Home / Eksekutif / Opini / Tokoh

Rabu, 24 Mei 2023 - 21:14 WIB

Gubernur Sumbar Sebut Solusi Kemacetan dengan Kembangkan Transportasi Umum

Wawan - Penulis

PADANG, – Solusi Pariwisata Dari Kemacetan Adalah Dengan Mengembangkan Moda Transportasi Umum , Tegas Gubernur Sumatra Barat.

“Reaktivasi jalur kereta api, bisa menjadi solusi untuk menekan angka kemacetan dan mempersingkat waktu tempuh untuk jalur padat seperti rute Padang-Bukittinggi,” terang Mahyeldi.

Menurut Gubernur, selain rute Padang – Bukittinggi ada beberapa jalur di Sumbar yang telah memiliki infrastruktur mumpuni seperti Lintas Naras – Sungai Limau, Lintas Kayu Tanam – Padang Panjang dan Padang Panjang – Batu Taba – Muaro Kalaban Sawahlunto, Lintas Muaro Kalaba-Muaro-arah Logas.

Ia mengakui, memang tidak semua dari jalur tersebut saat ini layak untuk dilalui karena sebahagiannya ada yang telah dirubah fungsinya oleh masyarakat menjadi rumah dan toko.

Baca Juga :  Lantik Sembilan Pejabat Eselon II dan Puluhan Pejabat Eselon III dan IV, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Soal Tanggung Jawab Jabatan untuk Melayani Masyarakat

“Reaktivasi kereta api di Sumbar, memang menarik untuk dibahas tapi sulit untuk dieksekusi karena sebahagian dari jalur perlintasannya ada yang telah berubah fungsi menjadi rumah dan toko. Mengatasi hal tersebut tentu tidak mudah, perlu komunikasi intensif dengan berbagai pihak terkait,” ungkapnya.

Selanjutnya, terkait dengan infrastruktur jalur kereta api dari Padang ke Pariaman, Gubernur memuji upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan, secara umum kondisinya sudah sangat bagus.

Baca Juga :  KPID Sumbar Gelar Refleksi Akhir Tahun, Potret Penyiaran di Tahun 2023

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian, Mohamad Risal Wasal mengatakan kegiatan penyuluhan regulasi perkeretapian ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dan kesadaran seluruh stakeholders untuk lebih proaktif dalam menjaga kebermanfaatan aset milik negara.

Bahkan ia menyebut, jika memungkinkan bisa saja peluang untuk reaktivasi jalur kereta api ke berbagai daerah di Sumbar kita bicarakan kembali. “Reaktivasi jalur kereta api ke berbagai daerah di Sumbar merupakan tantangan bagi pihak KAI. Studi sudah kami lakukan, tinggal kesepakatan kita bersama supaya percepatan itu bisa dilaksanakan,” kata Risal. (adpsb / H )

Follow WhatsApp Channel politicnews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 16 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Eksekutif

Komunitas Gerak Cegah Stunting

Eksekutif

Masyarakat Hibahkan Tanah, Gubernur Mahyeldi Rencanakan Pembangunan SMA N 3 Gunung Talang Tahun Depan

Eksekutif

Wagub Sumbar Audy Joinaldy Bakar Semangat Generasi Milenial agar Menjadi Penyedia Lapangan Kerja

Eksekutif

Sukseskan Pemilu 2024, Sekda Sumbar: Kita Siapkan Alokasi Anggaran dan Tekankan Netralitas ASN

Eksekutif

Musim kemarau, Perumda Air Minum Kota Padang terus distribusikan air ke masyarakat

Eksekutif

Pemprov Sumbar Manfaatkan Even Nasional sebagai Ajang Promosi UMKM Lokal

Tokoh

Yan Coga: FGD di Puji Herman Deru, Jangan Semua di Kuasai Pengusaha

Eksekutif

Apresiasi Kepedulian Aliansi BEM SB, Gubernur Mahyeldi Paparkan Hasil Kinerja serta Fokus Percepatan Pembangunan Sumbar ke Depan