program Khusus atau MAPK yang hanya ada satu di Sumatera yaitu di Koto Baru, Padang Panjang dan hanya ada lima di Indonesia.

Baca Juga :  Pembangunan Drainase Dusun Ngayun Desa Purisemanding Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang Tahun 2023

MAPK adalah program baru yang dilakukan oleh Menteri Agama pada waktu itu, H. Munawir Sadzali. Irsyad termasuk murid pertama yang mana tujuan sekolah itu dibangun adalah untuk pengkaderan ulama di Indonesia.

Tak tanggung-tanggung di sekolah MAPK, Irsyad juga mengukir prestasi membanggakan, ia menjadi juara kelas dan menjadi juara umum di MAN Koto Baru secara keseluruhan. Kemudian Irsyad merantau ke Jakarta untuk masuk ke sekolah Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab atau lebih dikenal dengan sebutan LIPIA.

Setelah di LIPIA, Irsyad Syafar kembali memperoleh beasiswa untuk berkualiah di Kuwait. Ia kembali mencatat prestasi dengan memperoleh predikat kelulusan Summa Cum Laude atau Dengan Kehormatan Tertinggi dan IPK 3,82 ketika menyelesaikan studinya di Kuwait.

Baca Juga :  Launching Buku Bamsoet '60 Tahun Meniti Buih di Antara Karang', Testimoni Presiden Jokowi Apresiasi Peran Bamsoet Warnai Perpolitikan Nasional

Karena prestasi tersebut Kuwait memberikan Irsyad beasiswa untuk melanjutkan S2 di Cairo University. Di Cairo lagi dan lagi Irsyad menoreh prestasi, ia lulus dengan mendapatkan predikat kelulusan Cum Laude di 2003.

Kini di tengah kesibukannya menjadi Wakil Ketua DPRD, kader PKS ini juga tengah menyiapkan penerbitan buku yang ditulisnya. Sebelumnya Irsyad telah meluncurkan dua buku, dan saat ini tengah mempersiapkan dua buku lagi untuk diterbitkan.( *** / H )

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 42 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Legislator

Peringati Sumpah Pemuda dan HUT ke-12 Tahun Aliansi Kebangsaan, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tebarkan Narasi Kebangsaan

Legislator

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Universitas Perwira Purbalingga, Ketua MPR RI Bamsoet Ingatkan Ancaman Degradasi Moralitas Bangsa

Legislator

Jubir PKS Sebut Masyarakat Minang itu Berkelas Memilih Pemimpin

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Ungkap Kesiapan Sumbar Menyambut Kedatangan Presiden Jokowi

Opini

Rekam Jejak Mulyadi Muslim , Nyaris Jadi Wakil Walikota.

Komunitas

DPC PKB Banyuasin Targetkan Pileg 10 Kursi Dan Pilpres Gus Ami

Legislator

Ratusan Warga Kota Solok Ikuti Senam Bersama Caleg DPR RI Dapil Sumbar 1 dari Partai Nasdem Delmeria

Legislator

Beri Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Alumni ITB di Lemhannas, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Seluruh Elemen Bangsa Perkuat Wawasan Kebangsaan