Home / Eksekutif

Minggu, 7 Juli 2024 - 21:05 WIB

Gubernur Sumbar Sebut WIES buka peluang industri halal Sumbar dikenal dunia

Wawan - Penulis

PADANG, – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyebut World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) membuka peluang bagi usaha industri halal di daerah itu untuk lebih dikenal dunia.

“Pada WIES tahun 2023, peserta datang dari 20 negara dengan jumlah kunjungan mencapai 10 riu orang. Ini membuka peluang bagi industri halal Sumbar untuk lebih dikenal dunia,” katanya di Padang, Minggu, 7/7/2024.

Apalagi, katanya, perputaran uang pada WIES 2023 mencapai Rp146,8 miliar. “Fakta ini menunjukkan WIES tidak saja membawa efek promosi, tetapi juga membawa efek ekonomi secara langsung,” katanya.

Ia mengatakan itu saat menghadiri agenda Road to WIES 2025 yang dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno di Padang.

Baca Juga :  Ar Risalah Gelar Seminar Internasional, Gubernur Mahyeldi Paparkan Manfaat Waqaf untuk Kepentingan Masyarakat

Mahyeldi mengatakan dengan besarnya dampak yang diberikan oleh WIES tersebut, Pemprov Sumbar memberikan dukungan penuh untuk pelaksanaan WIES ke-2 pada 2025 yang ditargetkan akan diikuti oleh lebih banyak peserta dari berbagai negara.

Ia meminta pelaku industri halal di Sumbar menjadikan WIES sebagai penyemangat untuk terus berinovasi, menghasilkan produk yang berkualitas sehingga memiliki daya saing.

Menurutnya untuk memaksimalkan peluang yang telah terbuka melalui WIES, perlu kolaborasi pemerintah dan semua pemangku kepentingan lain, terutama untuk mendorong peningkatan kualitas produk yang dihasilkan industri halal di Sumbar.

Ia menilai, WIES juga memberikan peluang untuk sektor pariwisata halal Sumbar semakin dikenal dunia. Berkaca dari beberapa daerah seperti Bali, Yogyakarta dan NTB, sektor pariwisata sangat laik untuk diharapkan menjadi penyokong penguatan fiskal daerah.

Baca Juga :  FKG Unand Edukasi Kesehatan Gigi Ribuan Santri, Gubernur Mahyeldi Apresiasi Iven Senyum Sehat Ramadhan

“Daerah sentra pariwisata seperti Bali, Yogyakarta dan NTB memiliki kemampuan fiskal yang baik disokong sektor pariwisata. Ke depan, Sumbar juga bisa menjadi seperti daerah itu karena potensinya sangat besar,” katanya.

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan WIES merupakan wadah yang mempertemukan para pengusaha muslim dari 20 negara di dunia untuk saling bertukar informasi, membuka peluang usaha, wawasan dan lapangan kerja baru.

Menurutnya WIES yang telah menjadi “milik” Sumbar, membuat provinsi itu berpeluang menjadi episentrum atau pusat industri dan pariwisata halal dunia.(adpsb/h)

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 6 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Perkuat Ekosistem, Pemprov Sumbar Rencanakan Pembangunan Kawasan Industri Halal

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Peran Kepala Sekolah Untuk Kemajuan Mutu Pendidikan Agar Tidak Tergilas Zaman

Eksekutif

Pengakuan Status Hutan Adat Segera Diajukan, Gubernur Mahyeldi Apresiasi Komitmen Masyarakat Hukum Adat Mangkuto Alam Tinggam dalam Melestarikan Kawasan Hutan

Eksekutif

Penggantian Jembatan Pipa di Pengambiran, Langsung Diawasi Direktur Teknik Perumda Air Minum Kota Padang

Eksekutif

Penghargaan GOLDEN TROPHY Berhasil Diraih Perumda Air Minum Kota Padang

Eksekutif

KBM Sumbar Buktikan Kepedulian Kepada Korban Banjir di Pessel

Eksekutif

Gubernur Mahyeldi Sambut Kunjungan Kakanwil Kemenkum HAM Sumbar yang Baru, Harap Sinergitas Terus Meningkat

Eksekutif

Tingkatkan Kualitas Kinerja Pelayanan Pimpinan Daerah, Biro Adpim Sumbar Gelar Capacity Building