Home / Eksekutif / Rilis / Tokoh

Rabu, 27 September 2023 - 08:07 WIB

Harneli Mahyeldi , dengan Mengkomsusmsi Ikan , Meningkatkan Kesehatan Dan Mengurani Stanting.

Wawan - Penulis

Padang, –  Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar terus berupaya meningkatan konsumsi ikan masyarakat. Salah satunya melalui lomba memasak aneka makanan dan lomba inovasi masakan berbahan baku ikan.

Hari ini Forum Komunikasi Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) se-Sumatera Barat berkumpul guna mendengarkan Pengumuman Pemenang Penilaian Forikan dalam Lomba Forikan se-Sumatera Barat bersamaan dengan Kegiatan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang berlangsung di Hotel Axana Padang, Selasa (26/06).

Kegiatan hari ini merupakan rangkaian dari lomba Forikan Kab/Kota se Sumatera Barat, penilaian ini dihadiri oleh Ketua Forikan Sumbar Ibu Harnelly Mahyeldi dan juga Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Dr. Ir. Reti Wafda, M.Tp.

“Angka Konsumsi Ikan Sumatera Barat naik pada tahun 2022 sebesar 42,52 kg/kap/tahun (40,40 kg/kapita/tahun/2021). Semakin meningkat konsumsi ikan oleh Masyarakat diharapkan juga berdampak pada peningkatan derajat Kesehatan Masyarakat serta pengurangan stunting di Sumbar,” ujar Harnelly.

“Melalui lomba masak serba ikan dan inovasi masakan berbahan baku ikan ini diharapkan akan tampil aneka masakan dari ikan dan akan muncul bentuk-bentuk baru dari olahan hasil perikanan, sehingga diharapkan akan lebih banyak lagi diversifikasi aneka olahan ikan yang akan menarik minat ibu-ibu menyajikan aneka olahan ikan bagi keluarga,” tambah Ummy.

Baca Juga :  Dari Glasgow, Presiden Jokowi Lanjutkan Lawatan Ke Abu Dhabi

Peningkatan konsumsi ikan tidak dapat dilakukan secara parsial dan sporadik, akan tetapi memerlukan suatu langkah yang berkesinambungan. Untuk itulah dibentuk sebuah lembaga yakni Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) yaitu suatu lembaga yang beranggotakan berbagai komponen pihak pemerintah dan organisasi kemasyarakatan yang berperan sebagai inspirator, kreator, motivator dan aktivator dalam peningkatan konsumsi ikan.

Melalui lomba ini diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat dalam mengkonsumsi ikan. Melalui sosialisasi dan publikasi secara kontinyu tentang keutamaan makan ikan baik di media massa, melalui program dan kegiatan, serta demo dan promosi seperti acara yang sedang kita ikuti saat ini diharapkan terjadi perubahan cara pandang masyarakat terhadap ikan sebagai sumber bahan pangan yang penting.

Baca Juga :  OSO, Sambut Hangat Jalan Sehat 'Hati Nurani' di Purworejo

Ikan itu menyehatkan, termasuk meningkatkan sistem imun melawan pandemic. Ikan mencerdaskan. Anak sehat dan cerdas, dapat memutus rantai kemiskinan PBB tahun 2009 mencanangkan gerakan Scaling Up Nutrition (SUN), Indonesia mencanangkan gerakan 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), dan pada Tahun 2014 Kementerian Kelautan dan Perikanan menetapkan 21 November sebagai Hari Ikan Nasional. Dan Tahun 2012 Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menetapkan tanggal 18 Juni sebagai hari makan ikan.

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dilaksanakan dalam beberapa bentuk kegiatan yang setiap tahun semakin beragam tak lain dan tak bukan adalah untuk mensosialisasikan dan memotivasi masyarakat gemar mengkonsumsi ikan, diantaranya : Lomba Masak Serba Ikan dan Lomba Inovasi Masakan Berbahan Baku Ikan dalam rangka diversifikasi menu masakan di dalam rumah tangga, Bazar aneka Olahan Hasil Perikanan,
Pemenang lomba ini nantinya akan mewakili Sumatera Barat dalam lomba yang sama untuk tingkat nasional.( */H)

Berita ini 22 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Politic

Ketua MPR RI Bamsoet: Dimasa Transisi Kepimpinan Nasional, Pimpinan MPR Akan Bangun Komunikasi Politik Melalui Silaturahmi Kebangsaan ke Berbagai Tokoh Bangsa

Eksekutif

Pesan Gubernur Sumbar Pengelolaan Hutan Kedepankan Prinsip Kelestarian

Eksekutif

Pemprov Sumbar Melesat ke Jajaran 6 Besar Provinsi dengan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kulitas Tertinggi

Eksekutif

Gubernur Sumbar Sebut Solusi Kemacetan dengan Kembangkan Transportasi Umum

Komunitas

GMNI Gandeng OMK Lakukan Bakti Sosial di Gereja

Legislator

Ketua MPR RI Bamsoet Diangkat Jadi Wakil Ketua Dewan Kehormatan Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia

Rilis

Hadiri Bimtek Pembentukan KPPS, Pj Bupati Hani Syopiar Rustam Ingatkan Tugas dan Wewenang KPPS

Tokoh

Beras Demak Masuk Pati, Firman Segera Sidak