Home / Komunitas / Rilis

Minggu, 17 September 2023 - 17:43 WIB

Halal Center Ar Risalah Gelar Pelatihan Pendamping PPH Sunday, 17 September 2023Kategori : Berita

Wawan - Penulis

PADANG – Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Ar Risalah Sumatera Barat (Sumbar) melalui Halal Center Ar Risalah menggelar pelatihan pendamping Proses Produk Halal (PPH). Acara berlangsung di Aula Perguruan Islam Ar Risalah, Kota Padang, Sabtu-Minggu (16/17-9-2023).

Dibuka langsung oleh Ketua STEI Ar Risalah Sumbar, Ustaz Dr. H. Sudarman, M.Hum., Sabtu (16/9/2023), acara diikuti oleh puluhan peserta terdiri atas akademisi, praktisi, dan sebagainya.

Acara juga dihadiri Direktur Halal Center Ar Risalah, Ustaz H. Ulyadi, Lc., M.A., Kepala Pusat Kajian Halal Universitas Negeri Padang (UNP), Bapak Edi Saputra, S.Pd., M.Pd., dan Sekretaris Satuan Tugas Halal Provinsi Sumbar, Bapak Dr. Ikrar Abdi.

Direktur Halal Center Ar Risalah, Ustaz Ulyadi mengatakan bahwa pendamping PPH berperan penting membantu masyarakat dalam sertifikasi produk halal. Diketahui, sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, jaminan produk halal menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

Baca Juga :  Gubernur Sumbar Serahkan Kayu Tak Bertuan Temuan Dishut untuk Pembangunan Masjid di Pesisir Selatan

“Jangan sampai produk tersebut mengandung bahan yang haram sehingga bisa meresahkan masyarakat. Pendamping PPH inilah yang membantu masyarakat untuk memastikan suatu produk benar-benar halal,” ujarnya.

 

Apalagi, tuturnya, pada 2024, Badan Penyelanggara Jaminan Produk Halal telah mewajibkan semua produk makanan dan minuman bersertifikasi halal. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu lagi khawatir atau waswas terhadap kehalalan produk yang mereka konsumsi.

Atas hal tersebut, Halal Center Ar Risalah menggelar pelatihan ini. Tujuannya untuk membekali pendamping PPH dengan ilmu dan keterampilan agar bisa mendampingi masyarakat dalam menjamin kehalalan produk.

Baca Juga :  Temui Wapres, Gubernur Mahyeldi Usulkan Pengembangan RSAM Bukittinggi

Ketua STEI Ar Risalah Sumbar, Ustaz Sudarman menerangkan bahwa Halal Center Ar Risalah merupakan lembaga yang berfokus terhadap pendidikan, penelitian, pemberian layanan kepada masyarakat, dan masukan kepada pemerintah terkait dengan produk dan peraturan halal.

“Pelatihan pendamping PPH ini merupakan pelatihan pertama yang kami gelar. Ke depan, seluruh peserta yang mengikuti pelatihan ini akan mendapatkan pelatihan lanjutan agar bisa meningkatkan kapasitas sebagai pendamping PPH,” sebutnya.

Selain itu, pada kesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Halal Center Ar Risalah dengan Pusat Kajian Halal UNP. Dari Halal Center Ar Risalah diwakili oleh Ustaz Ulyadi, sedangkan dari Pusat Kajian Halal UNP diwakili oleh Bapak Edi. (* / H )

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 13 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Legislator

Gunhar Puji Ketegasan Kapolda Sumsel Berani Tangkap BBM Ilegal

Eksekutif

Rendang dan Bali Promosi Utama Indonesia

Rilis

GMNI Ambon: KEJATI Maluku dan KEJARI Ambon sebagai Lembaga Hukum seharusnya mengawal Nurani Rakyat

Komunitas

DPW PKS Sumbar Serahkan Sapi Qurban untuk Masyarakat di Masjid Al-Furqon

Komunitas

Kinerja Buruk, Ketua Umum Pengurus Provinsi FORKI Malut Didesak Mundur

Komunitas

Elektabilitas PKS Mengungguli Gerindra Disumatra Barat

Rilis

Mantan Bupati Kudus H.M Hartopo Memenuhi Panggilan Kejari Kudus

Rilis

DPC GmnI Ambon: Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku belum memperlihatkan kinerja terbaiknya.