Home / Legislator / Rilis

Minggu, 24 September 2023 - 21:58 WIB

Gunhar Puji Ketegasan Kapolda Sumsel Berani Tangkap BBM Ilegal

Joni Karbot - Penulis

PoliticNews.ID-Jakarta:Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatra Selatan (Sumsel) Yulian Gunhar, mengapresiasi kinerja Kapolda Sumatra Selatan (Sumsel) Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK, yang berani menangkap kapal boat penarik BBM ilegal, di Palembang.

“Tindakan tegas ini merupakan bentuk kerja nyata aparat kepolisian Polda Sumsel dalam memberantas penambangan, penyulingan serta distribusi BBM ilegal yang telah marak sejak lama,” kata Gunhar dalam keterangan kepada awak media, Sabtu (23/9/2023).

Gunhar menambahkan, apresiasi terhadap Polda Sumsel itu menurutnya perlu dilakukan, karena telah memberikan kontribusi nyata dalam mengamankan pendapatan negara dari sektor migas.

Mengingat kebijakan subsidi selama ini banyak disalahgunakan, akibat adanya disparitas harga antara BBM bersubsidi dan non subsidi yang begitu jauh.

Baca Juga :  KNPI Kutim Dukung Ratusan Karyawan RSUD Kudungga yang Menuntut Haknya

“Seperti kita ketahui, perbedaan harga yang jauh antara BBM subsidi dan non subsidi itu, telah dimanfaatkan pihak tak bertanggungjawab untuk mengambil keuntung besar. Apalagi BBM hasil penambangan Ilegal yang sama sekali tidak mematuhi ketentuan Undang Undang, karena tidak bayar pajak dan royalti kepada negara,” terangnya.

Menurut anggota Komisi VII ini, dibutuhkan konsistensi dari aparat penegak hukum dalam memberantas praktik kejahatan termasuk distribusi BBM ilegal.

Mengingat kejahatan ini ibarat puncak gunung es, yang telah dilakukan berulang-ulang, walau polisi berulangkali melakukan penangkapan.

“Jika pihak kepolisian di negeri ini mau dan konsisten, semua kejahatan di republik ini pasti bisa diungkap dan diberantas,” katanya.

Baca Juga :  Yulius Ninu Badin - Fransiskus Soge Terpilih Pimpin GMNI Flores Timur

Gunhar menambahkan, bahwa tindakan Kapolda Sumsel dalam memberantas penambangan ilegal serta distribusi BBM ilegal itu, juga harus menjadi contoh yang bagus bagi semua Kapolda seluruh Indonesia.

“Seharusnya pejabat-pejabat yang berkompeten seperti ini, harus diberikan apresiasi oleh jajaran petinggi Polri di Jakarta atas kinerjanya,” katanya.

Namun politisi PDI Perjuangan ini berpesan, bahwa tugas memberantas ilegal mining dan penjualan BBM ilegal di Sumsel belum usai.

Pihak Polda Sumsel menurutnya, harus terus siaga menindak kejahatan tersebut di wilayahnya.

“Kapolda Sumsel dan jajarannya harus tetap siaga dalam menjaga dan merawat sirkulasi dan regulasi BBM subsidi tepat sasaran, agar tidak disalahgunakan,” pungkasnya.

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 38 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Legislator

Hadiri Peluncuran Buku Jafar Hafsah, Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi Terbitnya Buku ‘NKRI Harga Mati’

Eksekutif

Pemprov Sumbar Distribusikan Bantuan dan Dirikan Dapur Umum di Masjid Raya Sumbar

Rilis

Sat Reskrim Polres Kudus Bekuk Dua Pelaku Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan

Eksekutif

Paparkan Capaian saat Peringatan HUT Provinsi Sumbar ke-78, Gubernur Mahyeldi Komitmen Terus Pacu Laju Pembangunan dan Ekonomi

Legislator

Buka Puasa Bersama Gerak BS, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Perkuat Wawasan Kebangsaan

Eksekutif

AKBP Gelar Lomba Pidato dan Kuliner Minang, Gubernur Mahyeldi Berharap Sumbar Terus Lahirkan Orator Ulung

Rilis

HUT 30 Tahun ASEAN – RRT, Presiden Jokowi Dorong Kerjasama Kedua Belah Pihak

Rilis

Bridge Sumsel Kantongi 3 Tiket Lolos PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024