Home / Parpol

Rabu, 8 September 2021 - 18:10 WIB

Heru Widodo: Harus Ada Evaluasi Komprehensif Soal Kebakaran Di Lapas Tangerang

Rere - Penulis

PoliticNews.ID – Jakarta: Kebakaran terjadi di Lapas Kelas 1 Tangerang, Banten telah merenggut nyawa banyak penghuni lapas. Atas insiden tersebut, anggota Komisi III DPR RI Heru Widodo menyampaikan keprihatinannya atas kejadian tersebut.

“Kita tentu prihatin dan menyampaikan duka terhadap korban yang meninggal. Terhadap korban yang luka-luka, saya harap, mereka harus mendapatkan perawatan yang memadai,” ujar Heru yang juga anggota Fraksi PKB, rabu (08/09/21).

Heru menegaskan, korban penghuni lapas baik yang meninggal dunia maupun luka-luka akibat kebakaran juga merupakan warga negara. Sisi kemanusiaan harus dikedepankan sebagai bagian pelaksanaan pemasyarakatan.

Baca Juga :  Lepas Tiga Ribu Peserta Fun Walk Kadin, Gubernur Mahyeldi Minta Kegiatan Olahraga Bersama Masyarakat Digelar Sesering Mungkin

“Mereka penghuni lapas tentunya adalah bagian dari keluarga yang tengah ditinggalkan sementara. Maka wajib bagi kita melihat sisi kemanusiaan serta mendudukkan persoalan ini pada pertanggungjawaban secara menyeluruh,” katanya lagi.

Meski demikian, Heru menegaskan, insiden kebakaran di lapas ini telah menelan korban. Maka hal yang patut diperhatikan dalam persoalan ini adalah bagaimana sistem preventif terhadap segala macam hal terduga. “Bila itu terjadi seperti kebakaran tadi malam, bagaimana sistem penanganan cepat pengendalian? Dan Bagaimana sistem evakuasi kebakaran?”.

Baca Juga :  Jubir Timnas AMIN Konsolidasikan Relawan di Belanda

“Apapun penyebab kebakaran tersebut harus diselediki secara komprehensif. Termasuk kalapas di lembaga tersebut juga harus dievaluasi,” pungkasnya.

Seperti diketahui, 41 orang meninggal dunia dalam kebakaran yang terjadi di Blok C, Lapas Kelas I Tangerang. Sementara itu, delapan orang mengalami luka berat dan sembilan orang mengalami luka ringan. Kebakaran diketahui terjadi sekitar pukul 2.30 dini hari.

Berita ini 39 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Parpol

Partai PKS OKU Selatan Beri Sinyal Positif Dukung Bacabup Abusama

Eksekutif

Sonsong Kemenangan,Ahmad Syaikhu Konsolidasi dengan DPW PKS Sumatera Barat

Parpol

Kabar Malam Dari Sukabumi

Legislator

Resmi Daftar Calon Bupati Kupang, Melsy Juliana Bunga: “Saya Siap Perjuangkan Aspirasi Perempuan”

Parpol

Adisatrya Suryo Sulisto Bersaing Ketat di Posisi Teratas Hasil Poling Jawa Tengah

Parpol

Bawaslu Kota Padang Gelar Rapat Teknis Sentra Gakumdu

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Bakar Semangat Masyarakat Kota Dumai Melalui Kisah Inspiratif Dirinya
ARWIN EFENDI

Parpol

Dekat dengan Buruh Petani dan Pemuda Arwin Efendi Siap Amankan 1 Kursi Dapil 1